Cara Mengganti Email Akun Admin Dapodik 2021 Dengan Mudah

Cara ganti email akun admin Dapodik versi 2021 sangat mudah dan tidak perlu melakukan konfirmasi ke dinas. Cukup mengikuti tutorial langkah yang akan kami sajikan di halaman ini.

Sebelum kami jelaskan langkah-langkah mengganti email akun admin atau akun operator dapodik, perlu diketahui, bahwa saat ini Dapodik tengah melakukan validasi besar-besaran untuk akun email admin dan PTK yang tidak aktif.
Cara Mengganti Email Akun Admin Dapodik 2021 Dengan Mudah

Langkah yang kini dilakukan pengembang dapodik adalah dengan mewajibkan sekolah untuk validasi akun admin atau akun ops dapodik. Setiap kali sekolah melakukan selesai melakukan instalasi dan registrasi dapodik baik secara online maupun offline, maka langkah selanjutnya yaitu verifikasi akun atau email.
Baca Juga: Cara Install Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah dan Cepat 
Verifikasi akun dapodik ini membutuhkan email aktif. Hal ini dikarenakan setiap kali verifikasi maka akun email akan mendapatkan pesan berupa angka yang nantinya akan dimasukkan pada saat verifikasi. Dengan kata lain, penggunaan email aktif saat ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh sekolah ataupun admin dapodik. Langkah-langkah verifikasi email akun dapodik bisa disimak di link di bawah ini.
Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah
Namun apabila email yang sebelumnya digunakan ternyata tidak aktif, maka sekolah tidak akan bisa melakukan verifikasi email.  Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengganti email akun dapodik yang lama dengan yang baru.  Tentunya email yang gunakan sebagai pengganti adalah email aktif. Sehingga proses penggantian dan verifikasi nantinya lebih mudah.

Adapun untuk ubah email akun ops dapodik sebenarnya tidaklah rumit dan sulit bahkan sangatlah mudah. Untuk lebih edetilnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengganti Email Akun Admin Dapodik 2021 PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK


1.  Buka website sp.datadik.kemdikbud.go.id
2.  Login dengan SSO
3. Masukkan email dan password
Cara ganti email akun admin dapodik paud

4. Klik menu akun kemudian daftar akun
5. Kemudian pilihlah admin
6. Klik menu Tampilkan
Cara ganti email akun admin dapodik paud

7. Apabila daftar admin sudah muncul, maka klik gambar pensil yang berarti edit akun
8. Masukkan email dan password yang baru, kemudian Update
9. Selesai

Perlu diperhatikan bahwa dalam ganti akun admin dapodik PAUD/TK, SD, SMP, SMA/SMK maka yang harus diperhatikan adalah akun email tersebut belum pernah diverifikasi. Jika sudah diverifikasi maka mengganti akun dapodik haruslah melalui dinas setempat.

Perlu diketahui dalam melakukan verifikasi ataupun ganti email akun dapodik 2021 hendaknya menggunakan jaringan internet yang cepat. Bisa juga dengan memilih waktu-waktu tertentu yang sekiranya tidak banyak pengguna mengakses ss.datadik.kemdibud. Sehingga nantinya proses dan cara ganti email akun admin dapodik 2021 PAUD/TK, SD, SMP, dan SMA/SMK berhasil.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengganti Email Akun Admin Dapodik 2021 Dengan Mudah"