Contoh Modul Ajar/RPP Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Terintegrasi Indikator Keteraturan Suasana Kelas

Modul/RPP Pembelajaran Terintegrasi Indikator Keteraturan Suasana Kelas merupakan model modul atau RPP sebagai persiapan yang harus dilengkapi guru.

Setiap guru wajib membuat modul ajar atau RPP tidak hanya sebagai persiapan. Tetapi juga harus dilengkapi dengan indicator-indikator sebagai wujud perbaikan suasana pembelajaran. Modul seperti inilah yang diharapkan di upload Platform Merdeka Mengajar (PMM) saat observasi.

Namun, peril diketahui, ternyata banyak yang tidak faham bagaimana memasukkan 8 indikator yang dibutuhkan ke dalam modul ajar ataupun RPP. Padahal 8 indikator tersebut sangat penting bagi guru untuk dimasukkan. Terlebih bagi yang memilih Keteraturan kelas sebagai indicator observasi.

Modul Ajar Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Nah, bagaimana cara menyusun modul pembelajaran yang sesuai dengan indikator keteraturan kelas dalam pembelajaran? Apa itu Indikator keteraturan kelas?

8 Indikator Keteraturan Suasana Kelas

Sebelum membuat modul ajar atau RPP guru harus memahami 8 Indikator yang harus disisipkan dalam Modul ajar atau RPP. Indikator tersebut merupakan Indikator wajib yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan keteraturan suasana kelas. Berikut 8 indikator suasana kelas yang harus dimasukkan ke dalam modul ajar.

 - Guru memulai dengan memanggil setiap murid dengan menyebut namanya. Ini membantu menciptakan suasana yang inklusif dan menghargai kehadiran setiap individu di kelas.

- Guru menyampaikan harapan positif kepada kelas, seperti "Hari ini kita akan belajar tentang bangun datar dengan semangat dan antusiasme. Saya yakin kalian semua akan berpartisipasi aktif dan memperoleh pemahaman yang baik

Baca Juga: Adminitsrasi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

- Guru melakukan aktivitas yang mencairkan suasana kelas

- Guru mengelompokkan murid menjadi kelompok-kelompok  kecil, sambil menjelaskan tujuan dari kegiatan kelompok hari ini. Guru menyampaikan pentingnya kerja sama dalam kelompok dan mengapa setiap anggota kelompok harus terlibat aktif

- Guru menyediakan beragam peran dalam kelompok, seperti notulis, pemimpin diskusi, pencatat ide, dan pengumpul materi. Setiap anggota kelompok diberikan peran yang berbeda untuk memastikan semua terlibat aktif

- Guru mengingatkan aturan/kesepakatan kelas yang mencerminkan norma-norma perilaku yang diinginkan. Kesepakatan ini mencakup tanggung jawab dalam kelompok, sikap saling menghargai, dan kontribusi positif

Dari 8 indikator tersebut dimasukkan kedalam Modul ajar atau Rencana Persaipan Pembelajaran. Baik dalam pendahuluan, pembelajaran inti, atau penutup pembelajaran.

Baca Juga: Modul Ajar PJOK kelas 2 SD Kurikulum Merdeka

Nah, bagi yang bingung cara menyisipkan 8 Indikator instruksi pembelajaran keteraturan suasana kelas bisa dilihat pada contoh di bawah ini.

Dalam contoh yang akan kami sajikan, secara umum tidak jauh berbeda dengan Modul ajar atau RPP pada umumnya. Baik dalam hal susunan modul ajar atau RPP hingga konten yang ada di dalamnya.

Adapun modul ajar ini merupakan Mpdul Ajar Kurikulum Merdeka  kelas 4 SD materi Matematika bab konsep Luas dan Keliling Bangun Datar. Untuk lebih dan lengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Download Contoh Modul Ajar/RPP Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Keteraturan Suasana Kelas

Modul Ajar Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Keteraturan Suasana Kelas – UNDUH DI SINI

Itulah link download modul ajar kelas 4 SD Matematika semester 2 kurikulum merdeka dengan Indikator keteraturan Susana kelas. Modul ajar ini tinggal dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang sesuai dengan kelas dan peserta didik.

Artikel Terkait:
Materi Pecahan Kelas 4 SD

Soal Statistika kelas 4 SD

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Modul Ajar/RPP Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Terintegrasi Indikator Keteraturan Suasana Kelas"