Kisi-kisi UN SD 2018 Ujian Sekolah Berstandart Nasional Tahun 2018

Kisi-kisi UN SD tahun 2018 resmi diluncurkan oleh BNSP pada bulan Januari lalu. Hal ini menjadi hal yang sangat dinantikan. Pasalnya sekolah ataupun dinas setempat sudah mulai ancang-ancang untuk menyelenggarakan  tryout USBN SD tahun pelajaran 2017/2018.
Kisi-kisi UN SD 2018 Ujian Sekolah Berstandart Nasional Tahun 2018

Secara garis besar, Kisi-kisi USBN SD tahun 2018 kali ini tidak jauh dengan tahun sebelumnya. Terdapat beberapa materi utama yang disajikan dalam Ujian terakhir siswa kelas 6 SD ini. Setiap materi utama nantinya dipecah menjadi beberapa suh materi sehingga nantinya siswa ataupun peserta UN bisa memahami soal yang diperkirakan akan keluar di ujian nanti.

Adapun secara tanpilan, kisi-kisi UN SD 2018 terbaru kali ini memiliki tampilan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada kisi-kisi kali ini lebih dijabarkan mengenai level kognetif setiap ruang lingkup materi. Sehingga akan dengan mudah dibuat peta konsep dan dipelajari oleh guru ataupun peserta didik.

Seperti halnya untuk materi bahasa Indonesia. Pada kisi kisi UN Pelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari 4 lingkup materi. Keempat lingkup materi tersebut diantaranya Membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca. Keempat lingkup materi tersebut disusun lagi berdasarkan level kognetifnya. Ada 3 level kognetif dalam setiap lingkup materi Pendidikan Bahasa Indonesia tersebut. Diantaranya Pemahaman dan pengetahuan, aplikasi dan penalaran.

Seperti halnya materi Bahasa Indonesia, pada kisi-kisi Matematika USBN tahun 2018 juga dibedakan menjadi beberapa lingkup materi pokok. Namun pada Matematika hanya terdiri dari tiga Lingkup Materi yakni Bilangan, Geometri dan Pengukuran, dan pengolahan data. Setiap lingkup materi juga dipetakan meniadi beberapa level kognetif. Pada materi matematika, level kognetif juga terdiri dari 3 level yakni Pemahaman dan pengetahuan, aplikasi dan penalaran.

Materi UN IPA 2018 lebih spesifik karena lingkup materinya terdiri dari 5 yakni Makhluk hidup dan lingkungann, struktur dan fungsi makhluk hidup, benda dan sifatnya, energi dan perubahannya, serta bumi dan alam semesta. Untuk lebih detilnya bisa di Download Kisi-kisi USBN SD 2018 pdf di bawah ini.

Kisi-kisi UN SD 2018 Ujian Sekolah Berstandart Nasional Tahun 2018


Download Kisi-kisi USBN SD 2018 Pdf - UNDUH

itulah kisi-kisi UN SD tahun pelajaran 2017/2018. Materi-materi tersebut sejatinya sudah diajarkan dan dipelajari oleh siswa sejak duduk di kelas 4 SD. Oleh karena itu, peserta didik tinggal memantapkan pengetahuan dan pengembangkan pelanaralan dalam menjawab soal. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi UN SD 2018 Ujian Sekolah Berstandart Nasional Tahun 2018"