Download Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru

Download Capaian Pembelajaran atau CP Kurikulum Merdeka lengkap dari PAUD sampai SMA revisi terbaru tahun 2022 akan Admin Sekolah sajikan untuk sobat semua.

Pendidikan di Indonesia terus bermatormofis seiring perkembangan jaman dan tuntutan tantangan masa yang akan datang. Sistem Pendidikan pun mengalami perubahan agar bisa menghasilkan generasi yang mampu menjawab tuntutan jaman.

Dalam upaya untuk memperbarui sistem pendidikan di Indonesia, telah diperkenalkan Kurikulum Merdeka 2022 yang memiliki beberapa perubahan signifikan. Salah satu perubahan tersebut adalah penggunaan istilah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai pengganti Kompetensi Inti (KI) yang sebelumnya dikenal dalam Kurikulum 2013 (Kurtilas).

Download CP Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru

Kurikulum Merdeka ini mengusung pendekatan yang lebih sederhana dalam penerapannya, sehingga selain perubahan istilah, terdapat juga penyesuaian administratif yang perlu dilakukan. Dengan pendekatan ini, guru lebih leluasa mengembangkan potensi murisnya sesuai dengan lingkungan sekitar.

Konsep dan Makna Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) merujuk pada kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase perkembangan. Konsep CP mencakup serangkaian kompetensi dan materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Dalam perencanaan pembelajaran, terdapat tiga manfaat utama yang dapat diperoleh melalui fase-fase Capaian Pembelajaran:

1. Pembelajaran yang Fleksibel

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh adalah pembelajaran yang fleksibel. Terkadang, proses belajar dapat berlangsung dengan kecepatan yang berbeda pada suatu periode tertentu, seperti pada masa pandemi COVID-19. Dalam situasi tersebut, diperlukan waktu yang lebih panjang untuk mempelajari suatu konsep tertentu. Dengan adanya CP, pendidik memiliki fleksibilitas dalam mengatur jadwal pembelajaran yang telah dirancang.

2. Pembelajaran yang Sesuai dengan Kesiapan Peserta Didik

Manfaat selanjutnya adalah pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan peserta didik. Setiap peserta didik memiliki tingkat kompetensi yang berbeda-beda, sedangkan pengelompokan kelas dilakukan berdasarkan usia. Dalam konteks ini, terdapat kemungkinan peserta didik berada di kelas tertentu, namun mempelajari materi yang seharusnya diajarkan pada fase yang lebih awal. Hal ini terkait dengan mekanisme kenaikan kelas. CP memungkinkan adanya penyesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat kesiapan peserta didik.

3. Pengembangan Rencana Pembelajaran yang Kolaboratif

Manfaat ketiga dari fase-fase CP adalah pengembangan rencana pembelajaran yang kolaboratif. Setiap fase CP umumnya melibatkan beberapa kelas, seperti CP Fase D yang berlaku untuk Kelas VII, VIII, dan IX. Saat merencanakan pembelajaran di awal tahun ajaran, guru kelas VIII perlu bekerja sama dengan guru kelas VII untuk mendapatkan informasi mengenai kemajuan pembelajaran peserta didik di kelas VII.

Selanjutnya, guru kelas VIII juga perlu berkolaborasi dengan guru kelas IX untuk menyampaikan informasi mengenai rencana pembelajaran kelas VIII yang akan berakhir pada topik atau materi tertentu. Hal ini memungkinkan guru kelas IX untuk merencanakan pembelajaran berdasarkan informasi tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 2

Dengan diperkenalkannya Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka 2022, paradigma pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Guru tidak lagi menjadi petugas kurikulum, melainkan menjadi inisiator pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

CP memungkinkan adanya fleksibilitas, penyesuaian, dan kolaborasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik bagi peserta didik.

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F

Dalam Kurikulum Merdeka, Capaian Pembelajaran (CP) dirancang untuk mencakup seluruh mata pelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah. CP terdiri dari enam fase, yaitu fase A hingga fase F, yang sesuai dengan pembagian berikut:

Fase A: Kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase B: Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase C: Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A

Fase D: Kelas 7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B

Fase E: Kelas 10 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK

Fase F: Kelas 11-12 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK

Dengan adanya pembagian ini, CP dapat menyelaraskan perkembangan peserta didik dengan materi pembelajaran yang sesuai pada setiap fase pendidikan. Fase A hingga fase C ditujukan untuk peserta didik di tingkat SD/MI/SDLB/Paket A, sedangkan fase D hingga fase F ditujukan untuk peserta didik di tingkat SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/Paket C, serta SMK/MAK.

Baca Juga: Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Semester 2

Kurikulum Merdeka atau Kurmer tidak sekedar memberikan kesempatan belajar pada siswa umum. Akan tetapi juga memberikan perhatian yang lebih luas dan inklusif terhadap semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Melalui CP yang terstruktur dan berjenjang, pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik dan memberikan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka.

Download CP Kurikulum Merdeka Fase A sampai Fase F lengkap

SIlahkan download Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka melalui tautan di bawah ini lengkap sesuai mata pelajarannya.

Download CP Pendidikan Agama Lengkap Revisi - Unduh Disini

Download CP Pendidikan Pancasila Revisi - Unduh Disini

Download CP Bahasa Indonesia Revisi - Unduh Disini

Download CP Matematika Revisi - Unduh Disini

Download CP IPAS SD Revisi - Unduh Disini

Download CP Seni Revisi - Unduh Disini

Downlaod CP PJOK Revisi - Unduh Disini

Download CP Bahasa Inggris Revisi - Unduh Disini

Download Adminitrasi Kelas 4 Kurikulum Merdeka Lengkap

Itulah link download CP Kurikulum Merdeka Fase A, Fase B, Fase C, Fase D, Fase E dan Fase F lengkap. Untuk informasi lengkap bisa simak GNEWS AdminSekolah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Revisi Terbaru"