KI dan KD Kurikulum 2013 Kondisi Khusus untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK

KI dan KD Kurikulum 2013 Kondisi Khusus untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK menjadi solusi saat ini ditengah pandemi covid 19. Lumpuhnya dunia Pendidikan memang menjadi perhatian khusus bagi semua kalangan. Bahkan Ketika dipaksa harus dipaksa Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) Pendidikan masih menuai polemik.

Pemerintah terus berupaya untuk memberikan skema terbaik ditengah wabah virus  Corona yang mengganggu sistem Pendidikan di Indonesia. Beberapa agenda Pendidikan terpaksa harus dilakukan secara online atau daring.
KI dan KD Kurikulum 2013 Kondisi Khusus untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK

Dampak yang paling terasa adalah kegiatan pembelajaran yang juga terpaksa harus dilakukan jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini menuai pro dan kontra. Beberapa keluhan terdengar begitu lantang. Mulai dari kompetensi dasar (target materi) hingga masalah jaringan internet dan biaya kuota yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

Oleh karena itulah pemerintah saat ini mengeluarkan kompetensi dasar dan kompetensi inti Kurikulum 2013 PAUD, SD, SMP, SMA/SMK kondisi khusus. KI dan KD ini bisa digunakan pada saat masa covid19. Karena seperti yang diketahui, kompetensi Inti dan Kompetensi Khusus memang harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. Adapun KI dan KD yang mengalami perubahan bisa disimak di bawah ini.

KI dan KD Kurikulum 2013 PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Kondisi Khusus 

1.  KI dan KD SD/MI
Semua mata pelajaran yang meliputi KI dan KD Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, IPA, IPS, PJOK, juga KI dan KD Pendidikan Agama Islam, Kristen, dan semua muatan yang diajarkan.

2. KI dan KD SMP
KI dan KD Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, PJOK, juga KI dan KD Pendidikan Agama Islam, Kristen, Hindu, Budha,  dan semua muatan yang diajarkan.

3. KI dan KD SMK/SMA
KI dan KD SMA/SMK juga juga tidak luput dari keluaran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kondisi khusus. Semua muatan pelajaran mengalami pengkondisian. Hal yang tidak jauh beda dengan tingkatan sebelumnya.

4. KI dan KD Pendidikan Anak Usia Dini / PAUD
Walaupun bertaraf pra sekolah, namun KI dan KD PAUD tetap dikondisikan dengan kurikulum 2013 kondisi khusus saat wabah covid 19.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tersebut diharapkan menjadi acuan baru sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan terbitnya KI dan KD untuk kondisi khusus, maka proses pembelajaran nantinya tidak lagi terlalu membebani siswa.

Adapun keluarnya KI dan KD ini sudah berdasarkan SK Balitbang atau surat keputusan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan nomor 018/H/KR/2020. Keputusan Balitbang ini juga berdasarkan Keputusan Mendikbud no 719/P/2020.

Dalam SK Balitbang tersebut diatas terdapat 235 KD dan KI yang dirilis oleh pemerintah. KI dan KD tersebut sudah meluputi kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar semua tingkatan pendidikan mulai dari PAUD, SD/MI/SDLB, SMP/SMPLB, SMK/SMA. Untuk lebih detilnya bisa diunduh di bawah ini.

Downlaod KI dan KD Kurikulum 2013 Kondisi Khusus – UNDUH DISINI


Itulah tautan download KI dan KD Kurikulum 2013 PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Kondisi Khusus yang bisa kami sajikan. Cara downloadnya juga sangat muda, tinggal klik tulisan Unduh disini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KI dan KD Kurikulum 2013 Kondisi Khusus untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK"