Volume dan Luas Permukaan Balok Lengkap Soal Latihan

Materi balok merupakan materi dasar yang sudah dipelajari sejak bangku kelas 1 SD. Materi-materi balok ini meliputi pengenalan benda yang berbentuk balok, luas permukaan, hingga volume balok dan turunan-turunan rumusnya.

Volume dan Luas Permukaan Balok Lengkap Soal Latihan

Namun pada postingan kali ini kami akan membas mengenai rangkuman materi balok kelas atas sekolah dasar yang meliputi pengertian balok, ciri-ciri dan sifat-sifat balok, volume, luas permukaan, dan tentunya akan ditutup dengan contoh soal latihan. Rangkuman materi balok lebih lengkap bisa disimak di bawah ini.

Pengertian, Sifat, dan Unsur-unsur Balok

Pengertian Balok

Balok adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam sisi berbentuk persegi panjang dengan Persegi Panjang atau persegi. Maksud bangun ruang adalah bangun tiga dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Sedangkan sisi pembatasnya salah satunya merupakan persegi panjang, sedangkan 4 sisi lainnya bisa persegi panjang atau juga persegi.

Sifat dan Unsur Balok

Balok terdiri dari beberapa unsur pembentuknya. Beberapa unsur dan sifat balok diantaranya:

1. Balok dibatasi oleh 6 sisi yang terdiri dari 3 pasang sisi

2. Setiap sisi balok berbentuk segi empat bisa persegi atau jugapersegi panjang. Namun minimal salah satunya berbentuk persegi panjang.

3. Dari 3 pasang sisi, minimal terdapat 1 pasang sisi yang berbeda

4. Balok memiliki 12 rusuk yang terdiri dari 3 pasang. Setiap pasang rusuk memiliki ukuran sama panjang.

5. Memiliki 6 buah diagonal bidang dan 4 buah diagonal ruang

6. memiliki 8 titik sudut

Dari unsur dan sifat balok di atas untuk lebih detilnya bisa disimak pada gambar di bawah ini. 

gambar balok, jaring-jaring

Dari gambar di atas, bisa diketahui dengan jelas bentuk balok. Pada bangun di atas diberi nama balok ABCD EFGH karena setiap titik sudut diberi nama beripa huruf untuk memudahkan memahami balok. Nah untuk diagonal bidang diberi tanda garis putih atau diagonal bidang FG atau BG. 

Sedangkan untuk Rusuk balok, terdiri dari 3 pasang yang setiap pasangnya terdiri dari 4 rusuk berukuran sama. Rusuk-rusuk tersebut sering disebut sabagai rusuk panjang, lebar, dan tinggi. Rusuk-rusuk inilah yang akan digunakan untuk mencari Luas permukaan ataupun volume balok.

Artikel Terkait: Volume dan luas permukaan kubus 

Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok

Bangun ruang adalah bangun yang memiliki isi atau volume. Setiap bangun ruang memiliki cara atau rumus yang berbeda dalam menentukan volume atau isinya. Begitu juga dengan balok yang memiliki rumus khusus dalam menentukan volume. 

Tidak haya volume, balom juga memiliki rumus untuk mencari luas permukaan. Luas permukaan yang dimaksud adalah luas seluruh sisi balok. Lebih jelasnya bisa di simak gambar table Rumus volume Balok dan rumus luas permukaan balok berikut

rumus balok

Gambar di atas merupakan rumus volume balok. Cara mencari volume balok adalah dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi. Sedangkan untuk luas permukaan caranya balok dengan mencari semua luas sisi kemudian dijumlahkan. 

Adapun untuk satuan, volume menggunakan satuan pangkat 3 atau kubik. Sedangkan satuan luas permukaan menggunakan persegi atau oangkat 2. Untuk lebih mudah dalam memahami rumus, bisa langsung mencoba soal latihan di bawah ini.

Soal Latihan Volume dan Luas Permukaan Balok dan Penjelasannya

Soal Volume Balok dan Cara Mengerjakannya

1. Sebuah kardus berbentuk balok dengan ukuran panjang 32 cm, lebar 25 cm, dan tinggi 20 cm. Hitunglah volume kardus tersebut!

Penyelesaian

DIketahui 

Panjang (p) = 32 cm 

lebar (l) = 25 cm 

tinggi (t) = 20 cm

V balok = p x l x t

V balok = 32 x 25 x 20

V balok = 16.000 cm3

2. Dayu mempunyai kotak pensil berbentuk balok dengan panjang 25 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 4 cm. Tentukan volume kotak pensil Dayu!

Penyelesaian

p= 25 cm

l = 8 cm

t = 4 cm

V balok = p x l x t

V balok = 25 x 8 x 4

V balok = 800 cm3

Soal Luas Permukaan Balok dan Cara Mengerjakannya

1. Sebuah akuarium berbentuk balok dengan panjang, lebar, dan tinggi berturut-turut sebesar 90 cm, 60 cm dan 70 cm. Tentukan luas permukaan akuarium tersebut!

Penyelesaian

DIketahui

Panjang = 90 cm

Lebar = 60 cm

Tinggi = 70 cm

Luas Permukaan = 2 ((p x l )+ (l x t) + (t x p))

Luas Permukaan = 2 ((90x60) + (60x70) + (70x90)) cm2

Luas Permukaan = 2 (5400+4200+6300) cm2

Luas Permukaan =2 x 15.900 cm2

Luas Permukaan =31.800 cm2

itulah rangkuman materi tentang balok yang meliputi pengertian, unsur, sifat, volume, dan luas permukaan. Kami juga menyertakan contoh soal latihan beserta cara mengerjakannya guna mempermudah pemahaman tentang rumus balok. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Volume dan Luas Permukaan Balok Lengkap Soal Latihan"