Cara Instal Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah dan Cepat

Cara Instal Dapodik 2021 kami sajikan setelah berhasil dirilis oleh Kemendikbud hari ini. Aplikasi Dapodik terbaru ini akan menjadi teman operator sekolah untuk pembelajaran 2020/2021. Tentunya akan terdapat banyak update dan perkembangan dari aplikasi ini.

Ada pemandangan berbeda dari aplikasi Dapodik 2020 atau aplikasi sebelumnya. Perbedaan yang paling mendasar adalah saat ini pemerintah menggunakan 1 aplikasi dapodik untuk semua jenjang mulai dari PAUD, Pendidikan Dasar, Pendidikan khusus, Pendidikan atas, dan Pendidikan kesetaraan. Dengan kata lain, dari PAUD, SD, SMP, dan SMA akan menggunakan aplikasi yang sama.
Cara Instal Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah dan Cepat

Selain itu, tentunya akan banyak perbaikan dan pembaharuan seperti halnya tiap kali aplikasi dapodik dirilis. Perbaikan dan perubahan tersebut mengikuti perkembangan dan kebutuhan satuan Pendidikan. Salah satu contoh adalah adanya kelulusan Bersama untuk TK, Kelas 6, 9, dan 12/13. Kelulusan Bersama ini untuk membantu operator dalam menghapus data peserta didik yang lulus.

Perbaikan lain yang tidak kalah penting adalah dengan dihapusnya kolom kurikulum 2006. Aplikasi Dapodik 2021 memastikan semua sekolah dan tombel sudah menggunakan kurikulum 2013. Adapun untuk lengkapnya bisa di simak di bawah ini.

DAFTAR ISI
Persiapan dan langkah-langkah Instal Dapodik 2021
  1. Spesifikasi Laptop Untuk Dapodik Versi 2021
  2. Kode Registrasi Dapodik 2021
  3. Download Aplikasi Dapodik
  4. Cara Install Aplikasi Dapodik 2021

Spesifikasi Laptop Untuk Dapodik Versi 2021

Dapodik terus melakukan updating untuk meningkatkan kualitas pelayanan data Pendidikan.  Peningkatan aplikasi dapodik ini juga mempengaruhi perangkat yang akan memuat aplikasi Dapodik. Begitu juga dengan perangkat  yang akan menjalankan dapodik, membutuhkan spesifikasi yang terus meningkat. Adapun rekomendasi laptop untuk dapodik 2021 haruslah memiliki spesifikasi minimal seperti di bawah ini.
a. Prosessornya Intel Core i3 atau yang setara
b. Memori RAM 4 GB
c. Kapasitas Hard drive 200GB SSD/500 GB HDD
d. Sistem Operasi Windows 10
e. Sudah terpasang aplikasi peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan semacamnya

Kode Registrasi Dapodik 2021

Kode registrasi dapodik merupakan kode wajib yang harus dimiliki sekolah. Syarat utama dalam melakukan instalasi adalah dengan memasukkan kode registrasi. Kode registrasi ini diperoleh melalui admin Dapodik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk jenjang PAUD, SD, SMP, dan SLB. Sedangkan untuk jenjang SMA/SMK kode registrasi dapodik diperoleh melalui Dinas Pendidikan Provinsi setempat.

Download Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik 2021 hadir dalam bentuk installer. Untuk link download dapodik sendiri sudah disiapkan oleh pihak pengemban. Setidaknya terdapat 6 alternatif link untuk download Dapodik versi terbaru ini. Cara unduhnya pun sangat mudah, dengan langsung masuk ke halaman resmi dappodikdasmen Di sini.
Cara Instal Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah dan Cepat

Di halaman tersebut sudah terdapat 6 alternatif link. Tinggal dipilih mau mengunduh dari salah satu link di atas. Sangat mudah sekali.

Cara Install Aplikasi Dapodik 2021

1. Siapkan aplikasi Installer Dapodik 2021. Usahakan hapus semua browsing dan program lainnya. Hal ini untuk mengurangi kinerja laptop/PC pada saat Instalasi.

2. Klik dua kali atau double klik pada file aplikasi dapodik. Jika muncul pop up pertanyaan apakah akan melanjutkan maka pilihlah Yes. Kemudian akan di arahkan pada halaman instalasi.seperti biasa, dalam halaman tersebut akan diberi pilihan Lanjut apa tidak. Pililah lanjut. Kemudian halaman berikutnya klik setuju dan kembali lagi pilih lanjut. Hingga proses instalasi berhasil.
Cara Instal Dapodik Versi 2021

Proses instalasi ini tidak perlu membutuhkan waktu yang banyak. Tidak sampai 10 menit proses install Dapodik versi 2021 sudah selesai. Jika operator lama, untuk instalasi dapodik versi baru ini tidak akan kebingungan. Karena secara proses hampir sama dengan versi sebelumnya.

3. Bersihkan Chace browsing. Langkah terakhir setelah install dapodik versi 2021 adalah dengan menghapus chace browsing. Langkah ini sangat penting untuk menghapus sisa-sisa dapodik versi sebelumnya. Sehingga tidak terjadi benturan konten yang menyebabkan error dan sebagainya.

Itulah Cara Instal Dapodik 2021 dengan cepat sangat mudah sekali. Bahkan tidak sampai lima menit bisa selesai. Selamat mencoba. Salam satu data.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Instal Dapodik Versi 2021 Dengan Mudah dan Cepat"