3 Poin Penting Afirmasi Guru Honorer dalam Rekruitmen PPPK

3 Poin Penting Afirmasi Guru Honorer dalam Rekruitmen PPPK tahun 2021 menjadi salah satu bahasan yang disampaikan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI.

Dalam rapat tersebut, Nadiem menyampikan beberapa hal pokol tentang rencana rekruitmen PPPK tahun ini. Mulai dari usulan daerah terkait kebutuhan tenaga dalam rekruitmen PPPK tahun 2021 hingga rencana kebijakan yang akan dilakukan pemerintah pada seleksin nanti.

3 Poin Penting Afirmasi Guru Honorer dalam Rekruitmen PPPK

Mas Menteri (Sapaan Nadiem Makarim) juga menyampaikan bahwa berdasarkan Dapodik atau Data Pokok Pendidikan, kebutuhan guru mencapai 513.393. Namun sebanyak 166 daerah yang mengusulkan tidak sampai 50% kebutuhan guru di daerah tersebut.

Selain itu juga terdapat 58 daerah yang tidak mengajukan formasi. Alasan pemerintah daerah tidak mengajukan formasi dikarenakan tidak yakin mampu membayar kewajiban kepada Guru PPPK. Walaupun sudah ada penekanan untuk Dana Alokasi Umum tahun 2021 yang di dalamnya sudah termuat untuk gaji PPPK.

Selain menyampaikan usulan pemerintah daerah, Nadiem juga menyampaikan rencana Kebijakan Afirmasi guru honorer dalam rekruitmen PPPK tahun 2021. Dalam rencana kebijakan tersebut terdapat 3 poin penting.

3 Poin Afirmasi Guru Honorer Rekuritmen P3K

1. Bonus Skor Kompetensi Teknis

- Peserta tes yang berusia 40 tahun keatas dan aktif selama 3 tahun terakhir akan mendapatkan bonus nilai sebesar 75 atau sebesar 15% dari nilai maksimal 500 poin.

- Peserta disabilitas akan mendapatkan bonus skor 50 atau sebesar 10 persen dari nilai maksimal 500 poin.

2. Peserta yang memiliki Sertifikat Pendidik

Peserta seleksi PPPK yang memiliki sertifikat pendidik mendapatkan nilai penuh pada kompetensi teknis, namun tetap lolos passing grade untuk kompetensi Manajerial, sosiokultural, dan wawancara.

3. Pelaksanaan Ujian Pertama

Ujian seleksi PPPK pertama hanya untuk guru honorer di sekolah negeri masing-masing. Sedangkan untuk guru honorer lain dan PPG akan diujikan pada seleksi kedua dan ketiga.

Artikel Terkait: Kumpulan Soal P3K dan Penjelasan

Itulah rencana Afirmasi guru honorer pada seleksi atau reruitmen PPPK tahun 2021. Menteri Pendidikan dan kebudayaan menyebutkan bahwa rencana Afirmasi tersebut merupakan hasil masukan dari berbagai kalangan untuk memberikan apresiasi bagi guru yang memiliki pengalaman mengajar.

guru usia 40 tahun ke atas dapat tambahan poin/skor

Selengkapnya mengenai rencana kebijakan afirmasi guru honorer dalam tes PPPK akan Admin Sekolah sajikan di bawah ini.

Semoga apa yang direncanakan oleh pemerintah merupakan kebijakan yang baik, bermanfaat, dan tentunya bisa diterima oleh semua kalangan. Semoga kita dan saudara-saudara kita yang ikut tes PPPK diberi kemudahan untuk lolos dan menjadi abdi negara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Poin Penting Afirmasi Guru Honorer dalam Rekruitmen PPPK"