Soal PAT Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Soal PAT atau UKK Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 bisa diunduh secara gratis di halaman ini. Soal-soal ini disajikan sebagai persiapan baik guru ataupun siswa menghadapi ujian kenaikan kelas.

Penilaian Akhir Tahun atau Akhir semester merupakan penilaian akhir yang diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk evaluasi selama di kelas 5. Penilaian ini dulunya bernama UKK (Ujian Kenaikan kelas) juga dikenal sebagai Ujian Akhir Semester 2 (UAS Semester 2).

Soal PAT Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013

Untuk PAT pelajaran Matematika sesuai dengan KI dan KD terbaru hanya terdapat dua materi utama yaitu bangun ruang dan statistika. Bangun ruang adalah pengenalan bangun ruang, memahami bangun ruang, dan jaring-jaring kubus dan balok. 

Sedangkan untuk materi statistika adalah materi mengenai memahami data dan menyajikan data. Materi ini sejatinya merupakan materi mudah. Karena yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal-soal statistika adalah lietarasi dan pemahaman soal mengenai data.

Artikel Terkait: Materi Penyajian dan Pengumpulan data kelas 5 K13

Adapun soal-soal persiapan dan Latihan PAT Matematika kelas 5 SD akan kami sajikan sesuai dengan materi-materi di atas. Adapun jika terdapat soal yang lebih tinggi itu tak lebih dari pengembangan dari materi yang dipelajari saat ini sebagai persiapan materi dikelas 6 nanti. Berikut contoh soal yang akan kami sajikan.

Contoh Soal Matematika Semester 2 Kelas 5 Kurikulum 2013

1. Siti memiliki sejumlah mainan yang menyerupai bangun ruang. Mainan yang berbentuk kubus adalah … .

a. rubik

b. bola kasti

c. drum band

d. boneka barbie


2. Beni dan Edo bermain ular tangga dengan menggunakan dadu yang akan dilempar untuk mennetukan berapa kali jalan. Berapakah banyak sisi pada dadu tersebut?

a. 4

b. 6

c. 8

d. 12


3. Lani memotong semangka berbentuk dadu. Sedangkan Dayu memotong semangka berbentuk balok. Salah satu perbedaan antara potongan semangka Lani dan Dayu adalah … .

a. Jumlah sisinya

b. Jumlah rusuknya 

c. Panjang sisinya

d. berbentuk segi empat


16. Edo diminta Bu Guru untuk data pekerjaan oran tua siswa kelas 5. Edo bisa menyajikan data dalam bentuk…

a. table

b. poster

c. sketsa

d. denah


17. Sebagai dokter Cilik di sekolah, Siti menghitung tinggi badan kelas 5. Berikut data yang diperoleh Siti.

Tinggi Badan (dalam cm)

Banyak Siswa

149

11

150

6

153

10

155

3

156

5

158

7

Dari data di atas, siswa kelas 5 paling Sedikit berukuran … .

a. 149 cm

b. 153 cm

c. 155 cm

d. 158 cm


18. Beni diminta Guru mendata hobby siswa kelas 5. Langkah pengambilan data yang dilakukan Beni adalah … .

a. pengumuman

b. wawancara langsung

c. mengarang

d. mengisi data dari kelas 1-6


Itulah contoh soal PAT kelas 5 Kurikulum 2013 versi terbaru. Hal ini dikarenakan soal-soal yang kami sajikan menggunakan soal model HOTS atau yang sekarang bernama AKM. Bukan sekedar soal biasa, namun siswa akan diminta untuk berfikir dan menjawab sesuai dengan teks.

Soal-soal tersebut akan kami sajikan dalam bentuk PDF agar lebih mudah untuk dipelajari. Adapun cara downloadnya cukup klik tulisan Download Disini, maka akan langsug diarahkan pada halaman penyimpanan google drive. 

Soal Matematika Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru – Download Disini

Contoh soal dan link download sudah Admin Sekolah sajikan. Untuk reverensi Buku, KI dan KD  bisa diunduh di bawah ini. Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal PAT Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013"