Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 6 Kurikulum 2013 Lengkap

Rangkuman Materi tema 1 Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi terbaru bisa dijadikan solusi untuk pembelajaran saat ini. Oleh karena itu kami sajikan materi kelas 6 ini dalam bentuk rangkuman.

Kelas 6 merupakan tingkatan akhir dari sekolah dasar. Banyaknya kegiatan penilaian di akhir tahun membuat waktu belajar berkurang. Walaupun di kalender Pendidikan sudah dibagi namun terdapat beberapa materi yang butuh penekanan lebih.

Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 6 Kurikulum 2013 Lengkap

Di kelas 6, materi yang diajarkan lebih sebenarnya merupakan pengembangan dari materi di tingkatan sebelumnya. Namun bedanya untuk kelas 6 materinya lebih rinci dan detil. Seperti materi kelas 6 tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup yang merupakan pengembangan dari materi sebelumnya. 

Seperti halnya tematik pada umumnya, untuk tema 1 kela 6 dibagi menjadi beberapa subtema dan setiap subtema terdapat beberapa pembelajaran. Adapun untuk rincian materinya bisa disimak di bawah ini.

Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 6 

Materi PPKn Tema 1 Kelas 6

Materi PPKn kelas 6 tema 1 terdiri dari nilai yang terkandung dalam Pancasila. Peserta didik diharapkan memahami nilai nilai dan sikap yang mencerminkan Pancasila. 

Di dalam buku tema biasanya hanya dipelajari materi mengenai nilai dari salah satu sila saja. Namun akan lebih mudah untuk memahami jika dipelajari semua sila Pancasila. Sehingga peserta didik lebih mudah membandingkan contoh sikap yang terkandung di dalamnya.

Beberapa contoh penerapan Sila Ketiga diantarany:

-  CInta tanah air

-  Bangga menggunakan produk dalam negeri

-  Menjaga persatuan di rumah dan masyarakat

- Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara

Itulah beberapa contoh pengamalan Sila Ketiga yaitu sila Persatuan Indonesia. Sedangkan sebagai penguatan alangkah baiknya untuk juga mengulang sila sebelumnya yaitu pengamalan sila pertama dan kedua. 

Materi Bahasa Indonesia Tema 1 kelas 6

Materi Bahasa Indonesia kami rangkum mulai dari subtema 1, subtema 2, dan subtema 3 mulai dari Pembelajaran 1 sampai 6 di setiap sutemanya. Adapun materi Bahasa Indonesia tema 1 diantaranya:

- Teks  Deskripsi

- Teks Investigasi

- Perbedaan Teks Deskripsi dan Investigasi

- Laporan Investigasi

- Kosa Kata Penting

Dari materi Bahasa Indonesia elas 6 tema 1 tersebut kami tambahkan kosa kata penting untuk mempermudah  dan membantu peserta didik dalam memahami pelajaran serta menambah pembendaharaan kata ilmiyah.

Rangkuman Materi IPA Tema 1 Kelas 6 K13 Revisi

Materi IPA kelas 6 Tema 1 Semester 1 merupakan materi yang komplek. Materi IPA kali ini tidak hanya sekedar membutuhkan pemahaman, tetapi juga kemampuan untuk mencerna dan mengingat materi.

Hal ini dikarenakan kompleknya materi IPA kali ini. Selain itu juga terdapat beberapa istilah ilmiyah IPA yang harus difahami peserta didik. Berikut Materi IPA Tema 1 Kelas 6 K13.

1. PerkembangBiakan Tumbuhan

- Bagian-bagian bunga

- Macam-macam perkembangbiakan tumbuhan

- Perkembangbiakan generative pada tumbuhan

- Perkembangbiakan vegetatif Alami pada tumbuhan

- Perkembangbiakan vegetative buatan pada tumbuhan

2. PerkembangBiakan Hewan

- Macam-macam perkembangbiakan Hewan

- Perkembangbiakan generatif pada Hewan

- Perkembangbiakan vegetatif ALami pada Hewan

- Perkembangbiakan vegetatif ALami pada Hewan

Materi IPS Tema 1 Kelas 6 Kurikulum 2013 

Mateir IPS kelas 6 Tema 1 K13 lebih mengarah pada materi geografi. Jadi peserta didik akan mempelajari kondisi alam di Indonesia beserta makhluk hidup di dalamnya serta upaya melindungi kepunahannya. Adapun materi detilnya sebagai berikut.

- Pengertian Dataran Tinggi

- Pengertian Dataran Rendah

- Ciri-ciri dan Contoh Dataran Tinggi dan Dataran Rendah

- Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah

- Hewan-hewan endemic dan cara penangkarannya

- Peran Manusia Melindungi Lingkungan

Baca Juga: RPP Daring 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 K13

Itulah rangkuman materi singkat tema 1 kelas 6 kurikulum 2013. Rangkuman tersebut sangat penting bagi peserta didik untuk lebih mudah memahami muatan dalam kurikulum di tengah kondisi saat ini. Adapun Untuk Rangkuman Materi dalam bentuk PDF kami sajikan di bawha ini.

Download Materi Tema 1 Kelas 6 K13

Bagi yang ingin rangkuman materi lebih rinci dan lengkap, bisa di download Materi Kelas 6 tema 1 Kurikulum 2013 revisi. 

Materi Tema 1 Kelas 6 K13 Pdf – UNDUH DISINI

Demikian rangkuman materi tema 1 kelas 6 Kurikulum 2013 yang kami sajikan. Semoga Rangkuman ini bermanfaat menjadi bahan belajar di tengah pandemi saat ini. Jangan lupa simak Materi Pelajaran lainnya hanya di Admin Sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Materi Tema 1 Kelas 6 Kurikulum 2013 Lengkap"