Alternatif MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK

Alternatif MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK bisa dijadikan solusi di tengah pandemi yang melanda Indonesia saat ini. Seperti yang diketahui, merebaknya wabah Covid19 yang melanda beberapa negara di dunia berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan. Bahkan sejak  beberapa bulan lalu, Pendidikan berlangsung secara online atau daring.
Alternatif MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK

Dengan adanya kegiatan pembelajaran hingga penilaian secara daring tersebut menunjukkan besarnya dampak covid terhadap aktivitas Pendidikan. Salah satu agenda Pendidikan yang kemungkinan besar juga akan berlangsung secara online adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

MPLS merupakan program rutin yang dilakukan sebelum atau awal tahun ajaran baru. Sesuai kalender Pendidikan tahun pelajaran 2020/2021, kegiatan tahun ajaran baru akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang. Dengan semakin naiknya curva pasien Corona di Indonesia, maka bukan tidak mungkin kegiatan MPLS baik SD, SMP, SMA, hingga SMK akan berlangsung secara daring.

Secara resmi Juknis MPLS 2019/2020 secara daring masih belum keluar. Namun satuan Pendidikan atau sekolah bisa mengkonversi silabus PLS berdasarkan Permendikbud no 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan kondisi yang terjadi saat ini. Namun tidak melenceng dari tujuan kegiatan PLS seperti yang tertuang dari peraturan tersebut.

Secara garis besar, materi dari kegiatan PLS mencakup 3 Materi Dasar. Materi tersebut nantinya dikembangkan dan dikonversi sesuai dengan kondisi saat ini. Sehingga kegiatan MPLS tetap berjalan di tengah Covid-19. Ketiga materi MPLS untuk SD, SMP, SMA/SMK diantaranya meliputi di bawah ini.

Materi MPLS untuk SD, SMP, SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021

1. Wawasan Wiyata Mandala

Wawasan Wiyata Mandala ini berisi pengenalan dan adaptasi lingkungan. Dalam materi ini sejatinya peserta didik dikenalkan dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Namun untuk saat ini pengenalan bisa dilakukan dengan beberapa alternative seperti adanya video tentang sekolah mulai dari sarana, prasarana, hingga tata tertib di sekolah.

Dengan begitu kegiatan pengenalan lingkungan sekolah masih berjalan. Walaupun tidak semaksimal mendatangi langsung lokasi sekitar sekolah. Namun setidaknya menjadi bekal berharga jika sekolah akan Kembali beraktivitas seperti semula.

2. Motivasi dan Cara Belajar Efektif

Poin ini merupakan poin terpenting untuk pelaksanaan pembelajaran tahun 2020/2021. Sekolah haruslah mengenalkan bagaimana aktivitas pembelajaran akan berlangsung. Mulai dari metode pembelajaran, perangkat yang akan disajikan, hingga metode penilaian.
Dengan adanya pengenalan cara belajar efektif melalui metode daring peserta didik ataupun wali murid akan mempersiapkan segala kebutuhan untuk proses pembelajaran selama pandemi.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah motivasi belajar. Salah satu tujuan MPLS adalah meningkatkan motivasi belajar. Di tengah pandemi saat ini, motivasi belajar menjadi kurang maksimal. Kegiatan belajar di rumah kadang membuat anak mudah jenuh dan kehilangan waktu belajar. Oleh karena itu, butuh motivasi baik kepada peserta didik ataupun wali marid sehingga proses pembelajaran tetap berlangsung dengan baik walaupun dilakukan di rumah.

3. Mengembangkan perilaku dan interaksi positif

Materi ini merupakan materi yang sangat penting dalam pembentukan karakter. Beberapa materi yang terdapat dalam pengembangan perilaku dan interaksi positif diantaranya:
- Pendidikan karakter
- Tatakrama
- Kesadaran Berbangsa dan bernegara
- Bina Mental Keagamaan.

Semua materi dari Pengembangan perilaku dan interaksi positif nantinya bermuara pada KI 1 dan KI 2 dalam kegiatan tematik. Dengan kata lain, nantinya peserta didik sudah diberi modal penting dalam pembentukan karakter.

Materi-materi MPLS tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan kondisi saat ini. walaupun nantinya peserta didik dan guru ataupun sekolah tidak bertatap muka secara langsung, namun materi-materi sudah dilaksanakan dan tujuan MPLS tercapai. Untuk butuh adanya alternative pelaksanaan MPLS di sekolah. Beberapa alternative seperti di bawah ini.

Alternatif MPLS Tahun 2020/2021 Online

1. Youtube
Youtube merupakan media yang sangat penting dalam kegatan pembelajaran saat ini. Apalagi ditengan pandemi yang memaksa belajar di rumah. Salah satu materi MPLS yang bisa diberikan melalui youtube diantaranya:
- Pengenalan lingkungan sekolah
- Pengenalan guru dan tenaga kependidikan
- pengenalan program, visi dan misi sekolah
- Metode pembelajaran efektif melalui online dan offline jika nantinya Kembali diberlakukan tatap muka.

2. Video Conference
Alternatif lain adalah dengan menggunakan Video Conference. Beberapa aplikasi yang menyediakan video conference diantaranya, Zoom, Webex, dan beberapa aplikasi lainnya yang memungkinkan adanya tatap muka secara daring. Akan tetapi penggunaan video Conference lebih efektif jika digunakan untuk MPLS tingkat SMP, SMA, dan SMK. Karena peserta didiknya lebih mandiri dibanding siswa SD. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan MPLS SD tahun pelajaran 2020/2021 juga menggunalan video Converrence.

3. Media Center Sekolah
Saat ini sekolah sudah melalui menggunakan media center melalui akun media sosialnya dalam menyampaikan informasi kegiatan dan agenda skeolah. Beberapa media soal yang sering digunakan seperti Facebook, Instagram, Watsapp, hingga web sekolah. Media tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan MPLS dengan materi yang sesuai.

Itulah Materi dan Alternatif kegitan MPLS tahun pelajaran 2020/2021 yang bisa dilakukan dan diadopsi oleh sekolah ataupun dinas terkait. Tentunya hal ini diharapkan kegiatan pembelajaran dan agenda Pendidikan tetap berlangsung walaupun di tengah pandemi Covid19.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alternatif MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021 Online Untuk SD, SMP, dan SMA/SMK"