Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah

Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 bisa menjadi solusi cepat bagi sekolah yang mulai mengerjakan dapodik. Seperti yang diketahui Dapodik versi 2021 sudah resmi dirilis beberapa hari yang lalu. Tentunya sekolah sudah mulai melakukan melakukan download dan instalasi dapodik 2021 ini.

Berbeda dengan versi sebelumnya, pada Dapodik Versi 2021 validasi data lebih diperhatikan. Khususnya akun sekolah dan PTK yang akunnya akan diselkeksi aktif tidaknya. Email akun sekolah dan PTK akan dipantau aktivasinya dengan adanya system baru. Jika tidak melakukan aktivasi, maka pengerjaaan dapodik tidak akan berjalan dengan baik.

Oleh karena itu sangat penting bagi sekolah untuk memastikanemailnya aktif. Sehingga proses validasi yang nantinya akan dikirim melalui email bisa terlaksana. Akan tetapi jika email tersebut tidak aktif, maka pelaksanaan aktivasi akun baik sekolah dan PTK tidak akan berhasil.

Baca Juga: Cara Install Dapodik Versi 2021 dengan Cepat

Adapun untuk aktivasi akun sendiri bisa dilakukan dengan dua hal. Bisa dengan sp.datadik bisa juga melalui manajemen. Untuk lebih detilnya bisa disimak di bawah ini.

Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 PAUD, SD, SMP, dan SMA

Cara aktivasi Akun Dapodik Versi 2021 Melalui sp.datadik

Sp.datadik.kemdikbud merupakan salah satu pengembangan dari managemen dapodik versi terbaru. Cara mengerjakannya pun sangat mudah yakni cukup menyiapkan email dapodik sekolah yang masih aktif seperti langkah di bawah ini.
Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021

1. Masuk ke akun sp.datadik.kemdikbud
Ketiklah sp.datadik.kemdikbud.go.id di peramban atau pencaharian. Kemudian masuklah atau login melalui SSO dengan menggunakan email sekolah yang masih aktif. Perlu diperhatikan bahwa email yang dimasukkan jangan menggunakan email personal atau email pribadi.

2. Pilihlah Daftar Akun
Setelah masuk ke sp.datadik.kemdikbud pilihlah menu daftar akun. Di halaman yang sama kemudian pilihlah verifikasi akun.

3. Email verifikasi
Pihak Dapodik akan mengirim email verifikasi akun melalui akun email yang didaftarkan. Inilah alasan mengapa saat ini email yang dibutuhkan adalah email aktif sekolah. Karena nantinya kode verifikasi akan dikirim melalui email.

4. Pilih Lanjutkan
Pilihlah option lanjutkan. Dengan begitu maka akun dapodik anda sudah terverifikasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Error This Site Can't Be Reached Dapodik 2021

Cara aktivasi Akun Dapodik Versi 2021 Melalui Manajemen Sekolah

Cara kedua adalah dengan melalui managemen sekolah yaitu Dapo.dikdasmen. caranya juga tidak jauh beda, hanya saja moda masuknya melalui manajemen sekolah. Atau bisa langsung disimak di bawah ini.
Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021

1. Buka website managemen dapodik di dapo.dikdasmen.go.id
2. Masuk melalui manajemen sekolah, kemudian pilih masuk melalui SSO
3. Pilihlah menu akun, untuk aktivasi menggunakan akun email aktif
4. Jika login berhasil, langkah berikutnya adalah verifikasi akun
5. Kirim kode verifikasi yang terkirim mellalui email, kemudian pilih lanjutkan
6. akun dapodik anda sudah terverifikasi

Itulah 2 cara untuk aktivasi akun dapodik versi 2021. Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk melakukan aktivasi akun dapodik. Apabila akun dapodik sudah berhasil di aktivasi, maka lagkah berikutya tinggal mengerjakan tugas berikutnya. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah"