Soal kelas 5 Tema 6 Semester 2 K13 dan Kunci Jawaban

Soal Kelas 5 SD Tema 6 Semester 2 Kurikulum 2013 dan kunci jawaban akan kami sajikan di halaman ini. Soal ini sebagai salah satu bahan belajar dan persiapan menghadapi PH dan PTS.

Bank soal kelas 5 tema 6 semetser 2 ini merupakan kumpulan soal mulai dari subtema 1, subtema 2, dan subtema 3. Sedangkan untuk muatan diesuaikan dengan kompetensi dasar dan kompetensi Inti tema 6.

Soal Kelas 5 SD Tema 6 Semester 2 Kurikulum 2013 dan kunci jawaban

Seperti yang sudah terdapat dalam judul buku tema 6 yaitu tentang Kalor dan perpindahannya, muatan tema 6 didominasi oleh materi IPA tentang kalor. Namun muatan lain juga turut serta dalam materi tersebut.

Secara garis besar, kelas 5 tema 6 untuk muatan PKn membahas tentang menghargai, memahami, menunjukkan, dan menjelaskan Hak dan kewajiban. Materi Bahasa Indonesia tentang Teks Eksplanasi mulai dari meringkas hingga memahami teks penjelasan atau teks ekplanasi.

Materi IPA kelas 5 tema 6 membahas tentang Kalor dan perpindahannya. Materi tersebut juga mencakup benda-benda konduktor dan isolator serta semua hal tentang kalor.

Untuk IPS materinya tentang Menganalisis kemudian menyajikan hasil analisis tentang bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya dan pengaruhnya. Materi SBdP membahas tentang tangga nada dan menyanyikan lagu dengan berbagai tangga nada.

Itulah materi-materi kelas 5 tema 6 secara umum. Tentunya materi-materi tersebut sudah pernah dipelajari di sekolah. Materi-materi tersebut kemudian diturunkan menjadi soal-soal untuk mengetahui kemampuan siswa selama proses pembelajaran.

Tentunya contoh soal yang akan AdminSekolah sajikan berdasarkan dimulai dari level tingkat pemahaman sederhana hingga rumit. Sehingga ada tingkata kesulitan dalam soal-soal tersebut. Berikut contoh soal tema 6 kelas 5 semester 2.

Soal Latihan kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 dan Penjelasan

1. Siti adalah siswa kelas 5 SD. Kewajiban Siti sebagai pelajar adalah … .

a. mengikuti pelajaran

b. disayang teman

c. mengerjakan tugas sekolah

d. membersihkan halaman rumah

Kunci jawaban : C

2. Berikut ini yang merupakan hak sebagai warga negara adalah … .

a. membayar pajak

b. berkumpul dan berorganisasi

c. mematuhi peraturan pemerintah 

d. menjaga keamanan dan ketertiban sekitar

Kunci jawaban : B

3.  Bacalah teks di bawah ini

Benda-benda konduktor dan isolator banyak terdapat disekitar kita. Contoh benda konduktor seperti sensok, paku, kaca, besi, dan sebagainya. Sedangkan benda isolator meliputi karet, kain, kayu, batu, dan beberapa perlengkapan lainnya. Selain itu benda isolator dan konduktor juga banyak ditemukan dlaam satu benda seperti wajan dengan pegangannya yang terbuat dari plastic, setrika, obeng, panci, dan lainnya,

Isi paragraph di atas adalah … .

a. benda konduktor dan isolator sekitar kita

b. benda konduktor di dapur

c. benda semi konduktor 

d. pengertian benda konduktor dan isolator 

Kunci jawaban : A

4. Panas matahari bisa kita rasakan karena mengalami … 

a. konduksi

b. radiasi

c. konvensi

d. adaptasi

Kunci jawaban : B

5. Manfaat dinding kaca dalam termos adalah … .

a. mencegah penguapan

b. memanaskan air dalam termos

c. memindahkan panas dari dalam termos keluar

d. memantulkan panas dalam termos

Kunci jawaban : D

6. Masalah sosial yang sering terjadi akibat warga buang sampah sembarangan adalah … .

a. Kebakaran Hutan

b. Sunami

c. Banjir

d. Longsor

Kunci jawaban : C

Itulah contoh soal PH/PTS Tema 6 kelas 5 SD kurikulum 2013. Contoh soal tersebut kami sajikan sebanyak 50 soal dengan mencakup semua muatan mulai dari PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Sehingga sangat cocok untuk bahan Latihan  PH atau Penilaian harian. Adapun untuk soal lebih lengkap beserta kunci jawaban bisa langsung diunduh di bawah ini.

Bank Soal kelas 5 Tema 6 Semester 2 K13 dan Kunci Jawaban 

Download Soal Tema 6 Kelas 5 SD K13 – Unduh Disini

Itulah link download soal kelas 5 tema 6 K13 model pilihan ganda dan isian yang AdminSekolah sajikan. Cara downloadnya juga sangatlah mudah, tinggal klik tulisan Unduh DIsini. Selamat mencoba dan salam prestasi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal kelas 5 Tema 6 Semester 2 K13 dan Kunci Jawaban "