Rangkuman Matematika Materi Bangun Datar Kelas 4 Semester 2 K13

Rangkuman materi matematika bangun datar kelas 4 SD semester 2 kurikulum 2013 akan kami sajikan khusus di postingan kali ini. Adapun beberapa rangkuman yang akan kami sajikan diantaranya pengertian, Macam-macam, rumus luas dan keliling dari persegi, persegi panjang, dan segitiga.

Bangun datar sendiri merupakan materi pembuka semester 2 kelas 4. Pada materi ini peserta didik atau siswa dijelaskan lebih rinci mengenai materi bangun datar. Sehingga nantinya akan mempermudah peserta didik dalam memahami materi berikutnya.

Rangkuman Materi Matematika Bangun Datar Kelas 4 Semester 2 K13

Pada bab bangun datar kali ini, materi yang pertama kali diajarkan adalah bangun segi banyak. Tentang ini dipelajari mengenai pengertian, hingga macam-macamnya. 

Tujuan mempelajari bangun segi banyak baik yang beraturan maupun tidak beratuan untuk menanamkan konsep dasar seputar bangun datar. Konsep datar yang dimaksud meliputi pemahaman tentang bangun datar, keliling, dan luas. 

Materi Bangun Segi Banyak 

Pengertian Bangun Segi banyak

Bangun segi banyak adalah bangun datar tertutup yang dibatasi oleh ruas garis. Ada yang perlu diperhatikan dari pengertian  bangun segi banyak tersebut. Syarat sebuah bangun datar disebut sebagai bangun datar sisi banya terdiri dar duahal. 

Pertama adalah bangun datar tertutup, artinya semua sisi berhubungan dan terbuka. Ibaratkan sebuah wadah, jika ada yang terbuka maka akan terjadi kebocoran. Syarat kedua adalah pembatasnya merupakan ruas garis, bukan berupa lengkung atau curva.

Berdasarkan ruas penyusunnya, bangun sisi banyak dibedakan menjadi dua, yaitu bangun sisi banyak beraturan dan tidak beraturan. 

Bangun Sisi Banyak Beraturan

Bangun sisi banyak beraturan adalah sebuah bangun datar yang memiliki sisi-sisi sama panjang dan sudut-sudutnya sama besar. Beberapa contoh bangun sisi banyak beraturan seperti persegi, segilima beraturan, dan sebagainya. Adapun cara mencari keliling segi banyak beraturan adalah panjang sisi dikali jumlah sisi. 

Rumus Keliling Bangun Segi Banyak = n x sisi

Bangun Sisi Banyak Tidak Beraturan

Bangun Sisi Banyak Tidak Beraturan adalah bangun datar yang tidak dibatasi oleh sisi-sisi  sama panjang. Artinya sisi-sisi pembatas atau pembentuknya tidak panjangnya tidak sama. Sehingga sudut yang dihasilkan juga tidak sama. Cara menghitng keliling yaitu dengan cara menjumlahkan semua sisi.

Itulah beberapa hal tentang bangun sisi banyak. Selain tentang bangun sisi banyak, materi tentang bangun datar Matematika kelas 4 SD juga mencakup materi lain seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga seperti yang dijabarkan di bawah ini.

Materi Bangun Datar Persegi

Materi Bangun datar persegi merupakan materi materika kelas 4 SD mengenai geometri. Materi ini membahas tentang pengertian, ciri-ciri, unsur, sifat, simetri putar, simetri lipat, dan tentunya tidak lupa juga luas dan keliling. 

Seperti bangun segi banyak lainnya, keliling persegi pada dasarnya adalah jumlah semua sisi. Namun karena keempat sisinya sama, maka untuk keliling cukup dikalikan empat. Atau bisa di cek rumus di bawah ini.

Keliling Persegi = 4 x sisi

Begitu juga untuk luas, Untuk luas bangun yang memiliki panjang dan lebar maka sejatinya adalah panjang kali lebar. Namun karena persegi memiliki panjang yang sama dengan lebar, maka untuk luas tinggal dikalikan seperti rumus di bawah ini.

Luas Persegi = sisi x sisi

Itulah materi seputar bangun datar persegi yang meliputi keliling, luas, dan sebagainya. Untuk materi lebih detil seputar persegi dan contoh soal persegi bisa di cek di bawah ini.

Artikel terkait: Rumus Persegi dan Contoh Soal Latihan

Materi Bangun Datar Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan bangun datar yang dibatasi oleh dua sisi sejajar yang sama panjang. Sisi sejajar yang lebih panjang disebut panjang, sedangkan sisi yang leih pendek disebut lebar. Keliling dari persegi panjang bisa menggunakan rumus di bawah ini

Keliling Persegi panjang = 2 x (panjang + lebar) 

Untuk luas persegi panjang merupakan perkalian antara panjang dan lebar atau bisa di simak rumus di  bawah ini.

Luas Persegi Panjang = panjang x lebar

Untuk materi persegi panjang lebih lengkap dan detil seperti pengertian, ciri-ciri, unsur, luar, keliling dan contoh soal persegi panjang bisa langsung di cek di bawah ini.

persegi panjang

Wajib Baca: Rumus Keliling dan Luas Persegi panjang dan soal latihan

Materi Bangun Datar Segitiga

Segitiga merupakan salah satu bangun datar dengan banyak keistimewaan dan keunikan. Segitiga memiliki banyak macamnya. Begitu juga dengan setiap penyelesaian soal yang berhubungan dengan segitiga. Oleh karena itu, materi lengkap segitiga, mulai dari pengertian, jenis, contoh, macam-macam, luas, keliling, dan contoh soal-soal segitiga bisa cek di bawah ini. 

Baca Juga: Rumus Kuas dan keliling Segitiga serta Soal Latihan

Itulah rangkuman materi tentang bangun datar Kelas 4 SD Kurikulum 2013 semester 2. Materi materi ini hanyalah bagian kecil dari banyak sumber belajar yang harus dijelajahi setiap siswa. Tetap semangat dan rajin belajar. 

Artkel Terkait: Soal PTS Matematika Kelas 4 Semester 2 K13


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Matematika Materi Bangun Datar Kelas 4 Semester 2 K13"