Cara Membuat Formulir Pendaftaran Siswa Baru Online

Cara membuat formulir pendaftaran sekolah online bisa menjadi solusi terbaik saat ini. Di saat aktivitas sekolah terhenti karena pandemic Corona maka segalanya berlangsung secara online. Termasuk juga pendaftaran sekolah berlangsung melalui daring.

PPDB versi daring saat ini dianggap sebagai solusi terbaik ditengah program mengurangi penularan wabah, maka dianjurkan untuk tidak mengundang massa. Oleh karena itu, langkah terbaik adalah dengan menggunakan online. 

Adapun pembuatan formulir PPDB online sangat banyak. Diantaranya bisa menggunakan google form, juga bisa menggunakan google drive. Kedua form formulir ini sangat mudah penggunaan dan pengisiannya. Satu lagi, aplikasi formulir tersebut gratis karena sudah disediakan oleh google. Untuk lebih lengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Melalui Google Form

Google form adalah salah satu fitur isian online yang paling sering di gunakan. Biasanya sering digunakan untuk pengisian angket, kuesioner, survei, hingga dijadikan form pengisian data diri atau bisa disebut formmulir pendaftaran. Adapun untuk langkah-langkah membuat formulir pendaftaran Online bisa disimak di bawah ini.

1. Masuk ke google form
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman google form atau dengan klik halaman forms.google.com. Jika belum masuk akun google akan diarahkan pada halaman login. Silahkan masuk sesuai email dan password.
Cara Membuat Formulir Pendaftaran Siswa Baru Online

2. Pilih Jenis Formulir
Dalam pemilihan jenis form, akan disajikan banyak pilihan. Namun untuk membuat formulir pendaftaran bisa memilih Formulir kosong tetapi juga bisa memilih formulir informasi kontak.
Cara Membuat Formulir Pendaftaran PPDB


3. Setting Bentuk Formulir
Setting jenis formulir yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hal yang perlu diketahui adalah:
-  Kop Formulir
- Jenis Jawaban yang dibutuhkan (pilihan ganda, isian singkat, isian paragraf) seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Formulir Pendaftaran sekolah online

- Tambah pertanyaan, kemudian setting seperti langkah sebelumnya.
Baca Juga: Download Formulir PPDB Lengkap

4. Kirim
Klik kirim di pojok atas, kemudian pilih menu tautan. Hal ini agar formulis bisa di copy-kan ke sasaran pengisi formulir, seperti email, wa, dsb.
Cara Membuat Formulir Pendaftaran siswa online


Cara Membuat Formulir Pendaftaran Melalui Google Drive

Cara membuat formulir dengan google drive sebenarnya sama dengan menggunakan google form apa google doc. Namun langkahnya melalui google drive. Untuk lebih detilnya bisa disimak langkah cara membuat formulir PPDB Online melalui Google Drive
1. Masuk ke akun Google Drive
Untuk masuk ke google drive tentunya harus login email seperti langkah di atas.

2. Tambah/Baru
Pilihlah tambah baru di pojok kiri atas, kemudian akan terdapat banyak pilihan. Scroll hingga muncul lainnya.

3. Pilih Formulir
Setelah tahap no 2, maka pilihlah dokumen formulir. Berikutnya lakukan langkah seperti membuat formulir pada google form di atas.

Sangat mudah kan? Itulah cara membuat formulir pendaftaran Online gratis. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Formulir Pendaftaran Siswa Baru Online "