Dokumen Administrasi PPDB Sekolah Lengkap

Dokumen adminitrasi untuk PPDB yang harus disiapkan sekolah lengkap akan kami berikan di halaman ini sebagai bahan kelengkapan adminitrasi sekolah tahun ini.

Setiap tahun sekolah mengadakan Penerimaan Peserta Didik baru atau PPDB. Tentunya ada dokumen-dokumen penting yang harus dispkan sekolah sebagai bentuk pelaporan kepada dinas Pendidikan di daerah atau juga bisa menjadi arsip dokumen penting.

Dengan begitu ekolah sekolah baik Sekolah Dasar (SD) ataupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus menyiapkan format dan dokumen berikut sebagai syarat kelengkapan adminitrasi satuan pendidikan.

Dokumen Administrasi PPDB Sekolah Lengkap

Dalam dokumen PPDB ada beberapa yang harus disiapkan oleh sekolah. Dokumen tersebut meliputi format S1, S2, S3, dan S4 serta beberapa formulir dan berkas tambahan sesuai dengan kebutuhan adminitrasi sekolah. 

DAFTAR ISI

  1. Format S1 Formulir Pendaftaran Peserta Didik Baru
  2. Format S2 Daftar Calon Peserta Didik Baru
  3. Format S3 Peserta Didik Baru Kelas 1
  4. Format S4 Buku Induk Peserta Didik
  5. Formulir Dapodik (FPD)
  6. Surat Pernyataan Peserta Didik Baru
  7. Download Aplikasi Format S1-S20


Format S1 Formulir Pendaftaran Peserta Didik Baru

Format S1 merupakan format penting dalam setiap pelaksanaan PPDB. Format tersebut berisi formulir pendaftaran masuk sekolah. Seperti halnya formulir biasanya, dalam Format S1 berisi Identitas sekolah, identitas siswa, identitas orang tua. 

Untuk identitas sekolah biasanya cukup diisi NSS dan NPSN. Untuk Nomor Statistik Sekolah terdapat di pojok atas. Sedangkan NPSN di atas formulir. Sedangkan untuk identitas siswa dan orang tua bisa dilihat di bawah ini.

Data Siswa pada Formulir Peserta Didik baru

1. Nama Lengkap Calon Peserta Didik Baru

2. Nama Panggilan

3. Jenis Kelamin

4. Tempat dan tanggal Lahir

5. Agama

6. Kewarganegaraan

7. Jumlah Saudara Kandung

8. Jumlah Saudara Tiri

9. Bahasa Sehari-hari

10. Berat Badan

11. Tinggi Badan

12. Golongan Darah

13. Penyakit yang Pernah Diderita

14. Alamat Tinggal dan Nomor Telpon

15 Bertempat Tingal

Data Orang Tua pada Formulir Peserta Didik baru

16. Nama Ayah Kandung dan Ibu Kandung

17. Pendidikan Ayah dan Ibu

18. Pekerjaan Ayah dan Ibu

Selain Pertanyaan di atas, kolom yang harus diisi juga meliputi identitas wali siswa (nama hingga perkerjaan), kemudian asal mula peserta didik. Untuk Lebih lengkapnya mengenai formulir peserta didik baru bisa download di – Download Formulir Peserta Didik Baru

Mengingat saat ini sedang berada di masa pandemi covid yang masih belum speenuhnya berakhir. Sekolah hendaknya sudah menyiapkan kemungkinan pendaftaran dalam bentuk online. Pendaftaran online ini menjadi salah satu solusi dalam kondisi seperti saat ini. Untuk cara membuat formulir sekolah online bisa cek di - Cara Membuat Formulir PPDB Online melalui Google Drive


Format S2 Daftar Calon Peserta Didik Barut

Format S2 merupakan format yang berisi seluruh pendaftar ke Sekolah baik yang diterima ataupun tidak. Format S2 ini biasanya berisi tabel yang harus diisi oleh panitia. Dengan kata lain, format S2 merupakan data pendaftar sebelum melalui tahap seleksi (jarak, usia, dan sebagainya).

Adapun untuk format S2 biasanya terdiri dari identitas sekolah di paling atas. Identitas sekolah ini terdiri dari Nomor Statistik Sekolah (NSS), Nama Sekolah, Status Sekolah, Alamat Sekolah, Desa/Kelurahan, Kecamatan, hingga Provinsi

Sedangkan untuk tabel S2 sendiri terdapat beberapa point penting seperti Nomor urut dan nomor pendafataran, nama siswa, jenis kelamin, hingga alamat siswa , dan sekolah asal.

Untuk 2 kolom terakhir pada format S2 berisi keterangan apakah siswa tersebut diterima atau tidak diterima. Dan di paling bawah adalah tanda tangan kepala sekolah atau bisa juga diisi ketua panitia. Untuk lebih lengkapnya mengenai Formulis S2 bisa download di – Download Format S2


Format S3 Peserta Didik Baru Kelas 1

Format S3 merupakan format Administrasi kelanjutan dari format S2. Jika format S2 berisi daftar calon peserta didik atau seluruh pendaftar maka format S3 berisi siswa yang diterima disekolah. Dalam tabel tersebut juga terdapat kelas dari siswa yang diterima.

Dengan kata lain, format S3 merupakan Format siswa atau peserta didik yang diterima atau lulus seleksi plus pembagian kelas untuk sekolah yang kelas 1 nya parallel atau lebih dari satu rombel.

Kolom-kolom dari format S3 sudah tidak menggunakan nomor urut dan nomor pendaftara tetapi sudah nomor Induk siswa. Sedangkan kolom berikutnya berisi nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nama orang tua. 

Data kolom yang menjadi pembeda dari format S3 adala terdapat kolom SB (Siswa Baru), SU (Siswa mengulang), SP (siswa Pindahan), dan yang terakhir adalah kelas dari siswa tersebut. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Format S3 bisa di cek langsung – Download Format S3


Format S4 Buku Induk Peserta Didik

Format S4 merupakan format buku induk. Buku induk merupakan dokumen paling berharga di sekolah. Selain menjadi arsip rahasia, buku induk ini menjadi dokumen berharga dan bisa bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

Buku induk sendiri berisi identitas siswa dan data nilai siswa selama di bangku sekolah. Buku induk ibaratkan data base siswa di sekolah. Namun sejak kurikulum 2013 diterapkan, terjadi beberapa perubahan konsep penilaian. Sehingga juga mempengaruh format buku induk siswa.

Awal kurikulum 2013 pada tahun 2013/2014 lalu, penilaian menjadi full deskripsi. Seiring berjalannya waktu, format penilaian terus mengalami perubahan hingga saat ini. Untuk mengetahui dan mendownload buku induk Kurikulum 2013 khusus SD bisa cek di Download Buku Induk K13 SD


Formulir Dapodik (FPD)

Formulir Dapodik adalah formulir untuk pengisian aplikasi Dapodikdasmen Kemendikbudristek. Saat ini beberapa sekolah menjadikan formulir ini sebagai formulir Daftar Ulang Sekolah. 

Formulir Pesert Didik atau FPD sejatinya sudah bisa diunduh di aplikasi dapodik. Biasanya formulir ini dalam  bentuk excel. Namun tetap butuh pengaturan agar proses cetak menjadi lebih rapi dan tentunya tabel dan kolomnya lebih besar dan mudah di baca.

Walaupun sudah ada di aplikasi dapodik, kami tetap akan menyajikan formulir Dapodik dalam bentuk Excel. Berikut formulir PPDB untuk dapodik – Formulir PPDB untuk Dapodik (FPD)


Surat Pernyataan orang tua Peserta Didik Baru

Surat pernyataan peserta didik baru biasanya bersamaan dengan FPD yang digunakan dalam daftar Ulang. Surat pernyataan ini berisi kesanggupan orang tua dalam mengikuti peraturan sekolah, tata tertip, hingga menjaga nama baik sekolah.

Selain itu juga terdapat kolom identitas yang membuat laporan. Keberadaan surat pernyataan ini sekaligus menyatukan visi misi dan program sekolah dengn orang tua atau wali peserta didik. 

Mengingat sekarang sedang masa-masa wabah yang belum sepenuhnya selesai. Alangkah baiknya untuk ditambah surat pernyataan orang tua siap melaksanakan protocol Kesehatan covid19. Pernnyataan ini sebenarnya tambahan dan bisa juga untuk tidak disertakan. Untuk blanko surat pernyataan orang tua dalam Daftar Ulang PPD – Suat Pernyataan Daftar Ulang PPDB


Aplikasi Format S1-S20

Untuk mempermudah pihak sekolah dalam menyiapkan dan mengenal lebih lengkap mengenai adminitrasi sekolah maka ami sajikan aplikasi khusus yang menyajikan FormatS1 sampai S20. APlikasi ini bisa dijadikan bentuk laporan secara online nantinya. 

Aplikasi format S1 sampai S20 ini bisa dijadikan untuk sekolah dasar hingga SMP/MTs. Tinggal mengganti label dan identitas sekolah. Sangat mudah karena aplikasi ini tanpa protek dan password. Untuk lengkapnya bisa langsung di unduh di bawah ini

Download Aplikasi Sekolah S1 sampai S20

Itulah rincian dokumen administrasi sekolah untuk pelaksanaan PPDB atau penerimaan peserta didik baru. Lengkap mulai dari pendaftaran hingga daftar ulang yang Admin Sekolah sajikan. Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dokumen Administrasi PPDB Sekolah Lengkap"