Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemdikbud di Belajar.id

Cara membuat atau mendapatkan kemudian mengaktifkan akun pembelajaran Kemdikbud bisa menjadi langkah tepat untuk bias mengakses Akun Pembelajaran di www.belajar.id. Dengan memiliki dan mengaktifkan akun tersebut maka akan mempermudah bagi semua pihak untuk mendapatkan fasilitas dari kemdikbud.

Akun pembelajaran secara resmi di rilisoleh Kemdikbud beberapa hari lalu sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan dan mendukung kegiatan belajar di rumah di masa pendemi saat ini. 

Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemdikbud di Belajar.id

Adapun Akun Pembelajaran adalah salah satu program pemerintah dalam mengembangkan digitalisasi pendidikan dalam memberikan pelayanan dan kemudahan kepada semua pihak dalam melakukan pembelajaran. Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang bisa diakses oleh semua pelaku pendidikan mulai dari peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. 

Tentunya dengan beberapa fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan nantinya peserta didik lebih mudah belajar  sekalipun dalam masa pandemi atau yang saat ini tengah terjadi yaitu Belajar di rumah. Adapun beberapa pihak yang bisa mengakses Akun Pembeajaran adalah sebagai berikut

1. Pendidik semua jenjang baik sekolah dasar dan menengah

2. Tenaga Kependidikan atau Operator sekolah dan Kepala Sekolah 

3. Peserta didik SD, SDLB dan Paket A kelas 5 dan kelas 6

4. Peserta didik SMP, SMPLB dan paket B semua tingkatan yakni kelas 7, 8, dan 9.

5. Peserta didik SMA/SMK, SMALB dan paket C semua tingkatan kelas yakni dari 10, 11, dan 12.

Melihat dari banyaknya cakupan tingkatan pendidikan, maka bisa dipastikan nantinya akun pembelajaran akan memuat banyak fasilitas yang sangat membantu terhadap pembelajaraFasilitas-fasilitas tersebut Meliputi. 

1. Akses belajar milik google seperti Google Classroom, Hangout, Slides, Sheet , Drive dan lainnya

2. Akses akun belajar Kemdikbud yaitu Rumah Belajar

3. Akses Akun belajar melalui Quiz dan latihan soal seperti quizizz, Quipper, Tes Blendspace dan sebagainya

3. Akses Akun Belajar Virtual Seperti Zoom 

4. Akses situs-situs belajar lainnya seperti ruang guru, Zenius, Khan Academy,Bahaso, Pahamify, Pintaria, RealSmart dan website belajar lainnya.

Fasilitas-fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan dalam kegiatan pembelajaran di tengah pandemi saat ini. Sehingga peserta didik ataupun guru tidak akan kehabisa materi atau metode belajar karena banyaknya bahan ajar yang akan diberikan.

Adapun untuk memiliki akun Pembelajaran ini sangatlah mudah. Hanya melakukan lima taha penting, maka sekolah ataupun siswa sudah bisa mengakses kemudahan dan fasilitas tersebut di atas. Adaun cara untuk membuat atau mendapatkan akun dan mengaktifkan akun pembelajar bisa melalui langkah di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran Untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Siswa

1. Sekolah melalui OPS atau Operatorsekolah masuk ke laman data.kemdikbud.go.id

2. Masuk melalui akun sdm kemdikbud.

3. Kemudian pilih “Unduh AKun”, maka nantinya akan mendapatkan semua akn yang berhak mengakses akun pembelajaran. Adapun akun-akun tersebut terunduh atau terdownload dalam format CSV yang sudah terdapat akun beserta pasworsdnya.

4. Sekolah mendistribusikan atau membagikan akun-akun tersebut kepada pihak yang berhak akses baik guru ataupun peserta didik

5. Adapun Cara mengaktifkan Akun Pembelajaran tersebut yaitu pengguna baik guru ataupun peserta didik dan kepala sekolah melakukan login ke laman google dengan menggunakan user ID dan password Akun Pembelajaran.

6. Pengguna wajib menyetujui persyaratan dan aturan penggunaan.

7. Untuk lebih aman, pengguna bisa mengganti password akun pembelajaran.

Itulah cara mendapatkan serta cara mengaktifkan akun pembelajaran kemdikbud melalui belajar.id. Akun ini nantinya sangat bermanfaat dan memiliki banyak keutamaan. Beberapa manfaat dari akun pembelajaran adalah

-  Bisa mengakses SUREL atau Surat Elektronik (Email) karena sudah terkoneksi dengan google mail.

-  Memiliki kapasitas penyimpanan dokumen yang cukup besar

-  Bisa mengelola adminitrasi pembelajaran secara elektronik

-  Bisa membuat jadwal dan melakukan pembelajaran secara daring.

Demikian cara memiliki akun pembelajaran dan mengaktifkannya. Setelah aktif, silahkan lakukan aktivitas dan manfaatkan akun tersebut dengan baik. Tentunya demi kelancaran proses belajar mengajar secara daring. Ketentuan tentang akun  pembelajaran ini sudah berdasarkan Paparan dan Surat Edaran Sesjen

Paparan Sesjen tentang Peluncuran Akun Pembelajaran 

SE Sesjen Nomor 37 tahun 2020 

Salinan Persesjen Nomor 18 Tahun 2020

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun Pembelajaran Kemdikbud di Belajar.id"