Cara Mengatasi Guru dan Tendik Hilang di Dapodik 2022

Cara Mengatasi Guru dan Tendik Hilang di Dapodik 2022 bisa dijadikan solusi saat menghadapi permasalahan tersebut. Jadi operator tidak perlu khawatir apabila menghadapi hal serupa.

Dapodik versi 2022 resmi rilis pada tanggal 19 Juli 2021 lalu. Dapodik 2022 ini merupakan aplikasi Data Pokok Pendidikan yang akan dipakai pada Tahun Pelajaran 2021/2022. 

Seperti layaknya aplikasi sebelumnya, setiap pembaharuan pasti terdapat beberapa hal yang janggal atau error. Salah satunya adalah Guru dan Tenaga Kependidikan hilang dari Data GTK dan Tendik pada aplikasi Dapodik.

Jika menghadapi hal serupa maka tidak perlu khawatir ataupun panik. Karena pada dasarnya data guru atau tentik tersebut sudah ada di aplikasi Dapodik. Hanya karena aplikasi baru jadi butuh penugasan baru. Jadi cara yang bisa digunakan adalah dengan menyalin penugasan.

Cara Mengatasi Guru dan Tendik Hilang di Dapodik 2022

Hal ini berbeda dengan aplikasi versi sebelumnya. Biasanya data guru dan tenaga kependidikan sudah terdapat di aplikasi Dapodik. Operator tinggal update data tersebut mulai dari pengecekan hingga perbaikan kesalahan data.

Namun pada aplikasi kali ini, Data Guru dan tentik tidak muncul. Harus mlakukan penyalinan penugasan. Adapun untuk lebih lengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Cara Mengatasi Data Guru Tidak Muncul Di Dapodik 2022

Cara Mengatasi data Guru hilang di dapodik hanya perlu melaksanakan beberapa tahap. Langkah-langkahnya bisa disimak di bawah ini.

1. Silahkan buka aplikasi Dapodik Versi 2022

2. Login seperti biasa menggunakan email dan password yang baru

3. Buka menu GTK kemudian ada pilihan submenu Guru dan Tendik, Pilihlah Guru

4. Di halaman data guru biasanya kosong, maka klik “tombol Salin Penugasan” di bawah tampilan data Guru.

5. Akan muncul notifikasi yang isinya untuk meyakinkan apakah akan menyalin "Tombol ini berfungsi untuk menyalin semua Data Penugasan PTK dari TA 2020/2021. Apakah anda yakin?” Klik Ya

6. Data guru akan muncul, Selesai

Cara Mengatasi Data Tendik Tidak Muncul Di Dapodik 2022

Tendik dalam Dapodik meliputi Kepala Sekolah, Tukang Kebun/Penjaga, dan TU yang tidak memiliki tugas mengajar seperti guru. Cara Mengatasi data Tendik atau Tenaga Kependidikan yang hilang di dapodik hanya perlu melaksanakan beberapa tahap. Langkah-langkahnya bisa disimak di bawah ini.

1. Silahkan buka aplikasi Dapodik Versi 2022

2. Login seperti biasa menggunakan email dan password yang baru

3. Buka menu GTK kemudian ada pilihan submenu Guru dan Tendik, Pilihlah Tendik

4. Di halaman data Tendik yang kosong, maka klik “tombol Salin Penugasan” yang berada di bawah tampilan data Guru.

5. Muncul pemberitahuan "Tombol ini berfungsi untuk menyalin semua Data Penugasan PTK dari TA 2020/2021. Apakah anda yakin?” Klik Ya

6. Data Tendik akan muncul, Selesai

Itulah cara mengatasi data guru dan tendik yang hilang di Dapodik 2022. Silahkan lakukan cek dan update validasi data guru dan tendik sesuai dengan kondisi terbaru. Beberapa yang perlu diperhatikan dalam update data guru dan tendik diantaranya Tugas Mengajar, SK terbaru, dan sebagainya.

Adapun setelah data guru dan tendik muncul, silahkan cek beranda Aplikasi Dapodik 2022. Biasanya masih ada informasi data yang kurang lengkap, salah satunya Jumlah Guru dan Tendik masih nol/kosong. Cara mengatasi Jumlah guru dan tendik tidak muncul atau kosong di beranda Dapodik terbaru yaitu dengan Reload Browser. Reload Browser atau reload aplikasi  bisa juga dilakukan dengan tekan tombol F5 pada keyboard.

Demikian solusi dan cara jika mengalami data guru dan tendik tidak muncul di dapodik versi 2022. Selamat mencoba. Salam Satu Data. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Guru dan Tendik Hilang di Dapodik 2022"