Cara Mengisi Essay Guru Penggerak Angkatan 5 yang Harus Dipahami

Cara mengisi essay Guru penggerak Angkatan 5 bisa dijadikan informasi penting dalam mendaftar Guru Penggerak. Tentunya cara ini bertujuan agar proses pendaftaran berjalan lancar dan bisa lolos menjadi Guru Penggerak.

Pendaftaran Guru Penggerak angkatan 5 memasuki waktu terakhir. Tidak sedikit para guru yang mendaftar sebagai Calon Guru Penggerak Angkatan V. Bahkan beberapa diantaranya sudah berhasil menyelesaikan semua tahapan pendaftaran Guru Penggerak.

Diantara tahapan pendaftaran Guru penggerak yang paling menyita waktu lama dan banyak yang mengaku kesulitan adalah pada saat pengisian Essay. Menjawab Essay adalah tahapan terakhir pendaftaran Guru Penggerak.

Cara Mengisi Essay Guru Penggerak Angkatan 5

Tahapan Pertama adalah pengisian data diri atau Curriculum Vitae (CV). Pengisian data diri ini berisi informasi pengenai identitas, riwayat pelatihan, riwayat menjadi mengisi pelatihan, riwayat organisasi, dan mengunduh dokumen dukungan dari kepala sekolah, dan sebagainya.

Sedangkan untuk tahap kedua adalah tahap pengisian Essay. Dalam tahap ini calon peserta Guru Penggerak akan disajikan beberapa pertanyaan kemudian diminta untuk menjawab sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang pernah dialami.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengisi essai calon guru penggerak (CGP) angkatan 5. Berikut beberapa poin yang harus dipalami agar bisa lolos seleksi Guru Penggerak angkatan 5.

Cara Menjawab Essay Guru Penggerak

Dalam mengisi dan menjawab Essay Seleksi Calon Guru Penggerak perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Jawab dengan Jumlah Minimal Karakter

Dalam essay seleksi Guru Penggerak perlu diperhatikan catatan penting di bawah kolom pertanyaan yaitu mengenai jumlah minimal dan maksimal karakter jawaban. Jika jumlah minimal 500 karakter maka hendaknya menjawab dengan karakter minimal 500 tetapi untuk mendapatkan poin maksimal jawablah dengan jumlah di atas minimal karakter tetapi tidak sampai maksimal karakter.

2. Jawaban Tidak Bertele-tele

Walaupun ada ketentuan jumlah karakter minimal dan maksimal, tetapi tidak berarti harus bertele-tele dan terlalu berputar-putar. Jawablah langsung pada topik pertanyaan.

3. Pahami Soal Dengan Teliti

Pahami soal dengan teliti dan seksama agar jawaban yang diberikan tidak terlalu melenceng jauh dengan soal. Jangan sampai pertanyaannya ke barat malah jawaban ke timur.

4. Pakailah Bahasa yang Baik dan Benar

Dalam menjawab Essay Guru Penggerak hendaknya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Agar jawaban yang disampaikan mudah dipahami dan tentunya sebagai pendidik harus menggunakan Bahasa yang baik tetapi tidak kaku.

5. Jawablah dengan Logis dan Kritis

Dalam menjawab pertanyaan hendaknya harus logis atau masuk akal. Jangan sampai jawabannya terkesan mengada-ngada atau mengarang.

6. Pastikan Soal Terjawab

Pastikan semua soal terjawab sesuai dengan kriteri di atas. Adapun untuk soal-soal opsional alangkah baiknya di jawab. Soal-soal opsional bisa memberikan poin tambahan bagi peserta Calon Guru Penggerak.

Download Modul Guru Penggerak Lengkap

Demikian informasi seputar cara mengisi Essay Guru Penggerak angkatan 5. Dapatkan informasi terbaru seputar Guru Penggerak dan Pendidikan lainnya hanya AdminSekolah.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengisi Essay Guru Penggerak Angkatan 5 yang Harus Dipahami"