Kumpulan Soal Tes PPPK Guru Honorer dan Penjelasannya

Kumpulan soal tes P3K untuk guru honorer dan jawabannya akan kami sajikan secara gratis pada postingan kali ini. Soal tes ini merupakan soal latihan dalam menghadapi ujian PPPK tahun 2021.

Pemerintah akan menyelengarakan ujian tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja sebagai pengganti tes CPNS yang kabarnya tidak akan ada untuk guru. Ujian Tes P3K ini sekaligus menjadi angina segar kepada para guru honorer yang sudah banyak mengabdi dalam waktu yang tidak sebentar.

Kumpulan Soal Tes PPPK Guru Honorer dan Kunci Jawabannya

Bukan sekedar wacana, rekruitmen P3K juga sudah disetujui oleh beberapa kementerian seperti Menteri Keuangan, Menpan RB dan lembaga pemerintah yang berwenang. Bahkan sudah diwujudkan dalam  peraturan BKN no 18 tahun 2020 tentang Perubahan Petunjuk Teknis Pengadaan P3K.

Dalam pelaksanaan Tes PPPK 2021 ini, sistem rekruitmennya berbeda dengan tes CPNS seperti biasa. Karena pada tes kali ini tidak ada soal kompetensi dasar atau SKD. Akan tetapi langsung soal SKB atau soal tes kompetensi Bidang.

Nilai Ambang Batas Seleksi PPPK Guru TK, SD, SMP, SMA 2021

Apabila tes P3K guru maka soal-soal tidak jauh berbeda dengan soal yang berhubungan dengan kompetensi guru. Kompetensi ini juga terdiri dari beberapa macam, seperti tes Pedagogik, tes manajerial, tes bakat, dan sebagainya. Berikut contoh model soal Tes Kompetensi Teknik Guru.

Contoh Soal Tes PPPK Kompetensi teknik Guru dan Penjelasan

1. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obyek peserta didik ….

a. Afektif

b. Kognitif

c. Psikomotorik

d. Emotif

e. Sensitif

Jawaban: A

Dalam taksnomi bloom kemampuan peserta didik dibagi menjadi 3 bagian yaitu Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Kognitif adalah kemampuan berfikir,  logika, dll. Afektif tentang sikap, emosi, dan perasaan peserta didik. Sedangkan pskomotorik adalah gerakan, keterampilan jasmani, keterampilan motoric, dan sebagainya.

Dari taksonomi Bloom di atas, maka jawaban untuk nomor 1 adalah A yaitu Afektif. Karena objek penilaian pada aspek emosi, sikap, dan sebagainya.

2. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut ….

a. Kompetensi Dasar

b. Standar Kompetensi

c. Indikator

d. Kompetensi Lulusan

e. Kecakapan Hidup

Jawaban B

Dalam sebuah proses pembelajara hendaknya berpedoman pada beberapa hal seperti Standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator. Setiap guru harus benar-benar memahami apa yang menjadi tujuan utama dalam sebuah proses pembelajaran.

Standar kompetensi adalah kerangka dasar program pembelajaran atau dengan kata lain, kemampuan yang harus dikuasi oleh peserta didik sesuai dengan mata pelajaran dan jenjang kelas. Sedangkan kompetensi dasar adalah kemampuan minimal yang harus dikuasi oleh peserta didik dalam standrt kompetensi. Jadi jawaban soal tersebut adalah B.

3. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ….

a. Mendorong peserta didik untuk membuat keputusan sendiri

b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan

c. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan

d. Memasukan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya

e. Menjadi Fasilitator dalam proses pembelajaran

Jawaban B

Sikap memberi balikan dan pengayaan merupakan sikap tambahan yang boleh dilakukan guru apabila kompetensi dasar sudah tercapai. Sedangkan sikap utama yang harus dimiliki oleh peserta didik agar pembelajaaran berjalan efektif maka harus memiliki di atas kecuali options B.

Artikel Terkait: Persyaratan Seleksi P3K 2021

4. Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan ….

a. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

b. Standar Batasan Minimum Kelulusan

c. Ambang Batas Minimum Lulus

d. Nilai Ketuntasan Minimal

e. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Jawaban E

Baca  Juga: Jadwal Pendaftaran dan Tes CPNS dan PPPK Guru dan Non Guru 2021

Beberapa kriteria yang dijadikan sebagai acuran dan pedoman dalam menentukan capaian minimal adalah KKM. KKM adalah kriteria yang dibuat oleh sekolah dengan memperhatikan beberapa unsur. Seperti sarana dan prasarana, kemampuan peserta didik, dan tingkat kesulitan materi. 

Tiga hal itulah yang menjadi tolak ukur sekolah menciptakan standart minimal yang harus dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. 

Itulah contoh soal P3K Kompetensi teknik guru. Soal-soal tersebut sebenarnya merupakan soal yang sering teradi dan banyak ditemui kasusnya di sekolah. Namun bukan berarti nantinya akan bisa menjawab dengan mudah. Tentu membutuhkan proses belajar dan persiapan dalam menghadapi tes PPPK tahun 2021. Beberapa soal lain dan model lain kami sajikan di bawah ini.

Soal Latihan Tes PPPK guru Honorer 2021 dan Penjelasannya

Download Soal Tes P3K Kompetensi Pedagogik Umum  - Unduh Disini

Download Soal Tes P3K Kemampuan Manajerial  - Unduh Disini

Download Soal Tes P3K Integritass dan Sosiokultural - Unduh Disini

Donwload Soal Tes PPPK Kompetensi Teknik Guru – Unduh Disini

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru SD - Unduh Disini   

Itulah link download soal latihan atau simulasi persiapan tes P3K tahun 2021. Silahkan bisa langsung diunduh dan kemudian diprint atau bisa juga langsung dibaca dan dipelajari online via Google Drive. Selamat mencoba, semoga kita semua menjadi bagian dari pegawai pemerintah dalam mengabdikan diri pada bangsa dan Negara khususnya di bidang pendidikan. Semoga Sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Soal Tes PPPK Guru Honorer dan Penjelasannya"