Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal PTS/UTS Matematika kelas 5 semester 2 Krikulum 2013 akan kami sajikan di halaman ini beserta kisi-kisi dan kunci jawabannya. Soal-soal ini bisa menjadi bahan rujukan dan persiapan menghadapi PTS bagi guru ataupun siswa.

Soal-soal UTS Matematika kelas V SD yang akan kami sajikan sudah sesuai dengan materi pelajaran yang ada di buku. Seperti yang diketahui, untuk materi kelas 5 semester 2 hanya terdiri dari materi bangun ruang dan statistika. 

Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Adapun yang akan diujikan pada penilaian PTS nanti adalah materi bangun ruang saja. Berdasarkan KD terbaru sebenarnya hanya akan mempelajari tentang jarring-jaring balok dan kubus.

Akan tetapi tidak sedikit guru yang mengembangkan pengetahuan dan memperluas materi bangun ruang. Dari yang hanya sebatas jarring-jaring ditambah materi dasar seperti ciri balok dan kubus, syarat bangun tersebut disebut balok dan kubus, bagian-bagian balok dan kubus.

Tidak hanya itu, beberapa guru juga banyak yang mengembangkan materi dengan menyisipkan tentang Volume dan luas permukaan balok dan kubus. Dengan catatan, memahami materi ini tidak sekedar memberikan informasi dan pengetahuan saja. Akan tetapi juga akan menyiapkan kompetensi untuk jenjang yang lebih tinggi di kelas 6 atau nantinya di SMP.

Hal ini dilakukan karena apabila hanya membahas tentang jaring-jaring balok dan kubus maka waktu yang dibutuhkan sangat singkat. Sedangkan jika berdasarkan struktur kurikulum dan kalender Pendidikan, jatah materi bangun ruang saja mencapai beberapa minggu.

Adapun untuk soal-soal yang akan kami sajikan merupakan soal yang sudah melalui tahap mengembangan dan perluasan materi. Sehingga guru bisa saja mengurangi dan mengedit soal yang kami sajikan tersebut kemudian disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah. 

Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 5 Semester 2 K13

Soal UTS Matematika Kelas 5 K13 Bangun Ruang Pilihan Ganda

1. Perharikan bangun di bawah ini untuk soal nomor 1 dan 2.

gambar soal balok

Pada bangun di atas rusuk yang panjangnya sama dengan rusuk AE adalah … .

a. AB

b. BC

c. GC

d. HE

Jawaban: C 

Penjelasan: rusuk yang sejajar pada balok panjangnya sama. Adapun rusuk yang sejajar dengan AE adalah GC


2. Rusuk yang sejajar dengan rusuk FB adalah … .

a. AB

b. CD

c. HE

d. HD

Jawaban: HD (rusuk sejajar sudah sangat jelas)


3. Bangun kubus memiliki sisi berbentuk … .

a. persegi

b. persegi Panjang

c. segitiga

d. layang-layang

Jawaban: A (Persegi)

Penjelasan: Kubus adalah bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi


4. Edo ingin membuat kubus dari bahan kawat. Jika Panjang rusuk kubus yang akan dibuat 20 cm. berapakah kawat yang dibutuhkan edo dalam membuat kubus?

a. 400 cm

b. 240 cm

c. 120 cm

d. 80 cm

Jawaban B (240)

Penjelasan: Jumlah rusuk kubus ada 12. Cara menghitung Panjang semua rusuk adalah Panjang rusuk dikali 12. Jadi 20x12 = 240 cm


5. Ayah Siti membuat akuarium berbentuk balok. Setiap pertemuan antar sisi diberi hiasan lampu termasuk bagian alas dan atap. Jika akuarium tersebut memiliki Panjang 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 30 cm, berapakah Panjang lampu hias yang dibutuhkan. 

a. 130 cm

b. 240 cm

c. 360 cm

d. 480 cm

Jawaban : D (480 cm)

Penjelasan: pertemuan semua sisi termasuk atap dan alas merupakan semua rusuk balok. Cara menghitung Panjang rusuk keseluruhan adalah: 4 x (p+l+t)

Panjang lampu hias= 4 (50+40+30)

Panjang lampu hias= 4 x 130

Panjang lampu hias = 480 cm


Soal Isian UTS Matematika Kelas 5 Bangun Ruang 

1.  Kubus merupakan bangun ruang yang dibentuk dari bangun …. (persegi)

2. Kubus memiliki … titik sudut (8)

3. Cara menghitung panjang rusuk kubus adalah … (12 x sisi)

4. Balok memiliki … pasang sisi yang kongruen (3)

5. Balok memiliki … pasang rusuk kongruen (3)

Artikel Terkait: Rangkuman Materi Bangun Ruang Kelas 5 Semester 2 K13

Itulah contoh soal PTS Semester 2 Matematika bab Bangun Ruang kelas 5 SD Kurikulum 2013. Soal-soal tersebut hanyalah Sebagian dari soal yang akan kami sajikan. Untuk lebih lengkapnya tentang Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 2 bisa di untuh di bawah ini.

Download Kisi-kisi dan Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 2 

Kisi-kisi Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 2 K13 – Download Di Sini

Soal PTS/UTS Matematika Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawaban – Download Di Sini

Itulah link download soal PTS Kelas 5 SD Matematika beserta kunci jawaban lengkap dengan kisi-kisinya yang Admin Sekolah sajikan. Semoga soal-soal ini bisa bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013"