Jadwal Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 Menurut Mendikbud

Jadwal Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 sudah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan atau Mendikbud Mas Nadiem makarim beberapa waktu lalu. Melalui keputusan Bersama Mendikbud, Menag, Mendagri, dan Menkes pemerintah akhirnya mengeluarkan panduan penyelenggaraan Pendidikan.

Wabah Covid19 memang tidak bisa dihindari. Dampaknya pun sangat besar terhadap dunia Pendidikan. Aktivitas Pendidikan pun tak lagi sentris di satuan Pendidikan atau sekolah. Sejak beberapa bulan lalu, pembelajaran berlangsung secara online atau Belajar Dari Rumah (BDR).
Jadwal Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 corona

Tidak hanya pembelajaran, proses penilaian pun berlangsung secara daring. Hal ini tentu memiliki dampak yang cukup besar bagi perkembangan peserta didik. Tidak sedikit orang tua yang menanyakan Kapan Masuk sekolah? Tanggal masuk sekolah kapan? Dan beberapa pertanyaan lain yang selalu terdengar perihal masuk sekolah baik dari SD, SMP, SMA bahkan kuliah.

Mengatasi hal ini, pemerintah mengeluarkan keputusan bersama yang berisi panduan penyelenggaraan Pendidikan di masa pandemi Corona. Dalam panduan tersebut terdapat syarat, ketentuan, hingga pola pembelajaran yang dilakukan selama pandemi Corona. Untuk lebih detil mengenai jadwal dan kriteria masuk sekolah tahun ajaran 2021/2020.

Jadwal Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 Terbaru

1. Syarat Masuk Sekolah

Sekolah boleh menyelenggarakan Pendidikan secara tatap muka dengan melalui beberapa persayaratan. Apabila salah satu dari persyaratan tidak dipenuhi maka sekolah tidak dapat menyelenggarakan Pendidikan langsung. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi diantaranya:

- Zona daerah harus hijau
- Disetujui oleh kepala daerah, dalam hal ini Pemerintah daerah dan Kepala Kanwil Kemenag
- Sekolah siap menyelenggarakan Pendidikan dengan melengkapi fasilitas dan sarana Kesehatan menurut protocol Kemenkes
- Wali murid sekalu orang tua peserta didik menyetujui pelaksanaan pembelajaran secara langsung atau tatap muka.
BACA JUGA:   Panduan Penyelenggaran Pendidikan Dari PAUD Hingga SMA
Apabila salah satu dari 4 poin tersebut tidak dilaksanakan maka jadwal masuk sekolah 2020 kembali diundur.

2. Syarat Sekolah Bisa Menyelenggarakan Pendidikan

Sekolah selaku tempat penyelenggara Pendidikan melalui tatap muka haruslah melengkapi beberapa sarana dan fasilitas sesuai protokol Kementerian Kesehatan untuk Covid19. Pihak sekolah memang diwajibkan untuk melengkapi kebutuhan penyelenggaraan Pendidikan di saat wabah Corona. Hal ini terdapat dalam Panduan Penyelenggaraan Pendidikan di masa Pandemi Covid.

Dalam panduan tersebut disebutkan bahwa penggunaan BOS digunakan untuk aktivitas di tengah wabah Corona. Beberapa poin yang diperbolehkan untuk belanja menggunakan dana bos diantaranya, Hands sanitizer, masker, thermogun, dan sebagainya. Bahkan paket internet guru dan atau peserta didik jika memungkinkan juga ditanggung Bos. Untuk lebih detilnya berikut beberapa poin yang harus dilengkapi sekolah:

- Sarana kebersihan lengkap, mulai dari tempat cuci tangan dengan air mengalir setidaknya setiap kelas ada, toilet bersih, media/alat penyemprotan disinfektan
- Menerapkan Kawasan wajib masker
- Memiliki thermogun untuk mengukur suhu tubuh guru dan murid nantinya kalau sudah aktif
- Adanya kesepakatan walimurid yang mengizinkan putra-putrinya tetap masuk sekolah.
- terdapat akses ke puskesmas, rumah sakit atau klinik

Itulah kelengkapan minimal yang harus diterapkan di sekolah. Selain itu tentunya masih ada beberapa fasilitas lain yang harus dilengkapi.

3. Jadwal Masuk Sekolah

Apabila dua hal di atas sudah memenuhi, maka sekolah diperbolehkan menyelenggarakan pembelajaran dengan tatap muka. Tapi tetap untuk syarat mutlak adalah daerah harus berwarna hijau. Jika tidak maka Pendidikan secara tatap muka tidak akan bisa dilangsungkan.

Adapun untuk jadwal masuk sekolah 2020/2021 dibagi menjadi 2 fase. Fase pertama yakni masa transisi (dua bulan pertama) dan fase kebiasaan baru.

Jadwal masuk sekolah pada fase transisi

- SMA/SMA/MA, SMP/MTs paling cepat bulan Juli 2020
- SD/MI/SDLB paling cepat bulan September 2020
- PAUD paling cepat bulan November 2020
BACA JUGA: Alternatif MPLS Tahun Pelajaran 2020/2021
Jadwal tersebut dilakukan apabila semua sarat dilengkapi dan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan. Namun jika pada saat berjalan terdapat perubahan zona dari hijau menjadi naik, maka sekolah kembali ditutup dan pembelajaran akan berlangsung daring.

Itulah jadwal masuk sekolah tahun pelajaran 2020/2021 yang tengah berada di tengah wabah. Semoga kita semua diberi Kesehatan dan Pendidikan kembali berjalan normal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadwal Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021 Menurut Mendikbud"