Materi Volume dan Luas Permukaan Bola Lengkap Soal Latihan

Materi Volume dan Luas Permukaan bola menjadi materi matematika kelas 6 semester 2 kurikulum 2013 yang akan kami bahas pada postingan kali ini. Materi Bola ini akan kami sajikan besertasoal latihan dan penyelesaiannya.

Bola merupakan materi bangun ruang yang tergolong sulit untuk kalangan siwa SD. Butuh beberapa kemampuan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal tentang bola. Salah satu yang paling penting adalah pemahaman konsep tentang lingkaran. 

Materi Volume dan Luas Permukaan Bola Lengkap Soal Latihan

Lingkaran merupakan materi yang komplek. Karena di dalamnya sudah mencakup pemahaman tentang pecahan, perkalian, hingga pangkat dua. Dalam konsep dasar tentang bola, juga mencakup tentang lingkaran. Sehingga sangat penting kepada siwa untuk belajar materi lingkaran dengan baik sebelum beranjak ke mateir tentang bola. 

Pada rangkuman materi tentang bola kali ini, kami akan menyampaikan beberapa hal. DIantaranya yaitu pengertian bola, ciri dan unsur bola, rumus volume dan rumus luas permukaan bola, dan tentunya akan ditutup dengan soal latihan dan penyelesaian.

Pengertian, sifat-sifat, dan unsur bola

Pengertian bola

Secara contoh benda mungkin kita semua sudah tahu bentuk bola. Sedangkan secara teori, pengertian bola adalah salahs atu bangun ruang yang hanya memiliki satu sisi berbentuk kurva atau lengkungan yang memiliki jarak yang sama dengan titik pusat.

Sifat dan Unsur Bola

Bola merupakan bangun ruang yang unik. Pasalnya bola tidak memiliki atap ataupun alas seperti prisma ataupun limas atau bangun ruang lainnya. Bola juga tidak memiliki rusuk dan titik sudut. Hal inilah yang menjadikan bola termasuk bangun ruang istimewa. Adapun beberapa sifat ataupun unsur bola adalah sebagai berikut.

- Bola hanya terdiri dari 1 sisi berbentuk kurva

- Bola tidak memiliki titik sudut

- Bola tidak memiliki alas ataupun atap

- Bola memiliki titik pusat

- Jarak titik pusat dengan sisi bola adalah sama dan disebut sebagai jari-jari bola.

gambar bola

Itulah pengertian dan sifat bangun ruang bola. Materi berikutnya adalah rumus volume dan luas permukaan bola. Adapun rumus tersebut bisa langsung disimak di bawah ini.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Bola

Bola merupakan bangun ruang istimewa. Bola sendiri memiliki hubungan dengan krucut. Hal ini diketahui dari luas volume keduanya. Jika kerucut hanyalah 1/3 sedangkan bola rumusnya 4/3. 

Materi lain: Rumus dan Luas Permukaan Kerucut

Adapun untuk rumus seputar bola bisa disimak di bawah ini.

rumus volume dan luar permukaan bola

Itulah rumus bola beserta trunan rumusnya. Untuk lebih mudah memahami rumus tersebut alangkah baiknya jika langsung dipraktikkan pada soal latihan di bawah ini.

Soal latihan Bola dan Kunci Jawaban 

1. Berapa titik sudut bangun bola? (tidak ada)

2. Berapa jumlah rusuk bola? (tidak ada)

3. Sebuah bola diketahui memiliki jari-jari sebesar 14 cm. hitunglah luas permukaan dan volume bola!

Penyelesaian:

Diketahui r = 14 cm

Luar permukaan bola = 4 x π x r x r

Luar permukaan bola = 4 x 22/7 x 14 x 14

Luar permukaan bola = 2464 cm2

Volume bola = 4/3 x π x r x r x r

Volume bola = 4/3 x 22/7 x 14 x 14 x 14

Volume bola = 11.498,67 cm3

Itulah rangkuman materi singkat tentang bola. Rangkuman materi yang meliputi pengertian, ciri, luar permukaan, volume, dan soal latihan tentang bola. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Volume dan Luas Permukaan Bola Lengkap Soal Latihan"