Rangkuman Materi Bangun Ruang Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Bangun ruang merupakan salah satu materi geometri yang diajarkan sejak sekolah dasar. Oleh karena pada artikel kali ini kami akan menyajikan materi bangun ruang mulai dari pengertian, ciri-ciri, unsur, volume, dan luas permukaan. 

Bangun ruang sendiri memiliki banyak bentuk. Materi ini juga sudah mulai dikenalkan sejak kelas 1 SD. Contoh materi pengenalan bangun ruang pada kelas awal yaitu siswa mencari bangun yang menyerupai balok, kubus, atau tabung. 

Rangkuman Materi Bangun Ruang Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Materi ini tidak hanya membuktikan bahwa bangun ruang ada di sekitar kita, namun juga menjadi pengenalan materi yang akan dipelajari di tingkatan berikutnya. Sehingga nantinya siswa tidak bingung atau masih ragu dalam menentukan apakah termasuk bangun datar atau bangun ruang.

Puncak materi bangun ruang ada pada kelas 5 SD. Materi ini diajarkan di semester 2. Dan materi ini juga menjadi materi yang termasuk dalam materi wajib yang diujikan pada saat UN atau UASBN. Nah berikut rangkuman materi bangun ruang sd kelas 5 semester 2.

Pengertian dan unsur  Bangun Ruang

Bangun ruang adalah bangun 3 dimensi yang dalam koordinat cartesius terdiri dari sumbu x, sumbu y, dan sumbu z. Bangun ruang memiliki ruang yang dibatas oleh bidang-bidang. Ruang dalam bangun ini bisa diisi oleh objek, sehingga bangun ruang bisa diukur muatan isinya atau volumenya. Adapun Ciri-ciri dan unsur bangun ruang sebagai berikut

1. Memiliki volume, luas permukaan dan  jaring-jaring. Bangun ruang juga disusun dari 3 unsur yakni panjang, lebarm dan tinggi

2. Volume Bangun ruang adalah banyaknya objek untuk mengisi ruang dari bangun ini, adapun  satuan bangun ruang adalah liter, sedangkan apabila menggunakan satuan panjang maka ditambah kubiik atau pangkat tiga.

3. Luas Permukaan bangun ruang adalah luas bidang seluruh permukaan bangun ruang. Luas permukaan dari suatu bangun ruang juga bisa dihitung melalui luas jaring-jaring bangun ruang tersebut.

4. Jaring-jaring bangun ruang adalah bangun dua dimensi untuk menutup seluruh bangun ruang. Jaring-jaring ini apabila dilipat atau disusun akan membentuk bangun ruang.

Artikel terkait: Materi Bangun Ruang Kelas 6 SD Semester 2 K13

Itulah pengertian dan unsur bangun ruang. Bangun ruang sendiri terdiri dari beberapa macam bentuk. Namun untuk sekolah dasar hanya akan dipelajari beberapa bangun ruang beserta volume dan luas permukaannya. Berikut bangun ruang dan rumus-rumusnya.

Jenis dan Macam-macam Bangun Ruang

1. Kubus

Kubus adalah bangun ruang yang terbentuk dari bangun persegi yang kongruen. Banyak bangun persegi penyusun kubus adalah 6 bidang. 

Kubus memiliki 6 sisi persegi yang sama besar, 8 titik sudut dan 12 rusuk. Volume Kubus dan Luas Permukaan Kubus bisa dihitung dengan menggunakan rumus pada gambar berikut.

rumus kubus

Dari gambar di atas dapat diketahui bahwa volume kubus merupakan hasil perkalian rusuk-rusuknya sebanyak 3 kali. Sehingga untuk mencari panjang sisi atau rusuk menggunakan akar pangkat tiga dari volume kubus.

Artkel Lengkap: Volume dan Luas Permukaan Kubus plus Soal Latihan

2. Balok

Balok merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh 6 buah segi empat dan minimal ada sepasang segi empat berbentuk persegi panjang. Dalam balok, terdapat 3 pasang sisi yang kongruen. Sisi-sisi kongruen tersebut sejajar.

Hampir sama dengan kubus, balok memiliki 6 sisi berbentuk segi empat, 8 titik sudut, dan 12 rusuk. Perbedaan antara kubus dan balok adalah jika kubus semua sisinya berbentuk persegi, namun balok semau sisinya minimal sepasang berbentuk persegi panjang. 

Sebagai bangun ruang, balok juga memiliki volume dan luas permukaan. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali benda di sekitar yang menyerupai balok. Jadi materi ini akan mudah diaplikasikan karena contoh balok mudah ditemui. Sehingga untuk mencari volume dan luas permukaan akan menjadi lebih mudah.

rumus balok

Dari gambar di atas dapat ketahui bahwa balok disusun atas 3 pasang rusuk yang disebut panjang, lebar, dan tinggi. Sehingga rumus mencari volume balok adalah panjang dikalikan lebar dan dikalikan tinggi. Adapun untuk luas permukaan dan ciri balok kami sajikan khusus pada tautan di bawah ini.

Artikel Lengkap: Volume dan Luas Permukaan Balok plus Soal Latihan 

3. Tabung

Tabung adalah salah satu bangun ruang yang memiliki atap dan alas berbentuk lingkaran. Tabung tidak memiliki titik sudut. Tabung juga hanya si susun oleh 3 bangun datar yakni dua buah lingkaran dan satu persegi atau persegi panjang.

Seperti halnya bangun prisma lainnya, cara mencari volume tabung adalah luas alas dikalikan tinggi. Dikarenakan alas berbentuk lingkaran, maka sangat penting bagi siswa juga harus mengetahui cara mencari luas lingkaran. Atau bisa langsung disimak pada gambar di bawah ini.

rumus tabung

Dari table luas di atas, diketahui bebrapa rumus penting dari tabung. Mulai dari rumus volume, rumus luas permukaan, hingga rumus mencari jari-jari dan tinggi tabung. 

Artikel Lengkap: Volume dan Luas Permukaan Tabung Plus Soal Latihan

Itulah rangkuman materi bangun ruang beserta beberapa macam bangun ruang. Bangun-bangun ruang tersebut kami juga sajikan khusus setiap bangunnya agar penyampaian dan penjelasan lebih detil. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Materi Bangun Ruang Kelas 5 SD Kurikulum 2013"