Rangkuman Materi Bangun Ruang Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

Rangkuman materi matematika kelas 6 SD bab Bangun Ruang akan kami sajikan khusus pada postingan kali ini. Materi ini menjadi materi matematika pembuka semester 2  untuk kelas 6 SD.

Materi bangun ruang kelas 6 sejatinya menjadi materi final atau materi puncak geometri untuk sekolah dasar. Seperti yang diketahui, sejak kelas 1 materi geometri sudah mulai dikenalkan mulai dari bangun datar ataupun bangun ruang.

Untuk bangun ruang sendiri dibagi menjadi dua sesi yakni untuk kelas 5 dan kelas 6. Materi bangun runag kelas 5 hanya tentang kubus dan balok. Namun untuk kelas 6, materi ini sudah lebih komplite dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan kelasnya.

Rangkuman Materi Bangun Ruang Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

Beberapa bangun ruang yang akan dipelajari di kelas 6 adalah Prisma, Tabung, Limas, Kerucut, dan Bola. Dari bangun ruang tersebut yang akan dibahas dan dipelajari adalah pengertian dari bangun datar tersebut, volume dan luas permukaan.

Tentunya bangun ruang yang akan dibahas kali ini cukup membutuhkan pemahaman lebih. Pasalnya bangun materi penyanggahnya atau materi dasarnya merupakan materi yang cukup rumit yaitu pecahan, dan lingkaran. Bahkan dari kelas awal sudah mulai dipelajari walaupun berupa perkenalan. 

Tidak hanya itu, di bangku SMP pun materi ini masih akan dipelajari. Oleh karena itu sangat penting untuk mempelajari materi ini secara konsep tidak sekedar hafal rumus dan sebagainya. Berikut rangkuman materi matematika bangun ruang Kelas 6.

Materi Bangun Ruang kelas 6 SD Semester 2  k13

1. Prisma

Prisma merupakan salah satu bangun ruang yang bentuk alas dan atapnya sama. Bangun atap dan alas bangun ruang ini merupakan bangun datar segi banyak yang kongruen. 

Prisma sendiri memiliki banyak macam mulai dari prisma tegak segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, prisma segi enam dan semuanya. 

gambar prisma


Secara umum, cara menghitung volume prisma yaitu dengan luas alas kali tinggi. Namun karena bentuk alas yang beragam sehingga membutuhkan kemampuan tentang luas bangun datar segi banyak. Adapun untuk materi tetang Prisma lebih lengkap bisa disimak di:

Materi terkait: Materi dan Rumus Volume Prisma lengkap Soal Latihan

2. Tabung

Tabung merupakan salah satu prisma dengan alas dan atap berbentuk lingkaran. Karena termasuk prisma atau sering disebut juga prima lingkaran, Tabung memiliki rumus umum volume yang sama.

Bentuk tabung sendiri banyak dijumlai di sekitar kita. Mulai dari kaleng susu hingga tempat kue. Namun jika dipahami lebih dalam, tabung termasuk bangun yang sederhana. 

Hal ini dapat diketahui dari jaring-jaring tabung yang hanya terdiri dari dua buah lingkaran dan satu segi empat. Dengan begitu luar permukaan bangun ini sangat mudah untuk dipahami dan dicari.

Untuk lebih mudah memahami Tabung mulai dari pengertian tabung, ciri-ciri tabung, luas permukaan tabung, volume tabung, soal latihan dan kunci jawaban bisa disimak di bawah ini.

Materi Tabung: Pengertian, Rumus Volume dan Luas Permukaan Tabung

3. Limas

Limas merupakan salah satu bangun ruang dengan bentuk atapnya berupa titik pusat. Limas sendiri pada dasarnya hampir sama dengan prisma yaitu alasnya terdiri dari beberapa bangun datar segi banyak.

Perbedaan limas dan prisma adalah terletak pada bagian atas atau atapnya. Prima memiliki atap yang sama dan kongruen dengan alas, sedangkan limas atapnya berupa titip. 



gambar limas

Semua sisi tegak pada limas berpusat pada titik atas atau yang disebut titik pusat. Hal inilah yang menjadikan bangun ini memiliki sisi tegak berentuk segitiga semua. Itulah perbedaan yang paling jelas antara limas dan prisma. 

Pada bangun ruang limas terdapat dua buah yaitu tinggi bangun limas dan tinggi segitiga pada sisi tegak atau selimut. Untuk memahami lebih detil tentang limas lengkap dengan soal latihan seputar limas bisa langsung di cek di bawah ini.

Materi Limas: Pengertian, Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas

4. Kerucut

Kerucut merupakan bangun ruang istimewa. Bangun ruang ini tidak memiliki atap seperti limas. Namun selimut bangun ini berupa kurva atau lebih tepatnya juring lingkaran. Sepintas bangun ini mirip limas namun ada beberapa hal yang membedakan keduanya. 

Perbedaan limas dan kerucut adalah terletak pada alasnya. Limas memiliki alas berbentuk segi banyak. Sedangkan kerucut alasnya berbentuk lingkaran. Limas memiliki selimut berbentuk segitiga, sedangkan kerucut selimutnya berbentuk juring.

gambar benda seperti kerucut

Selain perbedaan, keduanya juga memiliki kesamaan yaitu pada puncak bangun atau pusat bangun. Kedua bangun ruang ini tidak memiliki atap namun memiliki titik pusat. Sehingga semua sisi tegak atau selimut akan mengarah pada satu titik. 

Materi Kerucut: Pengertian, Rumus Volume dan Luas Permukaan Kerucut

5. Bola

Bola merupakan bangun ruang paling istimewa. Bangun ruang ini tidak memiliki rusuk dan titik sudut. Selain itu titik pusat bangun ini terletak di bagian dalam bangun ini. Tidak seperti bangun ruang lainnya, bola justri tidak punya alas ataupun atap.

Selain itu bola juga tidak mempunyai rusuk dan titik sudut. Sehingga bangun ini dikenal dengan bangun yang istimewa. 

gambar bola

Kendati begitu, Bola juga memiliki hubungan dengan kerucut dalam hal volume. Jika kerucut pecahannya 1/3 sedangkan bola 4/3. Dengan kata lain, 1 bola bisa sama dengan 4 kerucut. 

Materi bola akan kami sajikan lengkap bersama dengan soal latihan dan penyelesaiannya di bawah ini. 

Materi Bola: Pengertian, Rumus Volume dan Luas Permukaan Bola

Itulah rangkuman materi matematika kelas 6 SD bab Bangun Ruang. Setiap bangun ruang sudah kami sajikan secara khusus. Sehingga tinggal memilih materi bangun ruang yang mana yang akan dipelajari lebih lengkap. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Materi Bangun Ruang Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013"