Cara Cek Bantuan Kuota paket Internet Kemendikbud Untuk Guru, Siswa, Mahasiswa, dan Dosen

Cara cek kuota paket internet bantuan kemendikbud untuk guru, siswa, dosen, dan mahasiswa akan kami sajikan di halaman ini. Bantuan paket ini untuk semua operator seluler yang sudah didaftarkan oleh pihak lembaga Pendidikan.

Seperti yang diketahui, pemerintah memberikan bantuan paket kuota kepada guru, peserta didik, dan mahasiswa. Bantuan tersebut diberikan mengingat masa pandemi covid yang cukup Panjang. Sehingga proses pembelajaran berlangsung daring atau PJJ. 

cara cek bantuan kuota paket internet siswa

Tentunya hal banyak mengundang keluhan dari masyarakat mengingat banyaknya kuota yang dihabiskan selama pembelajaran daring. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan pemerintah memberikan bantuan kuota paket internet. Adapun untuk cara mendapatkan bantuan kuota paket internet kemdikbud tersebut bisa di simak di bawah ini.

Mekanisme Mendapatkan Bantuan Kuota Paket Internet Kemdikbud 

1. Pendataan

Sekolah yang berhak mendapatkan bantuan kuota internet adalah sekolah yang memiliki NPSN. Langkah yang dilakukan Pihak lembaga Pendidikan/sekolah melakukan pendataan nomor ponsel peserta didik. Kemudian melakukan input nomor HP ke aplikasi Dapodik terbaru. Adapun untuk perguruan tinggi, mahasiswa berhak mendapatkan bantuan apabila sudah didaftarkan oleh PDDikti. Kemudian PDDikti akan memproses hingga selesai. 

2. Verifikasi

Pihak sekolah kemudian melakukan validasi nomor Hape yang sudah di daftarkan melalui laman verval.ponsel.kemdikbud.go.id. Setelah itu mengecek apakah nomor yang sudah diinput masih aktif atau tidak. Termasuk juga mengecek apakah ada kesalahan input nomor hape guru dan siswa.

3. Validasi

Apabila menemukan nomor ponsel yang tidak aktif atau salah input untuk segera mengubah dan menggantinya. 

4. SPTJM

Langkah berikutnya adalah dengan mencetak Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) bantuan Paket Internet. Kepala sekolah mengecek ulang apakah nomor yang diinput operator sekolah sudah benar atau tidak. Kemudian menandatangi SPTJM yang sudah dicetak. Langkah berikutnya operator sekolah melakukan upload SPTJM ke dalam laman verval.ponsel.


Proses penyaluran bantuan kuota Internet dilakukan bertahap mulai bulan September hingga Desember. Adapun untuk besaran bantuan bisa dirinci sebagai berikut:

Siswa PAUD: 15 GB kuota belajar + 5 GB Kuota umum setiap bulan

Siswa SD, SMP, dan SMA/SMK: 30 GB kuota belajar + 5 GB kuota umum setiap bulan

Guru PAUD, SD, SMP, SMA/SMK: 37 GB kuota belajar + 5 GB kuota umum setiap bulan

Dosen dan Mahasiswa: 45 GB kuota belajar + 5 GB kuota umum setiap bulan


Cara Cek Kuota Paket Internet Kemendikbud 

Telkomsel : *888#

XL               : *123*7*1*1#

Axis            : *123*7*3#

Indosat      : *123*075#

Tri               : *123*10*3#

Smartfren : *995#

Itulah cara cek paket kuota internet bantuan Kemdikbud. Bagi yang sudah menyetor nomor hape atau sudah di data oleh pihak sekolah maupun PDDikti silahkan melakukan pengecekan. 

BACA JUGA: Cara Cek Penerima Bantuan PIP Terbaru

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Bantuan Kuota paket Internet Kemendikbud Untuk Guru, Siswa, Mahasiswa, dan Dosen"