Kisi-kisi dan Soal PTS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 K13 dan Kunci Jawaban

Kisi-kisi dan Soal PTS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 K13 dan Kunci Jawaban akan kami sajikan di postingan kali ini sebagai bahan persiapan menghadapi penilaian tengah semester yang sudah di depan mata.

Penilaian tengah semester atau yang dikenal dengan istilah PTS akan dilaksanakan sebentar lagi. Sesuai dengan kalender Pendidikan, UTS biasanya dijadwalkan pada minggu keempat bulan September.

Kisi-kisi dan Soal PTS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 K13 dan Kunci Jawaban

Bagi guru tentu butuh persiapan matang untuk pelaksanaan penilaian ini. Selain harus menuntaskan materi, guru juga harus menyiapkan administrasi penilaian yang wajib dilengkapi. Beberapa administrasi penilaian tengah semester yang paling utama adalah kisi-kisi soal, soal UTS Kelas 6 tema 2, dan kunci jawaban.

Bagi peserta didik, menyiapkan diri menghadapi PTS adalah hal yang harus dilakukan. Apalagi saat ini sudah duduk di bangku kelas 6. Tentu pelaksanaan pembelajaran dan proses penilaian lebih komplek dibandingkan dengan kelas lain atau adik kelasnya.

Untuk PTS tematik kelas 6 tema 2 terdiri dari 5 muatan pelajaran yaitu PPKn, Bahasa Indonesua, IPA, IPS, dan SBdP. Setiap muatan terdiri dari kompetensi dasar yang harus dikuasi. Berikut materi dan contoh soal PTS kelas 6 tema 2 semester 1 kurikulum 2013.

Contoh Soal TS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 Kurikulum 2013

Soal PTS kelas 6 Tema 2 PPKn

Untuk soal UTS kelas 6 tema 2 semester 1 kurikulum 2013 terdiri dari beberapa materi dan model soal yang akan kami sajikan. Materi inti dari tema 2 kelas 6 adalah mengenai keberagaman dan pengamalan Pancasila. Beberapa soal mengenai materi keberagaman dan Pancasila diantaranya:

1. Bangsa Indonesia mengakui dan menghargai keragaman, Sila yang menunjukkan perilaku tersebut berlambang ....  

2. Siti menyisihkan uang saku untuk ditabung. Siti telah menerapkan nilai sila ... Pancasila.

3. Nilai yang sesuai dengan sila kelima Pancasila yaitu menjaga keseimbangan antara .... dan …

4. Danu adalah anak yang santun dan Menghormati orang yang lebih tua. Perilaku Danu sesuai dengan sila ... Pancasila.

Soal PTS kelas 6 Tema 2 Bahasa Indonesia

Untuk soal dan materi Bahasa Indonesia tema 2 kelas 6 tidak jauh dari pemahaman teks atau literasi. Pemahaman mengenai teks merupakan materi yang paling sering dipelajari dan ditanyakan. Berikut materi dan contoh soalnya.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal-soal Bahasa Indonesia

Penyerbukan dibantu oleh makhluk hidup dan tak hidup. Makhluk hidup yang membantu penyerbukan diantaranya manusia, serangga, lebah, dan kupu-kupu. Penyerbukan yang dibantu makhluk tak hidup seperti angin, hujan, dan sebagainya. Kupu-kupu dan lebah membantu penyerbukan setiap kali menghisap nectar daru bunga. Sedangkan manusia membantu penyerbukan melalui aktivitas dan kegiatan manusiawi baik yang disengaja maupun tidak sengaja.

1. Tulislah salah satu contoh gagasan pendukung dari teks di atas!

2. Gagasan pokok dari teks di atas adalah … .

Paling Sering Dilihat: Cara menentukan Gagasan Pokok dan Pendukung 

3. Buatlah 3 pertanyaan yang sesuai dengan teks di atas!

Soal PTS kelas 6 Tema 2 SBdP

Contoh Soal UTS Kelas 6 tema 2 muatan pelajaran SBdP terdiri dari tari daerah dan pola tari lantai dalam suatu daerah. Beberapa contoh Latihan soal PTS materi SBdp diantaranya

1. Tari saman berasal dari dearah… .

2. Sebutkan unsur tarian!

3. Pola yang harus dikuasi oleh seorang penari adalah … .

4. Pola lantai tari saman adalah… .

Soal PTS kelas 6 Tema 2 IPA

Materi IPA untuk PTS kelas 6 SD tema 2 semester 1 kurikulum 2013 meliputi materi tentang makhluk hidup dan cara bertahan hidup atau adaptasi makhluk hidup. Soal latihan UPS tema 2 kelas 6 bisa dicimak di bawah ini.

1. Fungsi duri pada kaktus adalah …

2. Conto hewan yang dapat dimanfaatkan sebagai jaket kulit adalah… .

3. Sebutkan Hewan yang dapat melindungi diri dengan cara menyesuaikan warna kulit!

4. Bagaimana cara tumbuhan jati mengurangi penguapan berlebih di musim kemarau?

Soal PTS kelas 6 Tema 2 IPS

Soal UTS Kelas 6 tema 2 pelajaran IPS terdiri dari materi-materi seputar kemerdekaan dan perjanjian-perjanjian yang dilakukan Indonesia untuk melindungi kemerdekaan. Beberapa contoh soal IPS tema 2 kelas 6 sebagai berikut:

1. Jepang menyetujui kemerdekaan Indonesia pada tanggal… .

2. Perjanjian Linggarjati merugikan Indonesia karena … .

3. Kapan pasukan sekutu tiba di Bandung?

4. Sebutkan perumus naskah proklamasi!

Itulah beberapa contoh soal PTS kelas 6 tema 2 semester 1 kurikulum 2013. Soal-soal tersebut hanyalah Sebagian kecil. Untuk lebih lengkap tenang soal dan kisi-kisi beserta kunci jawabanya bisa diunduh di bawah ini.

Download Soal PTS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 K13 dan Kunci Jawaban

Berikut kami sajikan link download soal UTS kelas 6 tema 2 semester 1 kurikulum 2013. Soal yang akan kami sajikan dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1 dan sesi 2. Untuk mengunduh kisi-kisi dan soal silahkan klik di bawah ini.

Soal PTS Kelas 6 semester 1 tema 2 Lengkap terbaru – SESI 1

Soal PTS Kelas 6 semester 1 tema 2 Lengkap terbaru – SESI 2

Soal Lain: Soal dan kisi-kisi PTS kelas 6 tema 1 semester 1

Itulah link download soal PTS tema 2 kelas 6 semester 1 lengkap dengan kisi-kisi dan kunci jawabannya. Untuk informasi lengkap mengenai soal dan kunci jawaban simak terus adminsekolah.com atau bisa cek langsung di Bank Soal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi dan Soal PTS Kelas 6 Tema 2 Semester 1 K13 dan Kunci Jawaban"