Materi dan Soal Pecahan Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013

Materi dan soal Pecahan kelas 4 SD Matematika K13 bisa dijadikan bahan rujukan untuk belajar dan Latihan siswa. Ulasan materi singkat berserta soal latihannya akan kami kupas dan sajikan secara gratis di halaman ini.

Materi pecahan kelas 4 merupakan materi awal pengenalan pecahan di tingkat dasar. Materi ini akan terus berkembang di tingakatn kelas berikutnya. Bahkan untuk materi pechana termasuk salah satu materi yang diujikan pada saat UN setiap tahunnya.
Materi dan Soal Pecahan Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013

Tidak hanya sampai di tingkat SD, untuk materi pecahan juga akan diajarkan lagi di bangku SMP. Oleh karena itu, sangat penting untuk siswa memahami konsep dasar dari pecahan. Sehingga nantinya mampu menyelesaikan soal dan masalah pecahan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih lengkaonya simaklah rangkuman materi kelas 4 SD bab pecahan beserta soal Latihan di bawah ini.

Materi dan Soal Pecahan Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013 

Materi Bilangan Pecahan kelas 4 SD K13

Pecahan merupakan salah satu bilangan yang memiliki bentuk unik. Pecahan ditulis dengan menggunakan dua bilangan yang disusun vertikal atau atas dan bawah dengan tanda batas di tengahnya. Untuk angka bagian atas disebut pembilang, sedangkan di bagian bawah disebut penyebut. Cara membaca bilangan dengan menyebutkan dari atas ke bawah dan di bagian tenagh dibaca “per”, seperti contoh gambar di bawah ini.

Materi dan Soal Pecahan Kelas 4 SD Matematika


Adapun pecahan pada benda ataupun gambar, maka bagian yang dipilih atau diarsir menjadi pembilang sedangkan jumlah semua bagian menjadi penyebut.
Soal Pecahan Kelas 4 SD Matematika

Materi Pecahan Senilai kelas 4

Materi pecahan senilai kelas 4 SD kurikulum 2013 merupakan salah satu bagian dari materi pecahan kelas 4 semester 1. Adapun Pecahan Senilah Adalah dua pecahan atau lebih yang memiliki bentuk berbeda tetapi nilainya sama. Pecahan senilai disebut juga pecahan ekivalen. Untuk lebih mudahnya bisa disimak gambar di bawah ini.
Soal Pecahan Kelas 4 SD Matematika dan pembahasan


Dari gambar di atas, gambar (a) merupakan gambar yang ketiga-tiganya menunjukkan pecahan senilai. Walaupun antara gambar balok pertama dan kedua bentuk pecahannya berbeda. Begitu juga dengan gambar (b) lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian.

Membandingkan Pecahan Matematika kelas 4 SD K13

Materi Membandingkan pecahan dapat dilakukan dengan beberapa macam cara. Adapun hasil dari membandingkan pecahan nantinya menggunakan tanda “>, <, =”. Adapun arti dari tanda > maksudnya adalah bilangan pertama lebih besar nilainya dibandingkan bilangan kedua. Sedangkan tanda < berarti pecahan pertama lebih kecil dari bilangan kedua.

Cara mengingat tanda membandingkan pecahan adalah apabila tanda < jika ditambah garus di depan menjadi |< atau membentuk huruf K yang berarti bilangan pertama kurang dari atau lebih kecil daripada bilangan kedua.

Baca Juga: 
Cara Menentukan Paragraf Pokok dan Paragraf Pendukung
Materi dan soal Pembulatan dan Taksiran Kelas 4

Cara mudah dalam membandingkan pecahan adalah dengan mengalikan silang. Namun perlu diketahui, dalam melakukan perkalian silang, posisi pembilang yang menentukan posisi hasil perkalian. Contoh:

Bandingkan pecahan berikut 2/3 … 4/5. Cara menyelesaikannya sangatlah mudah tinggal kalikan silang yakni 2x5 merupakan bilangan pecahan pertama dan 4x3 sebagai hasil dari bilangan pecahan kedua. Jadi hasilnya adalah 2/3 < 4/5.

Macam-macam Pecahan 

Materi macam-macam pecahan Matematika untuk kelas 4 SD merupakan pengenalan di bangku sekolah. Adapun macam-macam pechana diantaranya:
Pecahan biasa
Pecahan campuran
Pecahan decimal

Baca Juga: Soal PTS Matematika Kelas 4 Semester 1 Pecahan

Itulah beberapa rangkuman materi matematika kelas 4 bab pecahan. Sedangkan soal matematika kelas 4 pecahan  pdf bisa didownload di bawah ini.

Soal Pecahan Kelas 4 SD dan Kunci Jawaban


Soal pecahan yang akan kami sajikan merupakan kumpulan dari soal-soal berdasarkan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 4. Untuk lebih detilnya bisa diunduh di bawah ini.

Download soal matematika pecahan kelas 4 SD pdf – DISINI 
Kunci Jawaban Soal Pecahan Matematika Kelas 4 SD - DISINI

Itulah materi dan soal pecahan matematika kelas 4 SD semester 1 kurikulum 2913. materi-materi tersebut hanya sebagian kecil dari yang terdapat dalam buku pelajaran. Untuk lebih komplitnya bisa langsung cek di buku matematika kelas 4 pdf di bawah ini.

Download Buku Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013  Pdf 
Soal Statistik Matematika Kelas 4 SD K13


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi dan Soal Pecahan Kelas 4 SD Matematika Kurikulum 2013 "