Materi Operasi Hitung Pecahan dan Soal Latihan Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013

Materi Operasi hitung pecahan dan soal Latihan merupakan materi awal matematika kelas 5 SD Kurikulum 2013. Pada halaman ini akan disajikan materi operasi hitung pecahan beserta soal-soal Latihan. Sehingga akan mempermudah peserta didik tidak hanya untuk belajar tetapi juga sebagai Latihan.

Matematika kelas 5 SD dipastikan berpisah dengan tematik beberapa tahun lalu. Sehingga saat ini materi Matematika kelas 5 lebih dalam dibandingkan saat disatukan dengan tematik. Jika dibandingkan dari kelas 1 sampai kelas 6, materi Matematika saat ini lebih berjenjang baik kadar materi maupun tingkat kesulitan.
Materi Operasi Hitung Pecahan dan Soal Latihan Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013

Seperti halnya untuk materi Matematika bab 1 kelas 5 semester 1 yang dimulai dari Operasi Hitung Pecahan. Materi ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya di kelas 4 dan eklas 3 SD. Seperti yang diketahui, di kelas sebelumnya sudah dijelaskan tentang pengenalan pecahan, membandinkan, menyederhanakan, dan pecahan senilai. Pada kelas 5 akan dilanjutkan dengan operasi hitung pecahan.

Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas 5 SD

Operasi hitung Pecahan kali ini hanya dibagi menjadi 2 bagian yakni Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan, dan Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan. Untuk lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.

Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

A. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Langsung

Operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan secara langsung bisa digunakan untuk pecahan yang memiliki penyebut sama. Hal ini dikarenakan syarat utama dalam operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan adalah memiliki penyebut yang sama.  
Materi Operasi Hitung Pecahan dan Soal Latihan Matematika Kelas 5

Pada contoh a dan b, caranya sangat mudah. Cukup jumlahkan atau kurangkan pembilang tanpa perubah penyebut karena penyebutnya sudah sama.

Sedangkan penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dengan bilangan asli, maka untuk bilangan asli harus pecahan biasa terlebih dahulu. Untuk penyebut haruslah sama dengan lawan bilangan yang akan dioperasikan. Untuk pembilang maka dicari bilangan yang sekiranya jika dibagi dengan penyebut hasilnya adalah bilangan asli tersebut.

Download Juga:
Buku Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Buku Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Buku Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Seperti pada poin D, bilangan asli pada operasi tersebut adalah 2. Sedangkan penyebut dari lawan operasi adalah 5. Maka pembilang dari pecahan adalah 10. Hal ini disebabkan 10 dibagi 5 sama dengan 2 (bilangan asli).

B. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Jika Penyebut Berbeda

Untuk mengoperasikan dua pecahan yang penyebutnya berbeda, maka yang harus dilakukan adalah dengan menyamakan penyebut. Cara menyamakan penyebut dua pecahan adalah dengan mencari KPK dari dua bilangan yang menjadi penyebut. Jelasnya bisa disimak pada contoh di bawah ini.
Materi Operasi Hitung Pecahan dan Soal Latihan Matematika Kelas 5

Pada contoh soal di atas di terdapat perbedaan penyebut yakni 2 dan 5. Langkah pertama mencari KPK dari 2 dan 5 yaitu 10. Berikutnya adalah melakukan operasi untuk menentukan pembilang dengan cara membagi hasil KPK dari dua penyebut terhadap penyebut pertama, kemudian dikalukan dengan pembilang pertama. Begitu juga untuk pecahan kedua. Cara tersebut juga berlaku pada operasi pengurangan pecahan.

C. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran

Cata menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran ada du acara. Cara pertama dengan memisahkan bilangan asli dengan pecahan biasanya. Cara kedua adalah dengan merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.
Materi Operasi Hitung Pecahan dan Soal Latihan Matematika Kelas 5

Pada gambar di atas terdapat du acara. Cara pertama adalah menjumlahkan bilangan asli seperti contoh di atas. Pada lingkarang merah pertama yang dioperasikan melalui operasi penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda.

Pada cara kedua, langkah pertama adalah dengan merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Seperti halnya lingkaran merah nomor 2, yakni dengan mengalikan penyebut dengan bilangan asli kemudian ditambahkan pembilang pada bilangan pertama. Sedangkan untuk lingkaran merah ketiga dengan cara menyederhakan pecahan seperti materi pecahan kelas 4 SD K13 revisi terbaru.

Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan

Operasi perkalian dan pembagian untuk beberapa model pesahan seperti pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan decimal, dan pecahan persen. Konsep perkalian pada pecahan adalah pembilang dikali pembilang dan penyebut dikali penyebut, seperti terdapat pada gambar di bawah ini.
Materi Operasi Hitung Pecahan dan Soal Latihan Matematika Kelas 5
Operasi perkalian dan pembagian pecahan campuran, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Begitu juga dengan pecahan decimal dan persen langkah termudah dengan merubahnya menjadi pecahan biasa.

Soal Latihan Operasi Bilangan Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Download Soal Operasi Penjumlahan dan pengurangan Pecahan – Di Sini
Download Soal Operasi Perkalian dan Pengurangan Pecahan – Di Sini

Itulah link download Soal Operasi Pecahan Matematika kelas 5 SD. Cara downloadnya sangat mudah, cukup klik tulisan, Di Sini maka akan di arahkan pada halaman Google Drive. Silahkan download atau bisa juga langsung print.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Operasi Hitung Pecahan dan Soal Latihan Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013"