Asesmen Diagnostik Kognitif Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Contoh Asesmen Diagnostik Kognitif untuk Pendidikan Pancasila kelas 5 Fase C awal Semester 1 Kurikulum Merdeka akan kami sajikan sebagai salah satu referensi rekan guru semua dalam membuat desain asesmen.

Asesmen merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Asesmen sendiri terdiri dari beberapa macam, mulai dari Asesmen sebelum pelaksanaan pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan setelah usai pembelajaran.

Untuk asesmen sebelum pembelajaran dikenal sebagai asesmen diagnostic. Asesmen Diagnostik dibagi menjadi dua yaitu Asesmen Diagnostik Kognitif dan Asesmen Diagnostik Non Kognitif.

Asesmen Diagnostik Kognitif Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Asesmen Diagnostik kognitif berutujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran. Asesmen diagnostik kognitif sebelum pembelajaran dulunya disebut sebagai pretes.

Begitu juga untuk peserta didik kelas 5 SD sangat perlu untuk mengetahui pemahaman dasar peserta didik. Asesmen ini sebagai rujukan guru dalam membentuk kelompok dan untuk pembelajaran deferensiasi nantinya.

Sehingga asupan pembelajaran yang diperoleh peserta didik sesuai dengan kemampuan dan pemahaman dasar yang diperoleh. Tidak dipukul rata antar peserta didik. Alhasil proses pembelajaran benar-benar sesuai dengan pengetahuan dasar atau pengetahuan prasyarat pembelajaran.

Baca Juga: Download Capaian Pembelajaran CP Edisi Revisi Terbaru

Dalam kelas 5 SD, materi Pendidikan Pancasila diawali dengan elemen Pancasila. Sehingga materi yang disajikan nantinya berkenaan dengan Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut contoh Asesmen Diagnostik Kognitif Pendidikan Pancasila kelas 5 SD Kurikulum Merdeka elemen Pancasila. Dengan asesmen ini diharapkan nantinya guru bisa menyimpulkan kemampuan awal peserta didik. Adapun untuk contoh asesmen awal pembelajaran Pendidikan Pancasila bisa di simak di bawah ini

Contoh Asesmen Diagnostik Kognitif Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka

1. Sebutkan bunyi Pancasila!

2. Sebutkan 3 contoh pengamalan Pancasila sila pertama!

3. Sebutkan 3 contoh pengamalan Pancasila sila kedua!

4. Sebutkan 3 contoh pengamalan Pancasila sila ketiga!

5. Udin berteman dengan Beni. Suatu hari Beni ngajak beni bermain, tetapi Beni tidak mau karena ada jadwal ke Gereja, maka langkah udin adalah?

6. Berbagi uang saku kepada teman yang tidak membawa merupakan salah satu pengamalan Pancasila, sila ke…

7. Menghargai teman lain yang sedang beribadah termasuk pengamalan Pancasila, sila ke … .

8. Membantu nenek menyeberang adalah salah satu wujud pengamalan Pancasila, sila ke…

Baca Juga: Administrasi Kelas  4 Fase B Akhir Kurikulum Merdeka

Itulah 8 contoh Asesmen Diagnostik Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD. Dari soal tersebut guru nantinya menentukan poin menjawab. Dari hasil diasnostik ini akan menjadi acuan dalam membentuk kelompok belajar.

Dengan adanya pengelompokan sesuai dengan kemampuan pemahaman dasar dan materi prasyarat maka akan memudahkan guru dalam membuat pembelajaran berdeferensiasi yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik di kelas.

Demikian informasi dari AdminSekolah tentang Contoh Asesmen Diagnostik Kognitif untuk Pendidikan Pancasila kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Download Modul Ajar PJOK Kelas 5 Fase C Akhir Kurikulum Merdeka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asesmen Diagnostik Kognitif Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka"