Materi dan Soal Latihan Bilangan Bulat Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013

Materi Bilangan bulat Matematika Kelas 6 SD merupakan materi awal yang akan dipelajari. Materi tersebut akan kami sajikan secara gratis di halaman ini. Tidak hanya materi, kami juga akan menyajikan contoh soal Latihan bilangan bulat ini.

Secara garis besar materi bilangan bulat merupakan materi mendasar yang harus dipahami oleh peserta didik. Karena dalam materi ini disajikan dasar operasi bilangan mulai dari membaca, menulis, hingga operasi hitung bilangan bulat. Materi Bilangan bulat Matematika Kelas 6 ini juga merupakan puncak dari materi operasi selama duduk di bangku SD.
Materi dan Soal Latihan Bilangan Bulat Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013

Seperti yang diketahui, pada saat kelas sebelumnya siswa sudah dipelajari beberapa macam operasi. Mulai dari operasi bilangan cacah, dan lain sebagainya. Untuk lebih detilnya silahkan disimak materi bilangan bulat berikut.

Daftar Isi
  1. Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat
  2. Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat
  3. Operasi Hitung Bilangan Bulat
  4. Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan  Bilangan Bulat
  5. Soal Latihan Operasi Hitung Bilangan  Bulat Kelas 6

Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat

Materi membaca dan menulis lambang bilangan bulat kelas 6 merupakan pengulangan dan pengembangan materi dari sebelumnya. Adapun untuk mengenal lebih gampang perihal lambang bilangan bulat adalah dengan garis bilangan.
garis bilangan bulat

Dalam lambang bilangan di atas dapat diketahui bahwa bilangan bulat terdiri dari bilangan 0 (nol), positif, dan negativ. Perlu diketahui, dalam membaca lambang bilangan bulat banyak terdapat kesalahan yang sering dilakukan. Beberapa kesalahan tersebut diantaranya:

0 dibaca kosong – seharusnya dibaca nol
0 (nol) merupakan bilangan, sedangkan kosong atau himpunan kosong berarti tidak ada bilangan sama sekali. Kesalahan ini sering ditemui pada saat penyebutan nomor handphone dan beberapa kejadian lainnya.

tanda (-) dibaca min – seharusnya dibaca negatif (contoh -5 bukan min lima, tetapi negatif lima)
Kesalahan membaca ini banyak dijumpai dikalangan siswa. Entah untuk memudahkan pengucapan ataupun lainnya, yang jelas menyebut bilangan tersebut tidak sesuai cara membaca bilangan bulat.

Itulah cara membaca bilangan bulat dengan benar serta kesalahan-kesalahan yang sering dijumpai. Sedangkan untuk membaca bilangan bulat positif tetap bica bilangannya tanpa menyebutkan positif. Contoh 8 dibaca delapan, bukan positif apalagi plus delapan.

Baca Juga: Buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013

Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat

Materi mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat lebih mudah jika menggunakan garis bilangan. Pada garis bilangan semakin kekiri maka semakin kecil bilangan tersebut, sebaliknya semakin ke kanan maka semakin kecil nilai bilangan tersebut.

Dari gambar garis bilangan di atas dapat disimpulkan bahwa pada bilangan positif, semakin besar bilangannya semakin tinggi nilainya. Sebaliknya untuk bilangan negatif, semakin besar bilangannya maka nilainya semakin kecil.
mengurutkan bilangan bulat

Apabila memahami konsep di atas maka akan mempermudah untuk mengurutkan dan membandingkan bilangan bulat. Untuk membandingkan bilangan bulat menggunakan tiga tanda yakni <, >, dan =.
<  dibaca kurang dari artinya bilangan pertama kurang dari bilangan kedua
> dibaca lebih dari artinya bilangan pertama lebih dari bilangan kedua
= dibaca sama dengan artinya bilangan pertama sama dengan bilangan kedua

Operasi Hitung Bilangan Bulat

Materi operasi hitung bilangan bulat merupakan operasi hitung yang dianggap paling susah oleh siswa baik tingkat SD maupun di atasnya. Terutama untuk operasi yang melibatkan bilangan positif dan negatif.

Cara melakukan operasi bilangan bulat harus memahami betul konsep yang akan dipakai. Untuk kebih detilnya bisa disimak di bawha ini.

Cara Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Positif Dan Negatif

Positif x positif = positif
2 x 3 = 6
Positif x negatif = negatif
2 x (-3) = -6
Negatif x negatif = positif
-2 x (-3) = 6
Negatif x Positif = positif
-2 x 3 = -6

Cara Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat haruslah memperhatikan pertemuan bilangan negatif dengan operasi bilangan seperti di bawah ini

Pengurangan ketemu negatif menjadi penjumlahan
2 – ( - 3) = 2 + 5 = 5
Penjumlahan ketemu negatif menjadi pengurangan
3 + (-2) = 3 – 2 = 1
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan

Adapun untuk operasi penjumlahan dan pengurangan secara keseluruhan lebih mudah apabila dibahasakan dalam kehidupan sehari-hari seperti hutang, beli barang, dan sebagainya, seperti:
-3 – (-2) = -3 + 2 yang berarti negatif tiga ditambah dua atau jika di analogikan sebagai uang dan hutang yaitu si A punya hutang 3, tetapi dia hanya punya uang 2 maka kejadian yang akan terjadi uang si A akan membayar hutang dan masih sisa hutang 1. Hutang 1 berarti negatif 1.  Jadi -3+2=-1.
Menggunakan analogi dalam kehidupan sehari-hari adalah cara paling mudah dipahami bagi peserta didik dalam mengoperasikan bilangan bulat.

Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan  Bilangan Bulat

Dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan bilangan  ulat haruslah memahami beberapa inti operasi di atas. Seperti konsep bilangan  bulat mulai dari pengenalan hingga operasi bilangan bulat.  Adapun untuk contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa diselesaikan dengan bilangan bulat adalah sebagai berikut:

Suhu Udara di kawasan wisata bukit tinggi pada malam hari mencapai 3 derajat celcius, sedangkan di Kawasan wisata taman harapan mencapai 29 derajat Celsius. Tulislah keadaan cuaca di atas dalam bentuk matematika, kemudian hitunglah selisih suhu udara kedua tempat wisata tersebut.

Baca juga: Operasi Hitung Pecahan Kelas 5 K13 dan Soal Latihan

Soal Latihan Operasi Hitung Bilangan  Bulat Kelas 6

Berikut akan kami sampaikan contoh soal Latihan operasi hitung bilangan bulat. Dalam operasi hitung ini, tidak hanya operasi penjulahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan positif dan negatif atau bilangan bulat. Terlebih dari itu juga soal-soal cerita yang berhubungan dengan penyelesaian operasi bilangan bulat.

Download soal operasi bilangan bulat matematika kelas 6 – Di Sini

Itulah materi bilangan bulat kelas 6 SD beserta soal latihannya. Materi seputar bilangan bulat di atas bukanlah satu-satunya sumber belajar. Masih banyak sumber belajar dan Latihan seputar bilangan bulat. So, perbanyak Latihan mengerjakan soal-soal dan jangan segan-segan untuk bertanya kepada guru apabila ada materi yang tidak ngerti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi dan Soal Latihan Bilangan Bulat Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013"