Kumpulan Permasalahan Seputar SIM PKB dan Cara Penyelesaiannya

Kumpulan persamalahan seputar SIM PKB beserta solusi penyelesaiannya akan kami sajikan pada postingan kali ini. SimPKB merupakan sistem khusus yang disiapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru.

Seperti yang diketahui, SIM PKB merupakan kependekan dari Sistem Informasi manajemen Pengembangan keprofesian Berkelanjutan. Sistem ini memang diperuntukkan untuk pengembangan kualitas guru.

Kumpulan Permasalahan Seputar SIM PKB dan Cara Penyelesaiannya

Setiap guru yang terdapat di dapodik memiliki hak untuk mengakses sim PKB. Namun ada beberapa Langkah atau persyarata yang harus dilakukan untuk bisa memiliki akun SIM PKB. Nantinya akun SIM PKB akan sangat bermanfaat bagi guru tersebut. 

Hal ini dikarenakan Akun Sim PKB merupakan akun khusus untuk semua program kegiatan pengembangan dan peningkatan kompetensi serta kualitas guru. Seperti pelatihan atau program terbaru yaitu Program Guru Belajar. 

Walaupun begitu besar dan pentingnya peranan SIM PKB ternyata masih banyak permasalahan yang terjadi di lapangan. Untuk itu kami sajikan beberapa permasalahan seputar SimPKB beserta solusinya. 

Kumpulan Solusi Permasalahan Seputar SIM PKB 

Cara Mengetahui No UKG

No UKG dan SimPKB merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Nomor UKG adalah salah satu persyaratan untuk memiliki akun SIM PKB. Adapun jika lupa atau tidak tahu nomor UKG bisa diketahui dengan Langkah di bawah ini.

1. Kunjungi web resmi layanan SIM PKB di  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

2. Klik pada tulisan “Pencaharian Data GTK”

3. Setelah di laman pencarian data, isi kolom-kolom yang harus diisi seperti Nama, Provinsi, dan kota

4. Klik Cari GTK, tunggu sampai load penharian selesai

5. Jika memang punya No UKG maka akan tampil.

Itulah cara mengetahui nomor UKG yang bisa dicoba. Mudah sekali dan tidak butuh waktu banyak. 

cara daftar akun sim pkb

Cara Daftar SIM PKB

Cim PKB merupakan akun penting sebagai program peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan. Jika sudah punya No UKG namun belum punya SIM PKB maka bisa dilakukan cara registrasi Sim PKB sebagai berikut:

1. Kunjungi web resmi layanan SIM PKB di  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

2. Klik pada Registrasi Akun

3. Setelah di laman registrasi/pendaftaran Sim PKB maka isilah nomor UKG beserta tanggal lahir.

4. Isi Capcha, biasanya Cuma klik centang saya bukan robot

5. pilih Resgister

6. Selamat anda sudah berhasil mendaftar / memiliki SIM PKB 

Itulah cara memiliki akun SimPKB, Langkah tersebut juga bisa digunakan untuk mendaftar atau registrasi Akun Sim PKB

Cara Mengecek dan Mengatasi Akun SimPKB Ganda

Akun SIM PKB sering terjadi. Walaupun persentasinya kecil, namun cukup menimbulkan kekhawatiran bagi Guru. Adapun untuk mengecek akun SimPKB ganda atau tidak serta cara mengatasi akun SIM PKB Ganda bisa mengikuti Langkah sebagai berikut:

1. Kunjungi web resmi layanan SIM PKB di  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

2. Pilihlah Pencarian Data

3. Setelah di laman pencarian data, masukkan nama dan alamat (provinsi, kabupaten/kota)

4. Klik Pilih Cari GTK

5. Jika ditemukan hasil pencarian akun ganda maka lakukan klaim dengan cara masuk ke media pelaporan yang terdapat pada laman tersebut.

6. Pilihlah salah satu akun SimPKB yang sering digunakan dan pilihlah yang masih aktif terkoneksi dengan dapodik. 

Itulah cara cek akun sim PKB Ganda atau tidak. Jika ganda maka bisa melakukan klaim dengan cara di atas.

Cara Agar Akun SimPKB terkoneksi ke Dapodik

Langkah-langkah agar simPKB terkoneksi dapodik. Tips ini sangat penting bagi akun SIM PKB yang belum terkoneksi di dapodik. Langkah awal yang perlu diperhatikan adalah pastikan Dapodik suda singkron. Langkah berikutnya bisa cek di bawah ini.

1. Kunjungi laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/ptk

2. Jika ganda, maka laporkan kepada operator DInas Pendidikan/Kota/Provinsi yang bertanggung jawab terhadap Lembaga Bapak/iBu

3. Operator Dinas Pendidikan Kota atau Provinsi melanjutkan laporan kepada Tim Pengembang SIM PKB pusat sesuai dengan format yang sudah ditentukan

4. Lakukan singkronisasi dapodik kemudian tunggu minimal 2x24 jam. Karena proses singkronisasi data membutuhkan waktu tersebut. 

5. Lakukan pengecekan secara berkala setelah waktu yang ditetapkan. Jika sudah terkoneksi dapodik akan ada keterangan tertulis di laman SIM PKB.

Cara Mengatasi Akun SIM PKB Lupa Pasword dan Cara reset Pasword SimPKB

Lupa password merupakan hal yang wajar. Banyaknya akaun elektronik baik sosial media dan lainnya membuat kita sering lipa password. 

Nah, nika lupa password akun SIM PKB maka Langkah yang harus dilakukan adalah lapor kepada ketua GUGUS/KKG/MGMP sesuai dengan komunitas yang menauingi. Langkah cepat juga bisa langsung melapor kepada DInas Pendidikan Kabupaten/Kota khususnya ke bagian penanggung jawab PKB.

Mintalah reset password dan minta Bukti Cetak AKun SIM PKB. Biasanya paswrod baru akan muncul di bukti cetak akun. 

Cara Mengatasi kesalahan Data pada Akun SIM PKB

Kesalahan data yang sering terjadi di Akun SIM PKB diantaranya:

- Kesalahan Nama

- Kesalahan Tempat Tanggal Lahir

- Kesalahan jenis Kelamin

- Perubahan data sekolah (Satmikal)

Dari beberapa kesalahan data tersebut dan menghendaki untuk dirubah, maka solusinya adalah dengan melaporkan kepada operator SIM PKB Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Jika sudah melalukan laporan maka pastikan Dapodik juga disingkron. Tunggu paling cepat 2x24 jam setelah singkron Dapodik. Lakukan pengecekan secara berkala jangan lupa berterima kasih kepada Operator sekolah dan dinas Pendidikan karena sudah menjaga data bapak/Ibu.

Itulah Beberapa Permasalahan tentang SIM PKB dan solusinya yang adminSekolah sampaikan. Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Permasalahan Seputar SIM PKB dan Cara Penyelesaiannya"