Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019 Lengkap Tiga Pelajaran

Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2019 tahun pelajaran 2018/2019 resmi dirilis pemerintah melalui BNSP. Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau USBN ini akan menjadi koridor dalam pembuatan soal dan persiapan Ujian. Seenggaknya baik pihak sekolah maupun peserta ujian sudah memyiapkan diri menghadapi USBN mendatang.

Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun 2019 ini terdiri dari 3 mata ujian utama yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Setiap Mata pelajaran memiliki level kognitif dan lingkup materi yang sudah dipelajari selama duduk dibangku SD. Akan tetapi soal yang disajikan membutuhkan pengetahuan, penalaran, pemahaman dan beberapa level kognitif yang tentunya setaip mata pelajaran tidak sama.
Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019 Lengkap Tiga Pelajaran

Seperti halnya untuk pelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari tiga level kognitif dan empat lungkup materi. Lingkup materi ini dibedakan menjadi beberapa poin yang disesuaikan dengan level kognitif. Keempat lingkup Materi dalam kisi-kisi USBN tahun 2019 diantaranya Membaca non-sastra, membaca sastra, menulis terbatas, dan menyunting istilah/kata, frase, kalimat, paragraf, hingga tanda baca.

Berbeda dengan Bahasa Indonesia, untuk Kisi-kisi USBN Matematika SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 hanya terdiri dari Bilangan, Geometri, dan Statistika atau pengolahan data. Walaupun hanay terdiri dari 3 lingkup Materi, namun muatan yang terkandung di dalamnya begitu luas. Seperti halnya untuk materi bilangan yang terdapat beberapa muatan materi yaitu operasi hitung bilangan, KPK dan FPB, perbandingan, dan pecahan. Begitu juga dengan materi Geometri dan Pengukuran yang tidak kalah banyak muatan materi di dalamnya seperti satuan ukuran kuantitas, panjang, dan sebagainya, kecepatan, luas dan keliling bangun, sifat-sifat bangun, simetri dan pencerminan, dan masih banyak materi lainnya.  Adapun untuk pengolahan data hanya terdiri penyajian data dan menghitung rata-rata.

Lingkup materi dalam Kisi-kisi USBN IPA tahun 2019 SD lebih padat. Hal ini dikarenakan luasnya materi tentang pengetahuan alam. Walaupun dibagi menjadi 5 Lingkup Materi, namun muatan didalamnya tetaplah padat. Sehingga dalam belajar dan memahami materi-materi tersebut membutuhkan persiapan yang cukup matang dan tentunya tidak dalam waktu yangsebentar. Oleh karena itulah BNSP mengeluarkan kisi-kisi USBN sebelum semester 2 bergulir. Sehingga baik satuan pendidikan, dinas terkait, hingga peserta ujian.

Untuk itu sangat penting untuk mengunduh dan memiliki Kisi-kisi USBN ini. Sehingga nantinya bisa dijadikan bahan analisa dan persiapan menghadapi ujian yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi.

Download Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019 


SK Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun 2019 - Download Disini
Kisi-kisi Pelajaran Bahasa Indonesia USBN SD/MI Tahun 2019 - Download Disini
Kisi-kisi Pelajaran Matematika USBN SD/MI Tahun 2019 - Download Disini
Kisi-kisi Pelajaran IPA USBN SD/MI Tahun 2019 - Download Disini

Itulah tautan/link download kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional tahun 2019. Adapun cara downloadnya sangat mudah. Cukup klik tulisan "download disini" maka akan diarahkan pada halaman penyimpanan google drive. Tinggal pilih di pojok atas, apakah mau di download atau langsung di sprint. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019 Lengkap Tiga Pelajaran"