Cara Membuat Soal Ujian Online Dengan Google Form

Cara membuat soal soal online dengan google form sangatlah mudah. Wabah Covid19 yang belum usai menjadikan kegiatan belajar mengajar berlangsung di rumah. Tidak hanya itu, kegiatan penilaianpun juga berlangsung secara daring. Hal ini tentu menjadikan guru harus menyiapkan sarana penilaian dengan model online atau daring.
Cara Membuat Soal Ujian Online Dengan Google Form

Salah satu model penilaian daring adalah dengan menggunakan Google form. Google form sendiri merupakan fitur dari google untuk formulir dan dokumen yang disajikan gratis kepada penggunanya. Cara membuat dan proses pelaksanaan penilaiannya juga sangat mudah.

Daftar Isi
  1. Kelebihan Penilaian di Google Form
  2. Cara Buat Soal Online di Google Form
  3. Cara Buat Soal Online di Drive

Kelebihan Penilaian di Google Form

Google Form merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Google. Fitur ini merupakan bagian dari Google formulir yang memang terdiri dari macam-macam format, seperti formulir, kuesioner, quiz atau penilaian dan sebagainya. Penilaian dengan menggunakan Google Form sendiri memiliki banyak kelebihan. Untuk lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.

1. Fitur Gratisan
Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa Google Form merupakan fitur gratis. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk memanfaatkan aplikasi ini. baik guru ataupun murid bebas mengakses proses penilaian. Tentunya hal itu terjadi selama guru sudah mengirim link penilaian.

2. Model Soal Variatif
Kelebihan lain dari Google Form adalah terdiri dari beberapa macam model soal seperti halnya soal ujian di sekolah. Dalam google form, soal bisa terdaji dalam beberapa bentuk mulai dari pilihan, isian pendek, hingga uraian. Tidak jauh beda dengan proses penilaian di sekolah yang juga terdiri dari beberapa model soal. Tidak hanya dari segi model soal, bentuk soal juga bisa variative. Soal tidak hanya berupa kalimat, tetapi juga bisa disisipkan gambar hingga video.

3. Nilai Langsung Keluar
Kelebihan berikutnya yaitu peserta didik atau peserta ujian bisa melihat hasil penilaian secara langsung. Setelah melakukan proses penilaian secara keseluruhan dan mengirim hasil ujian, nilai bisa keluar secara otomatis. Dalam hal ini juga dilengkapi dengan koreksi letak kesalahan peserta ujian.

4. Lengkap Analisis Penilaian
Menggunakan Google Form, guru benar-benar dipermudah dalam hal analisis penilaian. Soal yang dikirim oleh peserta ujian akan dianalisis secara otomatis. Sehingga nantinya guru akan mengetahui analisis setiap soal yang di jawab peserta ujian. Analisis tersebut juga bisa didownload dalam bentuk excel.

5. Mudah Penggunaan
Bukan rahasia lagi kalau google form sangat mudah penggunaan. Guru yang membuat soal pun sangat terbantu dengan adanya penilaian online dengan menggunakan google form. Guru tidanggai membuat soal dengan penskorannya kemudan menyebarkan link penilaian dengan mudah. Peserta didik atau peserta ujian juga mudah dalam mengikuti tes atau ujian.

6. Mudah di Desain
Desain model soal dan format ujian melalui Google form sangatlah mudah.  Bahkan gambar sidebar atas atau header juga bisa didesain sesuai  dengan kebutuhan. Bisa juga diganti kop sekolah atua dengan desain lain.

Cara Buat Soal Online di Google Form

Membuat soal ujian online dengan google form sangat mudah. Bahkan untuk pemula sekalipun. Untuk lebih mudahnya bisa disimak langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Soal Online Di Google Form

1.  Masuk ke Google Form
Langkah awal dalam membuat soal online dengan google form adalah dengan masuk ke google doc atau bisa dengan klik tautan berikut doc.google.com/forms. Tentunya untuk masuk ke halaman tersebut haruslah memiliki email google atau gmail sebagai syarat mutlak menggunakan fitur dari google.
Cara membuat soal online

2. Memilih Template
Google form menyajikan beberapa templat untuk isian. Jika untuk penilaian, maka sebaiknya memilih template untuk Pendidikan. Hal ini agar guru atau pembuat soal tidak terlalu banyak dalam melakukan desaindan edit tampilan.

3. Isi Soal
Sebenarnya dalam halaman ini Google  Forms sudah memberikan tutorial dengan pilihan melayang apakah kita akan ikut tour atau lewati. Ikuti tur yang dimaksud adalah bantuan dalam membuat soal dan berbagi soal di Google Form.
cara buat soal ujian online di WA

Dalam halaman tersebut sudah disajikan format soal. Jika tidak dikehendaki bisa di hapus dan buat kolom soal baru dengan memilih tanda + (tambahan) di sisi kanan. Setelah itu ketiklah soal beserta option pilihan jika sola tersebut berupa pilihan ganda. Jika berupa uraian tinggal ganti bentuk soal apakah isian singkat atau paragraf atau uraian. Jika soal dalam bentuk pilihan ganda, maka bisa disertakan kunci jawaban dan penskoran. Hal ini sangat mempermudah peserta ujian dalam menganalisis jawabannya dan mengetahui bagian mana yang jawabannya salah.

4. Pengaturan
Aturlah soal ujian online sesuai dengan yang kita harapkan. Beberapa settingan sangat penting untuk mengatur soal. Mulai dari cara masuk hingga model soal yang diharapkan. Seperti soal acak atau pilihan acak juga bisa di setting di pilihan ini.

5. Kirim Soal
Langkah terkahir adalah yang harus dilakukan adalah dengan mengklik Kirim pada menu yang terdapat pada pojok atas. Setelah klik pilihan etrsebut akan diarahkan pada pilihan menu kirim via email, kirim link, dan penyematan. Biasanya yang sering digunakan adalah dengan memilih kirim link, kemudian di share di grup WA. Sehingga nantinya peserta didik bisa mengikuti ujian online di HP atau di WhatsApp.

Cara Buat Soal Online di Drive

Cara membuat soal di Google Drive sejatinya tidak jauh beda dengan di Google Form. Namun yang berbeda adalah langkah masuknya yakni dengan masuk melalui Google Drive. Langkah berikutnya bisa disimak di bawah ini.
cara buat soal ujian online

1. Pilih Baru/Tambahan Besar
2. Pilih lainnya (menu paling bawah)
3. Pilih Google form atau Google Formulir
4. Lakukan hal yang sama seperti langkah pada Cara Membuat Membuat di Google Form di atas

Itulah langkah-langkah membuat soal ujian online melalui google form dan drive dengan mudah. Langkah-langkah tersebut bisa langsung dipraktikkan langsung. Selain memang caranya yang mudah, proses pengerjaannya juga mudah di pahami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Soal Ujian Online Dengan Google Form"