Soal PAT Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013

Soal PAT atau UKK Matematika Kelas 4 SD K13 akan kami sajikan pada postingan kali ini. Soal-soal ini sudah mengacu pada kurikulum terbaru dan tentunya SK dan KD yang juga terbaru.

Matematika kelas 4 semester 2 hanya terdiri dari dua materi pokok yaitu bangun datar dan statistika. Hal ini mengacu pada KI dan KD terbaru yaitu KI dan KD revisi 2018 dan KI KD versi kondisi khusus atau darurat.

Soal PAT Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013

Dalam KI dan KD tersebut, KD 3.4 merupakan materi bangun datary aitu menjelaskan dan menentukan luas dan keliling persegi, persegi Panjang, dan segitiga. Selain itu juga menghubungkan bilangan kuadrat dan akar pangkat dua dengan luas bangun datar.

Sedangkan untuk KD 3.5 dan 3.6 merupakan materi statistika dan ukuran sudut. Untuk statistika, hanya dibahas mengenai membaca data dari diagram. Sedangkan pengukuran sudut tentunya juga dijelaskan mengenai sudut dan tatacara mengukur sudut. 

Materi-materi tersebut sebenarnya sudah kami rangkum dalam postingan lain. Tentunya agar mempermudah siswa dalam belajar dan memahami materi kemudian dilanjurkan dengan mengerjakan soal-soal Latihan.

Baca donk: Rangkuman Materi Bangun Datar Kelas 4 SD

Materi-materi tersebut tentunya akan dijabarkan dalam bentuk soal Latihan UKK kelas 4 semester 2 kurikulum 2013. Soal-soal ini nantinya bisa menjadi referensi bagi guru ataupun peserta didik dalam menyiapkan diri menghadapi PAT.

Contoh Soal Latihan PAT/UKK Matematika Kelas 4 K13 

1. Pada pelajaran olahraga, Pak Guru meminta anak-anak berkeliling lapangan sebanyak 2 kali. Jika lapangan tersebut berbentuk persegi dengan salah satu Panjangnya 10 meter. Berapakah jarak keseluruhan yang ditempuh anak-anak?

a. 20 meter

b. 40 meter

c. 80 meter

d. 100 meter


2. Siti ingin memberi hiasan renda pada tepian taplak meja yang berbentuk persei Panjang. Jika Panjang dan lebar taplak meja adalah 100 cm dan 50 cm, berapakah renda yang dibutuhkan Siti?

a. 150 cm

b. 300 cm

c. 1500 cm

d. 5000 cm


3. Ayah ingin mengecat salah satu bidang dinding kamar Edo dengan warna biru. Jika Panjang dan tinggi dinding Edo 3 meter. Berapakah luas dinding Edo yang di cat?

a. 3 m2

b. 6 cm2

c. 9 cm2

d. 12 cm2


4. Sebelum tahun ajaran baru, SD Suka Belajar mengecat lantai lapangan basket. Jika diketahui lapangan basket SD Suka Belajar memiliki Panjang dan lebar 22 meter dan 13 meter. Berapakah luas daerah yang di cat?

a. 35 m2

b. 70 m2

c. 143 m2

d. 286 m2


5. Dayu dan Lani meletakkan dua buah tingkatnya berdekatan dengan jarak yang sama dari ujung keujung. Tongkat Dayu dan Lani menyerupai garis … .

a. tegak lurus

b. berpotongan

c. bersinggungan

d. sejajar


6. Tiang bendera dengan alas atau bumi membentuk sudut … .

a. Siku-siku

b. lancip

c. tumpul

d. lurus


Itulah contoh soal UKK atau PAT Matematika kelas 4 semester 2 Kurikulum 2013. Contoh soal di atas hanyalah Sebagian dari soal-soal yang akan kami AdminSekolah sajikan. Untuk soal Matematika lebih banyak bisa diunduh pada tautan di bawah ini.

Download Soal PAT/UKK Matematika Kelas 4 K13 Pdf – Unduh Disini

Link download soal Matematika Semester 2 kelas 4 di atas merupakan tautan download soal matematika Pdf. Caranya juga sangat mudah. Karena lansgung diarahkan pada penyimpanan google drive. Selamat mencoba.

Bahan Belajar: Buku Matematika Kelas 4 SD Revisi Terbaru

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal PAT Matematika Kelas 4 SD Kurikulum 2013 "