Materi Volume dan Luas Permukaan Limas Lengkap Soal Latihan

Materi Matematika Volume dan Luas Permukaan Limas merupakan materi yang akan kami sajikan melengkapi materi-materi sebelumnya. Materi Limas merupakan materi bangun ruang kelas 6 SD semester 2 Kurikulum 2013.

Bangun ruang merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah dasar. Materi ini juga menjadi materi kelanjutan dari materi sebelum sebelumnya. Dengan kata lain, kompleksitas materi bangun ruang akan ditutup dengan bangun ruang seperti limas, kerucut dan sebagainya.

Materi Volume dan Lua Permukaan Limas Lengkap Soal Latihan

Bangun ruang limas termasuk materi yang cukup rumit dan susah dimengerti. Pasalnya bangun ruang ini memiliki bentuk dan macam yang beragam. Sehingga walaupun ada rumus yang bisa dihafal untuk mempermudah mengatasi persoalan seputar limas, namun tetap saja butuh pemahaman lebih lanjut seputar bangun datar segi banyak.

Hal ini dikarenakan Limas memiliki bentuk alas yang bermacam-macam. Bahkan tidak terbatas model dan ketentuan alas dari limas ini. Untuk memahami lebih lengkap seputar pengertian limas, macam-macanya, rumus, dan soal latihan langsung saja simak di bawah ini.

Pengertian Ciri-ciri, Unsur-unsur, dan macam-macam limas

Pengertian Limas

Limas Merupakan salah satu bangun ruang yang dibatasi oleh alas dan sii tegak. Limas tidak memiliki atap seperti prisma. Sisi tegak limas juga tidak tegak lurus dengan alas. Semua sisi tegak bertumpu pada satu tutuk puncak limas. 

Ciri-ciri Limas

- Limas memiliki alas berbentuk segi banyak

- Limas tidak memiliki atap

- Sisi tegak limas berbentuk segitiga

- Semua sisi tegak limas bertumpu pada satu titik puncak

Unsur-Unsur Limas

- Memiliki alas segi banyak

- Memiliki titik puncak

- Memiliki Jumlah sisi tegak sama dengan banyak sisi alas

- Memiliki jumlah rusuk banyaknya dua kali sisi alas

- Memiliki titik sudut sebanyak jumlah sisi tambah 1

Macam-macam dan jaring-jaring Limas

Limas memiliki banyak jenis sesuai dengan bentuk bidang alasnya. Beberapa jenis limas yang sering ditemui untuk kelas sekolah dasar diantanya:

- Limas Segi tiga

- Limas Segi empat

- Lima Segi Lima

- Limas Segi enam, dan sebagainya

Itulah pengertian, unsur, ciri, dan macam-macam limas. Untuk lebih mudah memahami, contoh macam-macam limas bisa dilihat gambar di bawah ini.

gambar macam macam limas dan jaring jaring limas

Itulah gambar limas beserta jaring-jaring limas. Jaring-jaring limas adalah bangun datar yang apabila disusun menjadi bangun tiga dimensi akan membentuk bangun limas. 

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas

Untuk Rumus limas, terdapat rumus umum yang bisa digunakan untuk menyelesaikan soal-soal limas. Berikut rumus-rumus limas.

Rumus Luas Permukaan Lumas = Luas Alas + Luas Selimut

Pada rumus di atas, luas alas tergantung bentuk alasnya, jika alasnya berbentuk segitiga maka luas alasnya menggunakan luas segitiga. Begitu juga jika alasnya berbentuk segi empat, maka menggunakan luas segiempat. Adapun untuk luas selimut merupakan luas segitita karena selimut limas berbentuk segitiga.

Rumus Volume Limas = 1/3 x luas alas x tinggi

Dalam rumus tersebut, tinggi bukanlah tinggi segitiga pada selimut. Tetapi menggunakan tinggi bangun limas yaitu jarak antara alas dengan puncak alas. Untuk lebih mudah bisa langsung praktikkan dengan contoh soal di bawah ini.

Soal Latihan Limas dan Penyelesaian

1. Bidang tegak limas berbentuk … .(segitiga)

2. Banyak rusuk limas segi lima adalah … .(10)

3. Banyak titik sudut limas segi empat adalah … .(5)

4. Sebuah limas dengan alas berbentuk persegi memiliki panjang rusuk alas 8 cm. Limas tersebut memiliki tinggi selimut berukuran 5 cm. jika tinggi limas tersebut 3 cm, hitunglah Luas Permukaan dan Volume Limas!

Diketahui: 

Panjang sisi alas = 8 cm

Tinggi selimut = 5 cm

Tinggi Limas = 3 cm

Luas Alas = sisi x sisi (berbentuk persegi)

Luas Alas = 8 x 8 

Luas Alas = 64 cm2

Luas Selimut = ½ alas x tinggi selimut

Luas Selimut = ½ 8 x 5

Luas Selimut = 20 cm2

Luas Permukaan Limas = Luas alas + 4 Luas Selimut (limas segi empat)

Luas Permukaan Limas = 64 + 4 x 20

Luas Permukaan Limas = 64 + 80

Luas Permukaan Limas = 124 cm2

Volume Limas = 1/3 Luas alas x tinggi limas

Volume Limas = 1/3 x 64 x 3

Volume Limas = 64 cm3

Materi Terkait: Materi Matematika Luas dan Volume Prisma 

Itu;lah rangkuman materi tentang limas yang meiputi pengertian, unsur, macam-macam, jaring-jaring, rumus, hingga soal latihan dan penyelesaiannya. Silahkan dicoba soal lain karena matematika merupakan pelajaran yang harus banyak latihan. Jadi ini bukanlah satu-satunya sumber belajar. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Volume dan Luas Permukaan Limas Lengkap Soal Latihan"