Download Soal Olimpiade Sains Nasional OSN IPA Tingkat SD Dan Pembahasan

Download soal Olimpiade Sains Nasional atau yang disingkat OSN pelajaran IPA tingkat SD bisa menjadi solusi untuk para peserta didik yang ingin mencoba dan berlatih mengerjakan soal-soal olimpiade. Seperti yang diketahui, memperbanyak mengerjakan soal-soal adalah cara jitu sebelum mengikuti kompetisi olimpiade.
Download Soal Olimpiade Sains Nasional OSN IPA Tingkat SD Dan Pembahasan

Soal Olimpiade OSN IPA kali ini merupakan salah satu contoh soal OSN IPA yang pernah keluar beberapa tahun lalu. Namun bukan berarti soal-soal tersebut tidak digunakan. Melainkan dengan adanya soal-soal olimpiade tahun sebelumnya maka setidaknya baik guru pendamping maupun siswa bisa membaca dan menganalisa tingkat kesulitan pada ajang bergengsi tersebut.

Adapun dari soal OSN IPA tingkat SD kali ini terdapat beberapa pokok materi yang harus dipelajari. Seperti yang diketahui, ada dalam IPA SD sekalipun terdapat tiga materi inti yakni Fisika, Biologi, dan Kimia. Semua materi-materi tersebut merupakan materi dasar. Jadi merupakan pengembangan atau pengayaan dari materi yang sudah diterima di SD.

Seperti halnya pada soal Olimpide Sains Nasional IPA SD Teori 1. Pada soal teori 1, nomor satu menanyakan tentang pemuaian suatu benda yang dalam hal ini adalah gelas atau kaca. Sedangkan soal lain Nomor 3 juga merupakan pengayaan dari materi SD. Sepintas materi tersebut merupakan soal untuk kelas VIII SMP tentang gaya dan hukum Newton. Namun disadari atau tidak ternyata soal nomor 3 tersebut merupakan soal yang masih berhubungan erat dengan gerak benda.

Contoh Soal Olimpiade OSN IPA SD untuk teori 2 sejatinya tidak jauh beda dengan teori 1. Beberapa pemahan tentang konsep dan memang menjadi hal yang penting menalar soal-soal tersebut. Contohnya soal mengenai pengaruh suhu dalam proses pemuaian, pembiasan cahaya, serta pemahaman tentang benda-benda langit.

Semua soal-soal pada teori 1 dan 2 memiliki skor masing-masing yang berbeda. Begitu juga dengan soal eksperimen dan pengukuran. Biasanya dalam olimpiade, soal eksperimen memiliki poin yang cukup tinggi. Karena peserta tidak hanya harus kuat dalam memahami konsep. Tapi kemampuan mengekplorasi apa yang sudah dipahaminya menjadi titik poin tersendiri bagi peserta olimpiade khususnya tingkat SD.

Semua contoh soal Olimpiade OSN tersebut tersaji dan dikupas tuntas beserta kunci jawabannya. Sehingga nantinya soal dan pembahasan tersebut bisa menjadi bahan ajar dan latihan untuk menghadapi lomba ataupun kompetisi Olimpiade IPA tingkat SD. Untuk lebih detilnya bisa di download di bawah ini.

Download Soal Olimpiade Sains Nasional OSN IPA Tingkat SD Dan Pembahasan

Soal olimpiade OSN Bab I - DOWNLOAD
Soal olimpiade OSN Bab II - DOWNLOAD
Soal olimpiade OSN Bab Eksperimen - DOWNLOAD 

Itulah contoh soal olimpiade Sains Nasional SD materi IPA. Silahkan bagikan pada yang lain. Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Soal Olimpiade Sains Nasional OSN IPA Tingkat SD Dan Pembahasan"