Contoh SK Satgas Covid Tingkat Sekolah Dasar dan Pembagian Tugasnya

Contoh SK Satgas Covid tingkat sekolah dasar dan pembagian tugasnya yang akan kami sajikan bisa menjadi bahan dalam membuat SK untuk tingkat satuan Pendidikan di sekolah lain.

Satgas Covid tingkat satuan Pendidikan merupakan salah satu tim yang memiliki tugas khusus pencegahan penularan Covid 19 di tingkat sekolah. Satgas ini dibentuk oleh sekolah guna mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM.

Contoh SK Satgas Covid Tingkat Sekolah Dasar dan Pembagian Tugasnya

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri yaitu Mendikbudristek, Menteri Agama, Menteri Dalam negeri, dan Menteri Kesehatan tentang panduan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi disebutkan bahwa sekolah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka jika sudah memenuhi persyaratan.

Beberapa persyaratan dalam pembelajaran tatap muka adalah adanya protocol Kesehatan yang ketat dilingkungan sekolah. Sekolah harus menyiapkan sarana dan prasarana Kesehatan pencegahan covid19.

Sarana tersebut meliputi tempat cuci tangan dengan air mengalir, atau bisa juga menggunakan handsatinizer, menggunakan masker, dibentuknya Satgas Covid Sekolah, dan mendapat ijin dari dinas Pendidikan setempat, komite sekolah serta orang tua wali peserta didik. Untuk contoh surat pernyataan orang tua belajar tatap muka bisa disimak di bawah ini.

Contoh Surat Pernyataan tatap Muka

Surat pernyaaan di atas menjadi salah satu pelengkap persyaratan lain yang harus dipenuhi sekolah dalam melaksanakan Pembelajaran tatap muka. Syarat lain yang harus dilengkapi adalah sekolah atau satuan Pendidikan harus membentuk tim Satgas Pencegahan dan penularan Covid di sekolah.

Satgas ini terdiri dari beberapa elemen atau stackholder di sekolah. Mulai dari unsur dinas Pendidikan, Pihak Kesehatan yang dalam hal ini bisa diisi oleh tim dari rumah sakit  atau bisa juga puskesmas terdekat, komite sekolah, dan unsur dari sekolah sendiri.

Baca Juga: Panduan Penyelenggaraan pendidikan di Masa Pandemi

Untuk unsur dari sekolah yang memegang peranan terpenting adalah SeTim UKS dan guru Olahraga. Selain itu untuk guru lain baik dari pendidik dan tenaga kependidikan bisa menjabat sebagai anggota atau seksi yang sudah ditetapkan. Untuk lebih lengkapnya mengenai Contoh SK Satgas Covid Tingkat Sekolah Dasar bisa disimak di bawah ini.

Contoh SK Tim Satgas Covid di Sekolah Dasar

Contoh SK Tim Satgas Covid tingkat SD yang akan kami sajikan tidak hanya berupa struktur organisasi tetapi juga terdapat pembagian tugas yang terdapat dalam SK tersebut. Sehingga nantinya Ketika SK tersebut dibagikan tim Satgas sudah mengetahui tugas dan fungsi masing-masing.

Salah satu tugas dari Satgas Covid adalah memantau dan memastikan peserta didik dari awal masuk sampai pulang sekolah menggunakan protocol Kesehatan yang lengkap. Seperti halnya di depan pintu sudah disiapkan alat pengkur suhu. Siswa yang memiliki suhu di atas 37 derajat tidak diisjinkan masuk walaupun sudah memiliki surat ijin dari orang tua.

Selain itu tim Satgas beserta guru lainnya terus mengkapanyekan dan mengupayakan peserta didik selalu mengenakan masker, menjaga jarak, dan selalu cuci tangan. Beberapa tugas lain dijelaskan secara rinci di SK Tim Satgas Covid tingkat satuan Pendidikan berikut.

Contoh SK Satgas Covid di Sekolah Dasar – DOWNLOAD DISINI

Itulah contoh SK Satgas Covid tingkat sekolah doc yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Perlu diketahui bahwa contoh sk tersebut sudah berbentuk word atau doc untuk mempermudah dalam mengedit sesuai dengan kondisi di sekolah.

Satu hal yang penting sekali dalam pembentukan dan kerja Satgas covid di sekolah adalah butuh kerja sama dengan tim Kesehatan di sekitar seperti dinas Kesehatan, rumah sakit,  Puskesmas atau klinik Kesehatan yang terdekat dengan sekolah.

Demikian informasi mengenai contoh SK pembentukan Tim Covid di sekolah yang kami sajikan. Simak terus informasi Pendidikan lainnya di AdminSekolah.com untuk mendapatkan info seputar Pendidikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh SK Satgas Covid Tingkat Sekolah Dasar dan Pembagian Tugasnya"