Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Paragraf atau Teks

Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Paragraf atau teks pada dasarnya merupakan materi yang membutuhkan banyak waktu pembahasan. Hal inilah yang menjadikan materi tentang Gagasan Pokok dan gagasan pendukung cukup banyak ditemukan di buku tematik sekolah dasar.

Materi gagasan pokok dan gagasan pendukung sudah di ajarkan sejak di bangku kelas 4 SD. Dalam buku tematik kelas 4, materi tentang gagasan pokok ini sampai diulang beberapa kali. Mulai dari tema 1 subtema 1 hingga beberapa tema masih akan dibahas mengenai menentukan gagasan pokok.
Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Paragraf atau Teks

Pada dasarnya materi gagasan pokok ini merupakan materi literasi yang sangat penting. Sehingga peserta didik tidak hanya sekedar bisa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Akan tetapi juga harus dilatih secara terus menerus sehingga nantinya peserta didik akan mudah memahami teks bacaan tidak hanya untuk saat ini tetapi akan digunakan untuk jenjang yang lebih tinggi atau bahkan sampai lulus dari bangku sekolah.

Namun sebagai materi dasar yang diajarkan untuk kelas 4, 5 dan 6 SD tentunya bukanlah perkara mudah mencari gagasan pokok dan pendukung. Tentunya masih segudang terlintas pertanyaan seperti jelaskan pengertian gagasan pokok dan gagasan pendukung, apa perbedaan gagasan pokok dan pendukung, bagaimana cara mencari gagasan pokok dan pendukung pada paragraf, serta apa ciri-ciri gagasan pendukung, serta masih banyak lagi pertanyaan demi pertanyaan yang mulai berkembang di kelas.

Oleh karena itu kami akan sajikan pengertian gagasan pokok dan pendukung berikut perbedaannya, serta bagaimana cara mencari gagasan pokok dan pendukung. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Pengertian dan Perbedaan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Memahami pengertian gagasan pokok dan gagasan pendukung merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam mencari gagasan pokok dan pendukung paragraf atau teks. Apabila sudah memahami pengertian maka akan lebih mudah mencari dan menjawab soal-soal seputar gagasan pokok dan pendukung.

Gagasan Pokok adalah ide utama dalam sebuah paragraf yang kemudian dikembangkan menjadi paragraf utuh. Gagasan pokok juga memiliki arti inti dalam suatu paragraf atau teks atau bacaan. Gagasan pokok akan lebih lengkap jika dilengkapi dengan gagasan pendukung.

Gagasan pendukung adalah tambahan informasi dari gagasan pokok. Gagasan pendukung bisa berupa uraian, penjelasan, contoh dan sebagainya.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah terdapat pada fungsinya dalam sebuah paragraf. Jika gagasan pokok merupakan ide utama atau inti dari sebuah paragraf, sedangkan gagasan pendukung adalah penjelas dari ide pokok.

Ciri Gagasan POkok dan Gagasan Pendukung

Ciri dari gagasan pokok adalah gagasan pokok biasanya terdapat di awal, akhir, atau di tengah kalimat. Selain itu juga gagasan pokok terdiri dari permasalahan atau hal yang dibahas dalam paragraf atau teks. Dari segi isi, gagasan pokok lebih umum dibandingkan gagasan pendukung. Biasanya gagasan pokok tidak butuh kalimat penghubung karena keberadaannya merupakan inti dari paragraf.

Sedangkan ciri dari gagasan pendukung adalah sifatnya lebih khusus,  berisi uraian, penjelasan, dan contoh-contoh dari gagasan pokok. Karena sifatnya hanya penjelas dan uraian maka kadang terdapat kata penghubung walaupun tidak semua gagasan pendukung menggunakan kata penghubung kalimat.

Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Ada beberapa langkah untuk menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung, diantaranya
1. Bacalah teks atau paragraf secara cermat. Kalau perlu diulang sampai mengerti ini dari teks. Bagi yang baru belajar mencari gagasan pokok, sangat penting untuk mengulang apa yang dibacanya.
2. Carilah garis besar dari paragraf tersebut. Bisa meminta orang lain baik orang tua atau teman untuk mengoreksi  apakah garis besar yang disampaikan sudah benar. Hal ini dikarenakan gagasan pokok lebih bersifat umum, sedangkan gagasan pendukung bersifat khusus.
3. Carilah kalimat yang menyerupai atau yang sama dengan garis besar paragraf yang kalian temukan. Biasanya berada di depan, belakang atau di tengah.
4. Periksa kembali apakah gagasan pokok yang ditemukan sudah sesuai dengan ciri gagasan pokok atau tidak seperti gagasan pendukung. Jika benar, selamat kalian sudah menemukan gagasan pokok.

Baca Juga: Materi dan Soal Pecahan kelas 4 Kurikulum 2013

Untuk lebih memahami mengenai Gagasan Pokok dan Gagasan pendukung bisa berlatih mencari pada teks paragraf di bawha ini.

Carilah Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Pada teks berikut:
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat kaya akan Seni dan Budaya. Hampir setiap daerah memiliki kesenian yang berbeda. Di pulau Sumatera saja terdapat banyak kesenian daerah khususnya tarian seperi tari Saman, Tari Piring, dan banyak tarian lainnya di pulau ini. Belum lagi di Bali yang dikenal dengan Tari Pendet dan Tari Kecaknya. Tentunya masih banyak tarian dari berbagai daerah yang tidak dapat disebutkan. Dari tarian saja, sudah membuktikan bahwa Seni dan Budaya Indonesai sangat kaya dan beragam.

Berdasarkan Teks di atas, tentukan gagasan Pokok dan gagasan Pendukung!
Jawab:
Gagasan Pokok :
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat kaya akan Seni dan Budaya (bersifat umum, mampu mewakili paragraf)

Gagasan Pendukung:
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat kaya akan Seni dan Budaya (sifatnya khusus dan berisi contoh dari gagaan pokok)
Belum lagi di Bali yang dikenal dengan Tari Pendet dan Tari Kecaknya (sifatnya khusus dan berisi contoh dari gagaan pokok)
Dari tarian saja, sudah membuktikan bahwa Seni dan Budaya Indonesai sangat kaya dan beragam (benegas dari gagasan pokok)

Itulah pengertian, perbedaan dan cara mencari gagasan pokok dan gagasan utama. Di buku tematik, materi ini diulang beberapa kali dengan teks dan paragraf yang berbeda. Tujuannya adalah untuk melatih dan memberikan wawasan kepada peserta didik selain dari cara menentukan gagasan pokok juga dari teks yang dibaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Paragraf atau Teks"