Soal PTS Matematika kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Soal PTS mateamtika kelas 4 SD emester 1 kurikulum 2013 akan kami sajikan kepada para guru ataupun siswa kelas 4 sebagai salah satu persiapan menghadapi UTS.

Penilaian tengah semester khususnya pelajaran Matematika menjadi momen paling berat bagi Sebagian peserta didik. Pasalnya materi PTS kelas 4 terdiri dari materi pecahan.

Pecahan pada kelas 4 sendiri merupakan materi awal. Sehingga tidak sedikit siswa yang masih kesulitan mengembangkan materi ini. begitu juga guru dalam hal menjabarkan dan menjelaskan materi mengenai pecahan.

Soal PTS Matematika kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Adapun untuk soal PTS Kelas 4 Matematika semester 1 terdiri dari materi pecahan. Akan tetapi dari materi pokok tersebut dibagi menjadi beberapa sub materi. Submateri dari pecahan diantaranya mengenal pecahan, membandingkan pecahan, pecahan senilai, merubah pecahan, dan taksiran.

Buka Juga: Buku Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Terbaru

Sepintas soal-soal tersebut merupakan soal yang sangat mendasar sekali. Namun pada praktiknya soal UTS Matematika kelas 4 semester 1 mengenai pecahan dan taksiran banyak peserta didik yang mengalami kesulitan.

Terlebih jika soal-soal UTS matematika kelas 4 semester 1 disajikan dalam bentuk soal cerita dan soal model HOTS. Oleh karena itu sangat penting bagi guru untk terus memberikan soal Latihan. Begitu juga kepada murid untuk banyak Latihan soal cerita. Agar kemampuan literasi soal peserta didik jadi terasah dalam menjawab soal-soal cerita dan HOTS.

Untuk itu AdminSekolah.com mencoba memberikan beberapa soal Latihan PTS Matematika semester 1 kelas 4 SD sebagai persiapan dalam menghadapi penilaian.

Contoh Soal PTS Kelas 4 Matematika Semester 1 K13

1. Edo memiliki sebuah terang bulan. Pada saat kelompok belajar, Edo berencana memberikan kepada 8 orang temannya. Namun karena salah satu teman Edo berhalangan hadir, jatahnya diberikan kepada Beni. Berapakah bagian yang diterima Beni dalam bentuk Pecahan?

2. Jadwal piket kelas 4 masing-masing mendappatkan tugas membersihkan kelas sebanyak 4 kali dari 6 hari. Berapakah bagian tugas piket siswa dalam bentuk pecahan? sederhanakan pecahan tersebut!

3. Lani membagi pizza menjadi 8 potong. Siti mendapatkan 2 potong pizza. Berapa bagian pizza yang diperoleh Siti dalam bentuk pecahan? Tentukan juga pecahan senilai dari pecahan tersebut!

4. Paman udin membagi lahan sawahnya untuk ditanami padi dan kacang. 3/5 bagian ditanamu padi dan sisanya ditanami kacang. Berilah tanda >,<,atau = pada bagian tanah yang ditanami padi dan kacang!

5. Ibu menyuruh Siti membeli gula pasir 0,5kg di toko. Ubahlah pecahan desimal dari gula pasir yang dibeli Siti menjadi pecahan biasa!

6. Dayu memiliki pita sepanjang 3 1/2 meter. Ubahlah pecahan tersebut menjadi pecahan biasa!

7. Menjelang hari kemerdekaan, toko bangunan di depan rumah Edo memberikan diskon 17% kepada para pelanggan setia toko tersebut. Ubahlah pecahan persen tersebut menjadi bentuk desimal!

Materi Soal: Materi dan Soal Pecahan Kelas 4 Tema 1

8. Rata-rata hasil ulangan kelas IV adalah 92,36. Ubahlah pecahan desimal tersebut menjadi bentuk puluhan dengan menggunakan taksiran terbaik!

9. Kadar gula dalam segelas kopi yang volumenya 489 ml adalah 12%. Hitunglah volume gula pada segelas kopi tersebut dengan menggunakan taksiran!

10. Bibi memberikan dua buah semangka kepada Siti dan Dayu. Bibi meminta Siti memotong menjadi 10 bagian sama besar dan Dayu menjadi 8 bagian sama besar. Kemudian bibi mengambil 4/10 bagian Semangka Siti dan 2/8 Semangka Dayu. Samakah bagian Semangka Siti dan Dayu yang diambil Bibi? bagian semanka siapakah yang paling kecil?

Materi Soal: Materi dan Soal Taksiran Matematika  Kelas 4

Itulah soal Latihan PTS Matematika kelas 4 semester 1 pecahan dan taksiran. Untuk mendapatkan soal-soal UTS Matematika kelas 4 semester 1 lebih lengkap bisa didownload di bawah ini.

Download Soal UTS Matematika Semester 1 dan Kunci Jawaban

Berikut akan kami sajikan link download soal PTS kelas 4 Matematika dan kunci jawaban soal. Caranya cukup klik tulisan Unduh Disini disamping tulisan Soal PTS Matematika kelas 4 semester 1 di bawah ini.

Soal PTS Matematika kelas 4 Semester 1 Pdf – UNDUH DI SINI

Soal UTS Matematika kelas 4 Semester 1 Doc – UNDUH DI SINI

Demikian contoh soal dan link download soal UTS Matematika kelas 4 semester 1 dan kunci jawaban. Untuk informasi soal PTS Lainnya bisa langsung simak di BANK SOAL PTS.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal PTS Matematika kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013"