Kumpulan Lomba 17 Agustus di Masa Pandemi Untuk PAUD, TK, dan SD

Kumpulan Lomba 17 Agustus di Masa Pandemi untuk pelajar PAUD, TK, dan SD bisa dijadikan ide kreatif untuk tetap menyemarakkan HUT RI ke 76 tahun 2021 ini.

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini berbeda dengan biasanya. Saat ini Indonesia tengah mengalami pandemi wabah Covid di saat Ulang Tahun kemerdekaan. Suasana yang seharusnya meriah karena banyaknya kegiatan terpaksa harus berkurang.

Jangankan untuk sekedar merayakan atau menyemarakkan dengan aneka kegiatan yang mengembirakan, beberapa rutinitas pun saat ini menjadi terbatas. Interaksi langsung dengan orang lain tidak bebas seperti biasanya.

Salah satu kegiatan rutin tahunan yang terkena dampak wabah Pandemi adalah lomba-lomba Agustusan. Lomba-lomba yang biasanya selalu meriah dan ramai saat ini menjadi terbatas. Tidak semua lomba yang biasanya diadakan pada tahun-tahun bisa dilakukan saat ini.

Namun bukan berarti upaya memeriahkan dan menyerakkan menjadi redup. Semangat kemerdekaan tetaplah harus menyala. Beberapa lomba harus tetap terlaksana meskipun pandemi dan PPKM belum usai.

Kumpulan Lomba 17 Agustus di Masa Pandemi Untuk PAUD, TK, dan SD

Oleh karena itu AdminSekolah akan memberikan kumpulan ide kreatif contoh lomba 17 Agustus di Masa Pandemi dan PPKM. Lomba-lomba yang akan kami sajikan merupakan lomba 17an antar pelajar yang diselenggarakan di sekolah baik level PAUD, TK, ataupun Sekolah Dasar.

Contoh Lomba 17 Agustus di Masa Pandemi untuk PAUD dan SD ini tidak akan enimbulkan keramaian ataupun kerumuman. Karena lomba yang akan disajikan merupakan lomba 17 secara Visual atau jarak jauh. Berikut lomba-lomba 17 Agustus di masa PPKM yang bisa dilakukan.

Contoh Lomba 17 Agustus di Masa Pandemi dan PPKM

Dalam contoh lomba ini, bisa dilakukan secara daring atau virtual di rumah masing-masing. Walaupun begitu lomba-lomba ini tidak akan mengurangi kemeriahan DIrgahayu kemerdekaan. Sebaliknya bisa menjadi hiburan karena nantinya banyak ide kreatif yang bisa dicoba.

1. Lomba Menyanyi Lagu Kemerdekaan

Lomba menyanyi lagu bernuansa kemerdekaan bisa dijadikan lomba 17an di masa pandemi. Baik dewan juri ataupun peserta tidak perlu bertatapan langsung. Akan tetapi bisa dilakukan melalui Video Call atau rekaman video.

Tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan agar sistem penilaian yang dilakukan lebih fair dan objektif. Seperti penggunaan mic dan aplikasi tambahan. Sehingga nantinya suara yang dikirimkan adalah murni hasil suara dari perserta.

Adapun lagu-lagu yang bernuansa kemerdekaan seperti 17 Agustus, Sorak-sorak bergembira, Indonesia Pusaka, dan sebagainya.

Lomba menyanyi dalam rangka memeriahkan Pandemi ini bisa dilakukan oleh pelajar mulai dari PAUD, TK, SD, bahkan SMP. Untuk menambah kemeriahan peserta diperbolehkan menggunakan asesoris bernuansa kemerdekaan seperti baju merah putih, dan sebagainya.

2. Lomba Bercerita atau Story Telling Bertemakan Kemerdekaan

Lomba ini juga bisa menjadi ide kreatif lomba 17 agustus 2021 saat PPKM atau masa Pandemi. Setiap anak atau peserta bercerita tenpang sosok pahlawan yang berjuang meriah kemerdekaan. Bisa juga bercerrita tentang detik-detik proklamasi.

Proses pelaksanaan lomba disa dilakukan secara virtual melalui video call atau bisa juga menggunakan rekaman video dengan durasi waktu tertentu.

3. Lomba Puisi kemerdekaan

Lomba Puisi kemerdekaan bisa dibagi menjadi 2 lomba yaitu lomba membaca puisi dan lomba membuat puisi. Untuk level PAUD, TK dan SD lomba membaca puisi bisa dilakukan. Tata cara pelaksanaan dan penilaiannya juga hampir sama dengan lomba bercerita dan menyanyi yaitu bisa dilakukan melalui Video Call atau rekaman Video.

Sedangkan untuk lomba membuat puisi bisa dilakukan untuk pelajar tK, SD, SMP bahkan bisa menjadi ide lomba online untuk SMA. Tatacara penilaiannya tentu berbeda dengan membaca puisi. Untuk menghasilkan karya dan penilaian yang benar-benar objektif alangkah baiknya bisa dilakukan secara live atau daring melalui zoom atau google meet.

4. Lomba Membuat Kriya

Lomba membuat kriya untuk Lomba Online 17 Agustus di Sekolah adalah lomba kerajinan tangan dengan bahan bekas dan bertemakan kemerdekaan atau pendemi. Beberapa kriya yang bisa dijadikan bahan seperti membuat masker bertemakan kemerdekaan dan lainnya.

Lomba ini bisa juga melatih keratifitas anak. Namun Dilihat dari tingkat kesulitannya, lomba ini lebih cocok untuk siswa SD kelas atas.

5. Lomba Swafoto atau foto Selfie

Lomba Kemerdekaan di saat pandemi yang bisa dicoba adalah lomba swafoto bertemakan kemerdekaan. Lomba ini menjadi salah satu ide Lomba Online sekolah yang Hemat biaya. Untuk lebih bagusnya pihak penyelenggara menyiapkan bingkai atau twibbon. Nantinya peserta wajib mengirim hasil foto yang sudah dipasang di twibbon.

Kriteria penilaian pada lomba ini adalah kemeriahan, tema foto, dan sebagainya. Lomba ini cocok untuk pelajar PAUD, TK, dan SD.

6. Lomba Foto Model atau Busana

Lomba foto model atau busana bertemakan kemerdekaan juga bisa menjadi ide kreatif dalam rangka memeriahkan DIrgahayu RI ke 76. Lomba foto model ini sekaligus melatih mental seni anak.

Dalam lomba ini juga sekaligus menjadi ajang perlombaan dalam berbusana dengan nuansa merah putih atau kemerdekaan. Lomba ini sangat cocok untuk anak PAUD, TK, SD, bahkan SMP.

7. Lomba Menggambar Tema Kemerdekaan

Lomba Menggambar tema kemerdekaan sejatinya merupakan agenda rutin yang dilakukan sebelum masa pandemi. Biasanya lomba ini dikumpulkan dalam satu tempat atau ruangan. Kemudian diminta menggambar dengan tema kemerdekaan dengan waktu yang ditentukan.

Namun mengingat saat ini masa Pandemi maka lomba menggambar bisa dilakukan di rumah secara virtual. Beberapa ide gambar yang bisa dicoba seperti menggambar upacara bendera, menggambar perjuangan, detik-detik proklamasi, dan sebagainya. Lomba menggambar ini paling cocok untuk pelajar TK dan SD.

8. Lomba Mewarnai Tema kemerdekaan

Seperti halnya lomba menggambar, lomba mewarnai juga menjadi ide lomba 17 Agustusan di masa pandemi atau PPKM yang bisa dicoba. Lomba ini paling pas untuk anak PAUD, TK, dan SD dengan model gambar yang disediakan juga berdasarkan tingkat kesulitannya.

Untuk beberapa gambar mewarnai dengan tema 17 Agustus atau tema kemerdekaan kami juga sudah menyiapkan sebagai bahan dalam lomba. Berikut contoh gambar untuk lomba mewarnai tema kemerdekaan.

Kumpulan Gambar Mewarnai Tema 17 Agustus DirgahayuKemerdekaan RI

9. Lomba Membuat Poster Kemerdekaan

Lomba Tujuh belasan untuk pelajar berikutnya adalah lomba membuat Poster. Lomba ini tidak jauh berbeda dengan lomba menggambar. Yang membedakan adalah muatan gambar yang dihasilkan. Poster selain gambar terdapat kata-kata yang memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Lomba Poster ini juga termasuk ide lomba online sekolah di masa pandemi tema Kemerdekaan. Hasilnya selain memeriahkan kemerdekaan juga melatih kratifitas anak, melatih otak kanan, dan meningkatkan jiwa seni.

10. Lomba Membuat video Kreatif

Ide Lomba Online 17 Agustus tema kemerdekaan yang paling Lucu dan Kreatif adalah membat video. Dalam lomba ini panitia menetapkan jumlah peserta misalnya 2-5 orang kemudian membuat video kreatif dan lucu namun mengandung tema kemerdekaan dan pandemi.

Hasil video bisa diupload di media sosial penyedia video kreator seperti Youtube, Instagram, Tiktok, dan sebagainya. Penilaian nantinya dibagi menjadi dua yaitu juara berdasarkan hasil video dan juara favorit berdasarkan respon masyarakat luas.

Ide lomba 17 Agustus online ini sangat cocok untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Namun untuk siswa TK bisa dicoba dengan menganti konsep seperti membuat Video Makna Kemerdekaan bagi Anak TK/PAUD. Atau bisa juga Lomba Video Anak dan Bunda bertemakan kemerdekaan, Lomba Nanda dan Ayah Bercerita tentang kemerdekaan.

Itulah kumpulan Rekomendasi Lomba 17 Agustus di masa pandemi atau PPKM. Lomba-lomba tersebut bisa juga menjadi ide lomba Online 17 Agustus dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Demikian kumpulan Ide Lomba Online 17 Agustus HUT RI ke 76 yang bisa dicoba dan dilakukan di sekolah. Semoga menjadi Inspirasi Bersama. Tetap semangat dan sehat di masa Pandemi ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Lomba 17 Agustus di Masa Pandemi Untuk PAUD, TK, dan SD"