Cara Mencairkan Bantuan BSU Kemdikbud untuk Guru Non PNS

Bantuan BSU Kemdikbud untuk Guru Non PNS sudah bisa diakses dan dicairkan. Beberapa kelengkapan berkas harus disiapkan calon penerima bantuan BSU yang sudah mendapatkan pemberitahuan di info GTK. 

Seperti yang diketahui, melalui live streaming yang dilakukan pihak Kemdikbud Bersama Menkeu, Menteri BUMN dan pejabat lain pemangku kepentingan menyatakan bahwa pemerintah akan memberikan Bantuan Subsidi Upah kepada Pendidik dan tenaga Kependidikan.

Cara Mencairkan Bantuan BSU Kemdikbud untuk Guru Non PNS

Setiap guru Non PNS akan mendapatkan bantuan BSU apabila masuk dalam kriteria yang ditentukan oleh Kemdikbud. Beberapa kriteria diantaranya adalah guru tersebut masuk dalam Dapodik, mendapatkan penghasilan kurang dari 5 juta rupiah perbulan, dan tentunya belum pernah mendapatkan subsudu atau bantuan lain dari pemerintah.

Apabila guru tersebut sudah masuk dalam kriteria, maka Langkah selanjutnya melakukan pengecekan di web info GTK. Cara mengecek apakah mendapatkan bantuan BSU atau tidak bisa mengikuti Langkah di bawah ini:

Cara Melihat Penerima Bantuan BSU Kemdikbud 

Apabila dalam info GTK tersebut termasuk dalam calon penerima bantuan BSU, maka Langkah selanjutnya adalah menyiapkan pemberkasan untuk dibawa ke bank. Adapun cara mencairkannya bisa disimak di bawah ini.

Cara dan Prosedur Pencairan Dana Bantuan BSU Kemdikbud

1. Akses laman info GTK kemudian login GTK 

2. Masukkan email dan password sesuai Dapodik

3. Setelah login akan muncul informasi bahwa anda berhak mendapatkan BSU

4. print out SK penerima BSU dan SPTJM yang terdapat di Info GTK

5. Siapkan berkas lain seperti KTP (foto kopi dan asli), Kartu Keluarga dan  NPWP (jika ada)

6. Bawalah berkas yang di print out dr info GTK (SK dan SPTJM) beserta berkas lain (KTP dan NPWP) ke bank 

7. Di bank nanti semua berkas akan diperiksa dan rekening bantuan akan segera diaktifkan untuk menerima bantuan.

8. Batas aktivasi rekening Bank sampai Juni 2021. 

Itulah prosedur dan cara pencairan dana bantuan BSU Kemdikbud. Beberapa berkas mungkin akan sangat mudah di dapat. Namun untuk akses info GTK diharapkan di jam-jam yang sedikit orang mengakses atau sesuai dengan jadwal akses info GTK sesua zona yang sudah ditetapkan. Sehingga nantinya bisa unduh dan print SK dan Surat Pertanggung Jawaban Mutlak penerima BSU. Untuk cara download dan print SPTJM bisa disimak di bawah ini.

Cara Download dan Print SPTJM bantuan BSU

1. Masuk ke info GTK kemudian login dengan akun GTK kemudian maukkan email seperti biasa

2. Apabila ada tulisan selamat anda penerima BSU, maka selanjutnya adalah klik disini (warna orange)

3. Di Bagian bawah terdapat syarat pencairan, point 3A terdapat syarat mengenai SPTJM, di bagian akhir terdapat tulisan “Klik Untuk Mencetak SPTJM” (warna Orange)

4. Klik lalu cetak

5. Jangan lupa sertakan materai dan tanda tangani

Demikian cara pencairan Bantuan BSU dan cara cetak SPTJM yang bisa Admin Sekolah Sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share untuk berbagi informasi kepada yang lain. Semoga bermanfaat. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencairkan Bantuan BSU Kemdikbud untuk Guru Non PNS"